Enam Perkara yang Dirahasiakan Allah SWT dari Manusia


Kehidupan di dunia ini penuh dengan misteri yang tidak mampu dinalar oleh akal dan pikiran manusia. Bahkan kecanggihan teknologi dan sains sekalipun belum mampu menembus hal-hal yang dirahasiakan oleh Allah SWT. 

Ada begitu banyak hal-hal yang menjadi misteri dan rahasia yang disembunyikan oleh Allah SWT dari hamba-Nya. Sebagaimana disebutkan bahwa ada enam perkara yang dirahasiakan Allah Ta'ala dari umat manusia. Salah satunya adalah kematian.

Enam Perkara yang Dirahasiakan Allah SWT dari Manusia

Dimana hal ini dimaksudkan agar umat manusia bersungguh-sungguh dalam beribadah, sehingga kelak bisa menjadi penghuni di dalam surga yang telah dipersiapkan Allah Ta'ala. Lantas, apa saja perkara lainnya yang dirahasiakan oleh Allah SWT ? 

1. Allah SWT merahasiakan ridho-Nya dibalik ketaatan hamba-Nya
Perkara pertama yang disembunyikan Allah SWT dari manusia adalah keridhoan-Nya dibalik ketaatan hamba-Nya. Hal ini dimaksudkan agar hamba-Nya bersungguh-sungguh dalam melakukan ketaatan kepada-Nya. 

Sehingga meski terlihat sederhana, namun dibalik setiap perintah Allah SWT yang dilakukan dengan penuh ketaatan tersebut tersimpan ridho-Nya. Oleh sebab jangan pernah menyepelekan amalan-amalan yang diperintahkan Allah Ta'ala.

2. Allah SWT menyembunyikan murka-Nya dalam kemaksiatan seorang hamba-Nya
Perkara kedua yang disembuyikan Allah SWT dari manusia adalah murkanya Allah SWT yang terdapat dalam kemaksiatan yang dilakukan manusia. Hal ini dimaksudkan agar setiap manusia bersungguh-sungguh menjauhi kemaksiatan. 

Oleh sebab itu setiap manusia hendaknya tidak menyepelekan kemaksiatan dalam segala bentuk meskipun terlihat sepele dan kecil. Sebab dibalik kemaksiatan yang tampaknya sepele dan kecil tersebut bisa jadi terdapat murka-Nya. Bukankah kita mengetahui, kemarahan Allah SWT yang ringan saja bisa menghancurkan satu negeri ?

3. Allah SWT merahasiakan kapan datangnya malam kemuliaan (Lailatul Qadar)
Perkara selanjutnya yang juga dirahasiakan oleH Allah SWT adalah kedatangan malam lailatul qadar. Maksud dirahasiakannya malam lailatul qadar adalah agar umat muslim bersungguh-sungguh dalam beribadah dibulan Ramadhan. 

Sebagaimana kita ketahui, malam lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam istimewa ini hanya terdapat di bulan Ramadhan. Namun untuk mendapatkannya tidaklah mudah. Sebab hanya mereka yang bersungguh-sungguh dalam beribadah yang akan mendapatkannya.

4. Allah SWT merahasiakan wali-Nya terhadap manusia
Bila sebelumnya kita bisa mengetahui siapa saja utusan Allah SWT di muka bumi, maka kini umat muslim tidak lagi mengetahui siapa saja yang menjadi Wali Allah diantara para manusia. Hal ini dimaksudkan agar setiap manusia tidak saling merendahkan. Selain itu hal ini juga dilakukan agar manusia tidak meminta di doakan oleh para wali-Nya tersebut. 

Dengan demikian setiap manusia hendaknya saling menghormati satu sama lainnya dan tidak saling merendahkan. Sebab bisa jadi orang yang diremehkan tersebut adalah wali Allah SWT.

5. Allah SWT merahasiakan datangnya ajal dibalik umur manusia
Tidak ada satu manusia pun yang bisa mengetahui berapa lama mereka akan hidup di dunia. Sebab hal tersebut merupakan perkara yang hanya diketahui oleh Allah SWT. Hal ini dimaksudkan agar setiap manusia mempersiapkan dirinya untuk menyambut kedatangan malaikat maut. Karena seseungguhnya kematian itu bisa datang secara tiba-tiba.

Oleh sebab itu, hendaknya kita mengisi kehidupan di dunia dengan amalan-amaln shaleh dan melaksanakan perintah Allah SWT dengan sungguh-sungguh. Sehingga kelak tidak ada penyesalan di hari akhir.

6. Allah SWT merahasiakan datangnya waktu shalat Wustha
Perkara terakhir yang disembunyikan Allah SWT dari manusia adalah datangnya waktu shalat Wustha. Hal ini dimaksudkan agar manusia bersungguh-sungguh dalam melaksanakan shalat dan mengikhtiarkannya. Sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya bahwa shalat Wustha adalah shalat yang paling utama diantara shalat lima waktu.

Namun ada yang berpendapat bahwa yang dimaksud dengan shalat Wustha adalah shalat Ashar. Hal ini berdasarkan riwayat dari Imam Muslim yang menyatakan bahwa, Rasulullah SAW menjelaskan melalui Ali bin Abi Thalib bahwa saat perang Ahzab beliau mengatakan, "Kami dibuat lalai (oleh musush) dari shalat Wustha yaitu shalat Ashar. Semoga Allah memenuhi rumah-rumah dan kuburan mereka dengan api neraka." (HR. Muslim, I/205, 437 dan 627)

Akan tetapi yang mengetahui dengan benar perihal shalat Wustha hanyalah Allah SWT. Sebagai umat muslim kita hendaknya bersungguh-sungguh dalam melaksanakan shalat untuk mengharapkan ridho dari Allah SWT.

Demikianlah ulasan mengenai enam perkara yang dirahasiakan Allah SWT dari manusia. Namun selain enam perkara tersebut, Allah SWT juga merahasiakan saat paling mustajab pada hari Jumat. Dimana setiap hamba-Nya yang berdoa tepat di waktu mustajab tersebut pasti akan dikabulkan oleh-Nya. Oleh sebab itu, hendaknya kita bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kewajiban sebagai seorang hamba dan semoga kita termasuk orang yang beruntung. Semoga bermanfaat. 
Tag : Dunia Islam
0 Komentar untuk "Enam Perkara yang Dirahasiakan Allah SWT dari Manusia"

Back To Top