Inilah Cara Menanamkan Kejujuran pada Anak


Kejujuran merupakan sebuah nilai kehidupan dasar yang paling penting untuk diajarkan kepada anak sedari kecil. Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa kejujuran merupakan mata uang yang berlaku dinegara manapun. Oleh sebab itu sudah seharusnya menjadi kewajiban para orang tua untuk menanamkan pentingnya nilai kejujuran dalam kehidupan. Dimulai dari masa kanak-kanak, karena pada masa ini anak-anak cenderung lebih mudah menyerap dan dapat ditanamkan hingga mereka dewasa sehingga menjadi sebuah kebiasaan yang baik.

Inilah Cara Menanamkan Kejujuran pada Anak

Berikut Beberapa Cara Membimbing Anak-Anak Agar Bersikap Jujur :

1. Beri Pemahaman
Berikan pemahaman secara sederhana bahwa berbohong itu tidak baik dan dapat berakibat buruk bagi diri sendiri maupun orang lain. Misalnya akan berakibat tidak ada orang yang akan percaya dengan kata-katanya, sehingga tidak bisa memiliki banyak teman. Selain itu sebagai orang tua juga harus konsisten untuk berbicara jujur. Terapkan dalam kehidupan sehari-hari perilaku jujur. Jika si anak bertanya tentang sesuatu hal yang tidak kita ketahui jawabannya, katakanlah dengan jujur bahwa kita tidak mengetahui jawabannya dan ajak ia untuk bersama-sama mencari jawabannya. 

2. Beri Hadiah
Orang tua cenderung lebih sering cepat memarahi, namun sangat jarang memberikan pujian. Sebaiknya berikan banyak pujian dan pelukan sebagai hadiah atas kejujurannya. Hal ini dapat membangun kepercayaan diri pada anak dan memperkuat perilaku positif.

3. Berikan Rasa Aman
Saat si anak berbohong karena dia takut jika anda marah, sebaiknya jangan langsung memarahinya. Tetapi berikanlah sebuah pelukan dan cinta kasih pada sang anak. Sehingga dia akan merasa nyaman dengan anda dan diapun akan mencoba untuk tidak berbohong lagi.

4. Pendidikan Agama
Menanamkan pendidikan agama sedari dini merupakan sebuah cara terbaik untuk mengajarkan kejujuran. Banyak sekali pelajaran agama yang berhubungan dengan perilaku jujur dan berikan pengertian bahwa berbohong itu perbuatan dosa yang sangat tidak disukai Allah SWT. Selain itu, berikan pemahaman kepada anak bahwa dimanapun, dan kapanpun mereka berbohong meskipun tidak ada yang  tahu hal itu, tetapi Allah SWT akan mengetahuinya dan akan mencatat setiap perilaku buruk yang mereka kerjakan. Pembekalan seperti itu sangat efektif saat mengajarkan anak agar selalu berkata jujur.

5. Dorong Anak Anda Untuk Mencari Teman yang Jujur
Jika dalam pergaulannya, teman-teman anak anda suka berbohong ataupun menipu, maka kemungkinan besar anak anda akan mengikuti perilaku teman-temannya tersebut. Tetapi jika teman-temannya selalu suka berkata jujur, maka anak anda akan cenderung berperilaku yang sama juga. Oleh sebab itu, ajarkanlah anak anda untuk bergaul dan berteman dengan anak-anak lain yang jujur dan dapat dipercaya.

6. Berikan Pemahaman Bahwa “Jujur Itu Nikmat”
Ada serangkaian kejujuran yang akan terasa begitu nikmat meskipun kenikmatannya tidak dapat secara langsung di nikmati. Namun hatilah yang merasakannya. Hal ini sangat penting untuk diajarkan kepada anak sejak dini. Oleh sebab itu ajarkan anak untuk selalu mendahulukan perilaku kejujuran sebab akan mengantarkan kepada kehidupan yang tenang dan damai tanpa ada rasa bersalah.

Demikianlah beberapa cara untuk menanamkan kejujuran pada anak. Dan rasanya sungguh indah jika memiliki buah hati yang memiliki akhlak yang baik. Karena anak-anak merupakan generasi penerus bangsa. 
0 Komentar untuk "Inilah Cara Menanamkan Kejujuran pada Anak"

Back To Top