Amalan-Amalan Penghancur Dosa di Bulan Ramadhan


Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Sebab pada bulan suci inilah setiap amal kebaikan akan dilipat-gandakan pahalanya dan pintu ampunan pun terbuka lebar. 

Pasalnya pada bulan yang penuh berkah ini, Allah SWT melimpahkan ampunan-Nya kepada setiap hamba-hamba-Nya yang beriman. Hanya saja ampunan tersebut tidak diberikan secara gratis. Melainkan dengan sebuah syarat, yaitu dengan mengikuti petunjuk yang telah diberikan Allah SWT dan Rasul-Nya.

Amalan-Amalan Penghancur Dosa di Bulan Ramadhan

Diantara petunjuk tersebut adalah dengan melaksanakan beberapa amalan khusus dibulan Ramadhan. Amalan-amalan inilah yang bisa menjadi penghancur dosa di bulan Ramadhan. Bahkan akan lebih baik bila dilakukan dengan penuh keikhlasan dan sesuai dengan syariat. Lantas,apa saja amalan-amalan khusus tersebut ?

1. Taubat Nasuha
Amalan khusus pertama dan yang paling utama untuk dilakukan di bulan Ramadhan adalah taubat nasuha. Hal ini dikarenakan taubat nasuha merupakan taubat yang sungguh-sungguh dan tulus. Sehingga seseorang yang bertaubat tentunya tidak akan mengulangi kembali kesalahannya yang dapat menimbulkan dosa. Ia akan senantiasa menjaga dirinya dari melakukan tindakan dosa.

Selain mendapatkan ampunan dari Allah SWT, melakukan taubatan nasuha juga dapat menghapuskan kesalahan-kesalan yang telah diperbuat sebelumnya. Sebagaimana firman Allah SWT bahwa, 
"Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kalian kepada Allah dengan taubat nashuha, niscaya Rabb kalian akan menghapuskan kesalahan-kesalahan kalian dan memasukkan kalian ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai." (QS. At-Tahrim : 8)

2. Berwudhu sesuai tuntunan Rasulullah SAW
Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda bahwa, "Barangsiapa berwudhu seperti wudhuku ini, lalu ia shalat dua raka’at (dengan khusyu’) tanpa berbicara dengan dirinya sendiri (memikirkan hal selain shalat, edt), niscaya dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni."  (HR. Bukhari no. 159 dan Muslim no. 226) 

"Barangsiapa berwudhu dan memperbagus wudhunya, niscaya dosa-dosanya akan keluar dari tubuhnya, sampai keluar dari bawah kuku-kukunya." (HR. Muslim no. 245)

3. Melaksanakan shalat lima waktu
Rasulullah SAW bersabda bahwa, “Bagaimana pendapat kalian apabila ada sebuah sungai di depan pintu rumah salah seorang di antara kalian, sehingga ia mandi di sunagi tersebut lima kali setiap harinya. Apakah hal itu masih menyisakan daki pada dirinya?” Para sahabat menjawab: “Tidak akan meninggalkan sedikit pun daki pada dirinya.” Beliau bersabda: Demikian itulah perumpamaan shalat wajib lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa-dosa." (HR. Bukhari no. 528 dan Muslim no. 667) 

4. Shalat berjamaah di masjid
Amalan khusus selanjutnya yang bisa dilakukan dibulan Ramadhan adalah dengan melaksanakan shalat berjamaah di masjid. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa berwudhu dengan sempurna untuk melaksanakan shalat, kemudian ia berjalan kaki menuju shalat wajib, sehingga ia melaksanakan shalat wajib tersebut bersama masyarakat, atau berjama’ah, atau di masjid, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya." (HR. Muslim no. 232)

5. Melaksanakan shalat Jumat
Melaksanakan shalat Jumat juga termasuk amalan khusus yang bila dilakukan dapat menghapuskan dosa. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW bahwa, "Shalat wajib lima waktu, shalat Jum’at ke shalat Jum’at berikutnya, dan puasa Ramadhan ke puasa Ramadhan berikutnya akan menghapuskan dosa-dosa di antara kedua waktu tersebut, selama ia menjauhi dosa-dosa besar." (HR. Muslim no. 233) 

6. Melaksanakan puasa Ramadhan
Amalan khusus selanjutnya adalah melaksanakan puasa Ramadhan. Rasulullah SAW bersabda bahwa, "Barangsiapa melakukan puasa Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan pahala di sisi Allah, niscaya dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no. 760)

7. Melaksanakan qiyam Ramadhan
Amalan khusus selanjutnya adalah dengan melaksanakan qiyam Ramadhan. Diantara bentuk qiyam Ramadhan adalah shalat tarawih dan witir. Dalam hal ini Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa melakukan shalat malam Ramadhan (tarawih dan witir) karena keimanan dan mengharapkan pahala di sisi Allah, niscaya dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759)

8. Membayar zakat fitrah
Membayar zakat fitrah di penghujung Ramadhan merupakan sebab mendapatkan ampunan Allah. Sebab zakat fitrah akan menutupi kesalahan berupa kata-kata kotor dan sia-sia. Para ulama terdahulu mengatakan bahwa zakat fitrah seumpama sujud sahwi dalam shalat yang bertujuan untuk menutupi kekurangan yang ada. 

Dalam sebuah riwayat dari Ibnu Abbas ra bahwa, "Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah untuk menyucikan orang yang berpuasa dari kata-kata yang sia-sia dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan pada orang miskin. Barangsiapa yang menunaikannya sebelum shalat maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah." (HR. Abu Daud no. 1609 dan Ibnu Majah no. 1827. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

Demikianlah ulasan mengenai 8 amalan penghancur dosa di bulan Ramadhan. Amalan-amalan ini tidak hanya bisa dilakukan di bulan Ramadhan, namun juga dibulan-bulan lainnya. Sehingga dengan membiasakan diri melakukan amalan-amalan ini, kita dapat terhindar dari melakukan perbuatan dosa. Semoga bermanfaat.
Tag : Dunia Islam
0 Komentar untuk "Amalan-Amalan Penghancur Dosa di Bulan Ramadhan"

Back To Top