Pengangguran Setelah Menikah? Ini Solusinya


Pernikahan merupakan salah satu sunnah Rasulullah SAW yang sangat dianjurkan pelaksanaannya. Dengan menikah, seseorang bisa terhindar dari dosa besar seperti zina. 

Bahkan setelah menikah segala sesuatu yang dilakukan oleh pasangan suami istri akan bernilai pahala dimata Allah SWT.Di dalam Al-Qur'an, Allah Ta'ala pun berjanji akan mencukupkan rezeki bagi setiap pasangan yang telah menikah.

Pengangguran Setelah Menikah? Ini Solusinya

Lantas bagaimana dengan seseorang yang tetap menjadi pengangguran setelah menikah ? Terutama bagi seorang suami, tentu hal ini membuatnya kesulitan memberikan nafkah bagi keluarganya. Namun tidak perlu khawatir, ada 5 solusi untuk mengatasi masalah ini. Karena ada banyak cara untuk menjemput rezeki. Lantas apa saja ke 5 solusi tersebut ? Berikut ulasan selengkapnya. 

1. Menyadari bahwa yang dialami saat ini adalah ujian dari Allah SWT
Seseorang yang tetap menjadi pengangguran setelah menikah hendaknya menyadari bahwa saat ini ia sedang diuji oleh Allah SWT. Sebuah ujian tidak akan diberikan terkecuali kepada seseorang yang mampu menghadapinya. Oleh sebab itu, teruslah mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui ibadah wajib dan sunnah yang dianjurkan.

2. Berdiskusilah dengan istri
Seorang suami yang berstatus sebagai pengangguran sebaiknya memberikan pemahaman dan pendidikan, agar sang istri yakin. Berikan pemahaman bahwa Allah SWT tidak akan mengingkari janjinya. Selama hamba-Nya mau berusaha, tentunya akan ada hasil yang akan diperoleh. Ajaklah sang istri bersama-sama untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

3. Merumuskan langkah-langkah untuk mengupayakan nafkah
Seorang suami berkewajiban untuk memberikan nafkah kepada istrinya. Namun seorang suami yang tidak bekerja, tentunya akan kesulitan dalam memenuhi kewajibannya yang satu ini. Oleh sebab itu, hendaknya sebagai kepala rumah tangga seorang suami perlu memikirkan langkah-langkah yang harus ditempuh agar bisa mencari nafkah. 

Coba perhatikan kelebihan yang ada pada diri kita. Kemudian gunakan kelebihan tersebut untuk mendapatkan rezeki. Karena biasanya seseorang yang bekerja sesuai dengan apa yang ia senangi, maka akan mendapatkan hasil yang optimal. Begitu pula sebaliknya, jika bekerja dengan sesuatu yang tidak sukai, maka hasilnya pun tidak akan bagus.

4. Berbakti kedua orang tua
Sebenarnya ada satu kiat sukses yang paling mujarab bagi seorang manusia yaitu dengan berbakti kepada orang tua. Oleh sebab itu, minta maaflah kepada orang tua atas semua kaesalahan dan berkomitmenlah untuk menjadi anak yang baik. 

5. Rajinlah melakukan silaturrahim
Silaturrahim merupakan salah satu amalan yang dijanjikan Rasulullah SAW sebagai amalan yang bisa mendatangkan rezeki, memanjangkan umur dann menolak bahaya yang mungkin terjadi. Selain itu dengan melakukan silaturrahmi, maka hubungan kekeluargaan akan semakin terjalin erat. 

Apabila kelima langkah-langkah ini telah dilakukan secara optimal, maka bertawakallah kepada Allah SWT dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian semoga Allah SWT memberikan kemudahan, sebagaimana rezeki seekor burung yang beranjak di pagi hari dalam keadaan lapar dan pulang di senja hari dalam keadaan tembolok yang terisi penuh dan kenyang, bahkan ia membawa makanan untuk anak-anaknya. 

Demikianlah ulasan mengenai solusi bagi Anda yang masih pengangguran setelah menikah. Pengangguran hanyalah sebuah status, Anda tetap bisa mendapatkan penghasilan bila mau berusaha. Semoga bermanfaat. 
0 Komentar untuk "Pengangguran Setelah Menikah? Ini Solusinya"

Back To Top