Cara Mengolah Daging Bebek Agar Cepat Empuk dan Tidak Amis


Selain ayam, menu olahan bebek termasuk menu favorit yang banyak disukai kebanyakan orang. Sebab daging bebek memang lebih gurih dan nikmat dibandingkan dengan jenis unggas lainnya. 

Bahkan tekstur yang dimiliki daging bebek berbeda dengan daging ayam.Dimana daging bebek sedikit lebih alot dan berbau. Sehingga perlu penanganan khusus dalam pengolahaannya agar daging bebek menjadi empuk dan tidak berbau amis.

Cara Mengolah Daging Bebek Agar Cepat Empuk dan Tidak Amis

Memasak bebek dengan sempurna memang tidak mudah. Sebab bila salah dalam pengolahannya, maka daging bebek akan semakin alot, keras dan berbau amis. Penasaran bagaimana  mengolah daging bebek agar empuk dan tidak berbau ? Yuk intip rahasianya berikut ini.  

Pada dasarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat daging bebek menjadi lebih empuk. Misalnya dengan mengolah daging bebk menggunakan bahan pengempuk alami seperi parutan nanas yang dioleskan pada daging,  menggunakan daun pepaya atau irisan pepaya muda. Selain itu, penggunaan panci presto juga bermanfaat untuk mempersingkat waktu memasak. 

Dengan demikian, langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memperoleh daging bebek yang empuk dan tidak berbau adalah,

1. Bersihkan daging bebek terlebih dahulu dari bulunya
Untuk mendapatkan hasil olahan bebek yang nikmat tanpa bau, maka Anda harus memastikan daging bebek telah bersih dari semua bulu-bulunya. Kemudian potong daging bebek sesuai ukuran yang diinginkan.

2. Rendam dengan bahan pengempuk
Setelah dipotong, cuci bersih terlebih dahulu daging bebek dengan air yang mengalir. Kemudian rendam daging bebek dengan menggunakan bahan pengempuk agar bisa mendapatkan hasil yang optimal. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahan pengempuk bisa berupa parutan nenas yang dioleskan pada daging bebek, atau dengan membungkus daging bebek menggunakan daun pepaya yang telah diremas-remas atau dengan merebus daging bebek bersama irisan pepaya muda

Ketiga cara ini bisa membantu agar daging bebek menjadi empuk. Kemudian untuk mempersingkat waktu memasak, Anda bisa menggunakan panci presto. Setelah direndam dengan bahan pengempuk, maka biarkan hingga beberapa menit. 

3. Setelah direndam, maka segera buang pantat atau brutu daging bebek
 Hal ini wajib dilakukan sebab area pantat bebek atau brutu merupakan sumber bau amis. Oleh sebab itulah sangat dianjurkan untuk membuangnya terlebih dahulu sebeblum ke pengolahan selanjutnya.

4. Gunakan bumbu-bumbu khusus untuk menghilangkan bau amis
Setelah direndam dan dibersihkan brutunya, maka langkah selanjutnya adalah menghilangkan bau amis pada daging bebek.  Untuk hal ini Anda bisa melakukannya dengan cara melumuri daging bebek dengan air perasan jeruk nipis dan cuka. 

Kemudian cara lainnya adalah dengan menggunakan bumbu khusus yang dapat menambah cita rasa makanan seperti jahe, laos, ketumbar, kunyit, daun jeruk purut dan bawang serta bumbu lainnya. 

5. Rebus daging bebek
Langkah selanjutnya untuk mendapatkan daging bebek yang empuk dan tidak berbau adalah dengan merebus daging bebek yang telah dibumbui dengan waktu yang lebih lama agar bumbu tersebut bisa meresap hingga ke dalam dagingnya. 

Biasanya proses perebusan ini membutuhkan waktu sekitar 3 jam atau lebih. Namun bila Anda menggunakan panci fresto, tentu waktunya bisa lebih disingkat. 

Demikianlah cara mengolah daging bebek agar lebih cepat empuk. Kini daging bebek yang semula alot dan berbau, sudah berubah menjadi empuk dan tidak berbau amis. Dengan demikian, Anda bisa mengolahnya menjadi masakan spesial bagi keluarga tersayang. Selamat mencoba.

Tag : Info Unik
0 Komentar untuk "Cara Mengolah Daging Bebek Agar Cepat Empuk dan Tidak Amis"

Back To Top