Inilah Keistimewaan Doa Keluar Rumah


Diantara bentuk kasih sayang Rasulullah SAW kepada umatnya adalah ajaran beliau tentang berbagai adab yang akan menjadi sebab seseorang mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat.

Salah satunya adalah adab saat keluar rumah. Bila diperhatikan doa keluar rumah ini sangat pendek dan ringan untuk diucapkan namun memiliki keistimewaan yang sangat besar. Bahkan Allah SWT menjamin keselamatan orang-orang yang keluar rumah dengan membaca doa. 

Inilah Keistimewaan Doa Keluar Rumah

Oleh sebab itu sudah selayaknya sebagai seorang muslim, kita melaksanakan apa yang telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW ini. Lantas bagaimana doa keluar rumah tersebut ? Dan apa saja keistimewaan lainnya ? Berikut ulasan selengkapnya.

Dalam sebuah riwayat hadits dari Anas bin Malik ra disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, 

”Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian ia membaca doa
BISMILLAHI, TAWAKKALTU ’ALA ALLAH, LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH
maka disampaikan kepadanya, "engkau diberi petunjuk, engkau dicukupi kebutuhannya, dan engkau dilindungi." Seketika itu setan-setanpun menjauh darinya. Kemudian salah satu setan berkata kepada temannya, "Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi." (HR. Abu Daud 5095, Turmudzi 3426, dan dishahihkan al-Albani)

Sehingga dari hadits diatas diketahui bahwa doa keluar rumah yang dimaksud adalah, 
"BISMILLAHI, TAWAKKALTU ’ALA ALLAH, LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH"
Yang berarti dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.

Dalam hadits tersebut terdapat kalimat "disampaikan kepadanya", kalimat ini bermakna bahwa yang menyampaikan adalah malaikat. Sehingga malaikat tersebut berkata bahwa, "Wahai hamba Allah, engkau telah diberi petunjuk, dicukupi dan dilindungi" kepada orang-orang yang membaca doa ketika keluar rumah. (Tuhfatul Ahwadzi, Syarh Sunan Turmudzi, 9/271).

Sehingga bila kita membaca kalimat yang ringan ini saat keluar dari rumah, maka kita akan memperoleh tiga hal yang istimewa yaitu kecukupan, penjagaan dari segala keburukan dan petunjuk. Oleh karenanya setan pun akan menyingkir dan menjauhi kita. 

Bila dijelaskan lebih khusus, ketiga hal diatas sesungguhnya memiliki peran yang sangat penting dalam kelangsungan hidup manusia, diantaranya adalah :
1. Petunjuk atau hidayah, yang merupakan kunci utama serta kebutuhan mutlak bagi seorang muslim untuk bisa berpegang teguh pada ajaran Islam
2. Kecukupan, yang merupakan sumber ketenangan hati manusia baik lahir maupun batin. Sebab seseorang yang merasa cukup akan senantiasa merasa bahagia
3. Perlindungan, yang merupakan benteng utama dari segala kejahatan dan kesengsaraan.

Bahkan setan akan memberikan nasehat kepada teman-temannya sesama setan yang ingin mengganggu dengan berkata. "Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi dan dilindungi. Semuanya hanyalah sia-sia. Sudahlah cari yang lain saja, yang tidak membaca doa ini."

Selain itu karena begitu besarnya manfaat doa keluar ini, Al-Munawi pun bahkan pernah menukilkan satu penjelasan yang sangat indah dari Ath-Thibi yang berarti,

"Apabila seorang hamba memohon perlindungan kepada Allah melalui nama-Nya yang penuh berkah, maka Allah akan memberinya petunjuk, membimbingnya, dan menolongnya untuk dimudahkan dalam urusan agama. Apabila seorang bertawakal kepada Allah dan menyerahkan urusannya kepada Allah, maka Allah akan mencukupinya, sebagaimana di ayat (yang artinya), "Barang siapa yang bertawakal kepada Allah, maka Dia akan mencukupinya.’ Sementara orang yang membaca "LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH", Allah akan melindungi dia dari kejahatan setan.”

Demikianlah ulasan mengenai keistimewaan doa keluar rumah ini. Dengan mengetahui hal ini semoga kita bisa membiasakan diri untuk selalu membaca doa saat akan keluar rumah. Sehingga kita bisa memperoleh 3 keistimewaan yang akan diberikan oleh Allah SWT. Semoga bermanfaat.
Tag : Dunia Islam
0 Komentar untuk "Inilah Keistimewaan Doa Keluar Rumah"

Back To Top