Inilah Senjata Utama Agar Selamat dari Neraka


Neraka merupakan sebuah tempat yang diperuntukkan bagi para orang-orang semasa hidupnya melalaikan kewajibannya kepada Allah SWT. Di dalam neraka terdapat siksaan dan azab yang sangat pedih. Bahkan siksaan yang paling ringan saja mampu membuat manusia menjadi lupa ingatan. 

Begitu dahsyatnya siksaan yang terdapat di dalam neraka menyebabkan orang-orang beriman merasa takut. Sehingga tidak mengherankan bila mereka berlomba-lomba untuk melakukan amal kebaikan agar bisa terhindar dari siksa neraka. 

Inilah Senjata Utama Agar Selamat dari Neraka

Akan tetapi sesungguhnya terdapat sebuah senjata utama yang bisa dipergunakan manusia untuk menyelamatkannya dari siksa neraka. Bahkan senjata ini wajib dimiliki oleh setiap orang yang beriman. Lalu apakah senjata yang dimaksud ? Berikut ulasannya.

Ternyata senjata utama yang wajib dimiliki orang-orang yang beriman agar selamat dari siksa neraka adalah sikap jujur. Bahkan sikap jujur dapat menghadirkan ketenangan, ketentraman dan kebahagiaan bagi orang-orang yang memilikinya. 

Rasulullah SAW bahkan bersabda bahwa, "Kejujuran adalah ketenangan, sedangkan kebohongan adalah kegelisahan." (HR. Turmudzi)

Kemudian dalam hadits lainnya beliau juga bersabda bahwa, “Berikan jaminan kepadaku dengan enam hal dari dirimu, maka niscaya aku menjamin surga untukmu: Jujurlah jika berbicara, tepatilah jika berjanji, tunaikanlah jika diserahi amanah, pelihara kemaluanmu, jagalah pandanganmu, dan jaga tanganmu.” (HR. Ahmad).

Sehingga dari dua hadits yang telah disebutkan bisa dipahami bahwa sikap jujur merupakan senjata utama yang bisa digunakan oleh setiap muslim agar bisa mendapatkan surga Allah SWT. 

Bahkan ada banyak manfaat yang bisa dirasakan dari sikap yang jujur, diantaranya adalah memperoleh ketenangan, kententraman dan kebahagiaan bagi diri sendiri, dan orang lain. Begitu pula sebaliknya, orang-orang yang terbiasa hidup tanpa sikap jujur bisa menyebabkan terjadinya kehancuran baik bagi dirinya sendiri atau orang lain.

Selain itu, orang-orang yang senantiasa bersikap jujur bisa dengan mudah memperoleh kekhusyukan dalam beribadah. Sebab hati dan pikirannya terhindar dari segala kekhawatiran yang disebabkan bila ia berbohong. Dengan demikian akan semakin mempermudah langkahnya menuju surga Allah SWT.

Akan tetapi berperilaku jujur bukanlah perkara yang mudah untuk diwujudkan. Terutama ketika berada dalam kondisi yang tidak nyaman dan banyak himpitan yang melanda. Dimana jalan satu-satunya agar bisa menyelamatkan diri adalah dengan melakukan kebohongan. 

Sehingga dalam keadaan inilah keimanan seorang muslim dipertaruhkan. Apakah ia akan menjaga keimanannya dan teguh pada kebenaran dan kejujuran atau justru terjerumus dengan awal kesesatan. Oleh sebab itulah dikatakan bahwa, "Kejujuran sejati adalah ketika engkau tetap jujur dalam kondisi dimana engkau hanya bisa selamat dengan berbohong."

Bahkan Allah SWT berfirman bahwa, " “Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar (jujur).” (QS. 9: 119).

Selain merupakan senjata utama agar selamat dari neraka, sikap jujur juga akan membawa kebaikan dan sebaliknya berbohong justru sangat merugikan bagi pelakunya. Dalam hal ini Rasulullah SAW bersabda bahwa, "Apabila seorang hamba berbohong, maka malaikat yang menyertainya akan menjauh sekitar satu mil karena bau busuk perbuatannya.” (HR. Tirmidzi)

Kemudian Rasulullah SAW juga menyatakan bahwa perbuatan bohong merupakan pertanda kiamat kecil. Beliau bersabda, "Di antara tanda kiamat kecil adalah banyaknya kebohongan.” (HR. Ahmad)

Allah SWT berfirman bahwa, ”Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar. niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.” (QS. 33: 70-71)

Demikianlah ulasan dan informasi tentang senjata utama yang bisa menyelamatkan manusia dari siksa neraka yaitu dengan bersikap jujur. Oleh karenanya, biasakanlah mulai saat ini untuk berperilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari agar bisa mendapatkan ketenangam ketentraman dan kebahagiaan.

Dengan demikian, saat beribadah pun kita bisa khusyu' sebab terhindar dari hal-hal yang mengacaukan pikiran. Maka dari itu, jauhilah kebohongan sebab merupakan faktor yang menyebabkan hancurnya sebuah kebohongan. Semoga bermanfaat.  
Tag : Dunia Islam
0 Komentar untuk "Inilah Senjata Utama Agar Selamat dari Neraka"

Back To Top