Tiga Keutamaan Menyegerakan Berbuka Puasa


Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa yang kehadirannya sangat dinantikan oleh seluruh umat Islam di penjuru dunia. Bahkan di bulan yang penuh berkah ini, Allah SWT membukakan pintu ampunan-Nya dan melipat-gandakan pahala setiap kebaikan yang kita perbuat.

Diantara hal yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan ini adalah melakukan sahur dan menyegerakan berbuka puasa. Pasalnya sahur berfungsi untuk menambahkan kekuatan diwaktu menjalankan ibadah puasa. Sementara berbuka berfungsi untuk memberikan asupan nutrisi bagi tubuh setelah seharian menahan lapar dan dahaga.

Tiga Keutamaan Menyegerakan Berbuka Puasa

Selain merupakan sunnah Rasulullah, menyegerakan berbuka puasa ternyata juga memiliki banyak keutamaan. Bahkan Rasulullah SAW menjadikannya sebagai pembeda dari orang-orang Yahudi. Lalu, apa saja keutamaan menyegerakan berbuka puasa ? 

1. Selalu berada dalam kebaikan
Orang-orang yang senantiasa menyegerakan berbuka puasa akan termasuk dalam golongan orang-orang yang selalu berada dalam kebaikan. Sebagaimana disebutkan dari Sahl bin Sa'ad ra bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Manudia selalu dalam kebaikan, selama mereka segera berbuka puasa." (HR. Bukhari dan Muslim)

Kemudian dalam sebuah hadits disebutkan bahwa, Telah menceritakan kepada kami (Hisyam bin Ammar) dan (Muhammad bin Ash Shabbah) keduanya berkata, telah menceritakan kepada kami (Abdul Aziz bin Abu Hazim) dari bapaknya dari (Sahl bin Sa'd) bahwa Rasulullah SAW juga bersabda, "Manusia akan tetap dalam kebaikan selama mereka bersegera dalam berbuka." (HR. Ibnu Majah no. 1687)

2. Sebagai pembeda dari orang Yahudi
Selain termasuk dalam golongan orang yang selalu berada dalam kebaikan, menyegerakan berbuka puasa merupakan salah satu pembeda seorang muslim dari orang-orang Yahudi.

Sebagaimana riwayat dari Ibnu Majah No.1688 bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Manusia akan tetap dalam kebaikan selama mereka bersegera dalam berbuka. Maka segerakanlah berbuka, sebab orang-orang Yahudi mengakhirkannya."

3. Rasulullah SAW senantiasa meminta para sahabat untuk menyegerakan berbuka puasa
Bukan hanya pada umatnya, Rasulullah SAW juga senantiasa menganjurkan para sahabatnya untuk menyegerakan berbuka puasa. Sebagaimana disebutkan dari Abu Ibrahim Abdullah bin Auf ra, bahwa "Kami pergi bersama-sama dengan Rasulullah SAW. Sementara beliau sedang berpuasa. Ketika matahari terbenam beliau bersabda kepada salah seorang diantara para sahabat. "Wahai Fulan, turunlah dan buatkan makanan untuk kami." Maka si Fulan pun menjawab, "Wahai Rasulullah, nanti sore saja." Rasulullah SAW pun berkata, "Turunlah dan buatkan makanan untuk kami." Lalu si Fulan pun menjawab, "Sesungguhnya hari masih siang." Maka Rasulullah SAW pun berkata sekali lagi, "Turunlah dan buatkan makanan untuk kami." 

Kemudian Abu Ibrahim berkata, "Lalu si Fulan turun dan membuatkan makanan untuk para sahabat. Kemudian Rasulullah SAW minum dan bersabda, "Apabila kamu sekaliam mengetahui bahwa waktu malam telah datang dari sini, maka orang yang berpuasa boleh berbuka." Beliau menunjuk ke arah timur." (HR. Bukhari dan Muslim)


Tag : Dunia Islam
0 Komentar untuk "Tiga Keutamaan Menyegerakan Berbuka Puasa"

Back To Top