Solusi Al-Qur'an Bagi Pasangan yang Sulit Hamil


Setiap pasangan yang menikah tentunya mendambakan kehadiran buah hati ditengah keluarga kecilnya. Selain itu anak juga merupakan rejeki dari Allah SWT. 

Akan tetapi tidak sedikit diantara pasangan suami istri yang bahkan telah lama menikah namun masih belum diberikan momongan. Hal ini bisa disebabkan karena adanya beberapa faktor. 

Solusi Al-Qur'an Bagi Pasangan yang Sulit Hamil

Namun tahukah kamu bahwa ternyata Al-Qur'an memberikan solusi bagi setiap pasangan yang sulit memiliki keturunan ? Bahkan cara ini tergolong sangat mudah untuk dilakukan, kapan saja dan dimana saja. Lantas, apa solusi yang terdapat dalam Al-Qur'an tersebut ?

Dikutip dari Tafsir Al-Qurthubi disebutkan bahwa pada suatu hari ada seseorang yang mengadu kepada Al-Hasan Al-Bashri tentang lamanya musim paceklik, maka beliaupun berkata, "Beristighfarlah kalian kepada Allah." Lalu datang lagi orang yang mengadu tentang kemiskinan, maka beliaupun memberikan solusi, "Beristighfarlah kepada Allah." Dan yang terakhir datang lagi orang yang meminta agar didoakan punya anaka. makan Al-Hasan menimpali, "Beristighfarlah kepada Allah."

Sahabat Ar-Rabi' bin Shabih yang pada saat itu berada disana bertanya, "Mengapa engkau menyuruh mereka semua untuk beristighfar ?". Maka Al-Hasan pun menjelaskan, "Aku tidak mengatakan hal itu dari diriku sendiri. Tetapi sungguh Allah SWT telah berfirman dalam surah Nuh. Sebagaimana firmannya, "Maka aku katakan kepada mereka mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya dia maha pengampun" niscaya Dia akan mengirimkan hujan lebat" (Nuh: 11) "Dan memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan pula di dalamnya untukmu sungai-sungai" (Nuh : 12) 

Selain itu Rasulullah SAW juga menganjurkan umatnya agar memperbanyak istighfar, sebab istighfar merupakan salah satu kunci rezeki. Sebagaimana kita ketahui bahwa anak merupakan bagian dari rezeki yang diberikan Allah SWT. 

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka”  (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dinilai sahih oleh al-Hakim serta Ahmad Syakir).

Oleh sebab itu marilah kita memperbanyak istighfar dalam setiap kesempatan, dimanapun dan kapan saja ketika waktu-waktu kosong saat bekerja, dijalan dan sebagainya. 

Selain dengan beristighfar, seseorang yang ingin segera memiliki anak hendaknya berdoa kepada Allah SWT. Sebab berdoa merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala. Bahkan hal ini juga dilakukan oleh para Nabi yang menginginkan keturunan. Diantaranya Nabi Ibrahim AS dan Nabi Zakaria AS.

Sebagaimana disebutkan dalam surah Ash Shaffaat ayat 100 bahwa Nabi Ibrahim berdoa, " Ya Rabbku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang shaleh."

Kemudian dalam surah Ali Imran ayat 38, disebutkan bahwa Nabi Zakaria berdoa, "Ya Rabbku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa." 

Selain itu 'Ibadurrahman (hamba Allah yang Maha Pengasih) juga berdoa, "“Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami, isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa”. (QS. Al Furqon: 74)

Selanjutnya doa yang juga berisi permintaan  kebaikan pada anak dan keturunan adalah, "“Ya Rabbku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang berserah diri (QS. Al Ahqof: 15)

Hal ini bahkan dilakukan oleh Rasulullah SAW, beliau pernah mendoakan anak Ummu Sulaim yaitu Anas bin Malik Ra dengan doa, “Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaknya, serta berkahilah apa yang engkau karuniakan padanya.” (HR. Bukhari no. 6334 dan Muslim no. 2480). 

Oleh sebab itulah seseorang diperbolehkan untuk berdoa meminta banyak keturunan yang shaleh kepada Allah SWT. Dimana salah satu doa yang juga bisa diucapkan adalah

“Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii“ 

Yang memiliki arti, "Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri.”

Demikianlah ulasan mengenai solusi Al-Qur'an bagi pasangan yang sulit hamil. Sebagai seorang hamba kita hanya bisa berusaha, namun hasil akhir tetap Allah SWT yang menentukan. Namun tetap ingat bahwa tidak akan pernah ada usaha yang sia-sia.  Semoga dengan mengetahui hal ini bisa menambah keimanan kita kepada Allah SWT. Semoga bermanfaat. 
0 Komentar untuk "Solusi Al-Qur'an Bagi Pasangan yang Sulit Hamil"

Back To Top