Ternyata Inilah Keutamaan Menangis Karena Allah


Menangis adalah sesuatu yang fitrah, sebuah sunnatullah yang diberlakukan oleh Allah untuk setiap hamba-Nya. Menangis yang disebabkan karena takut kepada Allah merupakan salah satu sifat orang-orang mukmin. Sebab orang yang berhati keras dan mempunyai banyak dosa tidak akan dapat meneteskan air mata takwanya untuk Allah SWT. 

Ternyata Inilah Keutamaan Menangis Karena Allah

Seorang hamba yang menangis karena Allah, akan bergetar hatinya ketika nama Allah disebut, berguncang jiwanya ketika ia mengingat dosa dan maksiat yang telah dilakukannya. Inilah yang disebut tangisan keimanan, tangisan kebahagiaan dan tangisan hanifnya jiwa.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Anfal ayat 2 bahwa, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah maka gemetarlah hati mereka dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, bertambahlah iman mereka karenanya dan hanya kepada Rabb mereka, mereka bertawakal.”

Menangis karena takut kepada Allah merupakan sebuah bukti keimanan seorang hamba yang tidak dapat direkayasa. Hal itu menunjukkan kelemahan manusia di hadapan Allah SWT. Jika di dunia tidak pernah menangis , niscaya anda akan menangis di akhirat.

Inilah Keutamaan Menangis Karena Allah SWT :

1. Berada dalam naungan ‘Arsy
Rasulullah SAW bersabda, “Tidak akan masuk neraka seseorang yang menangis karena merasa takut kepada Allah sampai susu [yang telah diperah] bisa masuk kembali ke tempat keluarnya.” (HR. Tirmidzi no. 1633)

Rasulullah SAW bersabda, “Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah pada hari ketika tidak ada naungan kecuali naungan-Nya; …. dan [7] seorang yang mengingat Allah di kala sendirian sehingga kedua matanya mengalirkan air mata (menangis).” (HR. Bukhori [629] dan Muslim [1031]

2. Aman dari Azab Allah SWT
Dari Ibnu Abbas ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Dua mata yang tidak akan disentuh oleh neraka; mata yang menangis karena takut kepada Allah dan mata yang berjaga di jalan Allah.” (HR. At-Tirmidzi).

Sufyan Ats-Tsauri berkata bahwa, “Menangis itu terbagi menjadi sepuluh bagian, yang satu bagian karena Allah dan sembilan bagian lainnya semuanya karena riya’. Jika yang satu bagian itu terjadi setahun sekali, insya Allah dia akan selamat dari neraka.”

Tidaklah air mata dapat menyentuh satu tempat pun kecuali dia akan menjaganya. Tidaklah air mata menyentuh satu anggota badan pun kecuali neraka diharamkan menyentuhnya.

3. Berada dalam naungan kecintaan Allah SWT.
Dari Abu Umamah ra,  bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda,
“Tidak ada sesuatu yang lebih dicintai Allah daripada dua buah tetesan dan dua buah bekas. Yaitu tetesan air mata karena takut kepada Allah dan tetesan darah yang tertumpah di jalan Allah. Sedangkan dua buah bekas itu adalah bekas-bekas fii sabilillah (jihad) dan bekas-bekas mengamalkan kewajiban Allah.” (HR. At-Tirmidzi dan Adh-Dhiya’).

4. Diampuni dosa-dosanya
Abu Yahya, Malik bin Dinar menyatakan bahwa dengan menangisi satu kesalahan dapat menggugurkan banyak kesalahan, sebagaimana angin yang mampu menggugurkan daun-daun kering. Meskipun terdapat dua orang malaikat yang senantiasa menghitung nafas-nafasmu dan merekam suaramu yang pelan, serta selalu dituliskan dalam sebuah catatan amal dan tidak mengenal lupa. Namun ketika menghadapi tangisan, maka kondisinya bisa berbeda.

Yazid Ar-Riqasyi berkata, “Telah sampai riwayat kepadaku bahwa orang yang menangisi satu dosa dan sekian dosa-dosanya, maka dua malaikat penjaganya akan lupa terhadap dosa tersebut.”

5. Tanda taubat yang benar
Yahya bin Mu’adz berpendapat dari pengamatannya terhadap kondisi kaum mukminin, bahwa tanda orang yang telah bertaubat yaitu meneteskan air mata, senang berkhalwat (menyendiri untuk beribadah kepada Allah), serta mau melakukan muhasabah atas semua keinginannya. (Shifatu Shafwah: 4/61).

Bahkan sebagian ulama menetapkan bahwa pohon taubat itu tidak pernah berhenti menyerap air selama-lamanya kecuali disiram dengan air mata.

6. Syi’ar hati yang hidup
Jika ujung kayu yang kering dimasukkan ke dalam api, maka ujung yang satunya akan berkeringat. Demikian hal dengan hati, apabila dibakar dengan penyesalan terhadap dosa, maka kedua mata akan mencucurkan air mata, dan anggota badan akan melembutkan dengan sikap tunduk dan hati menjadi lembut dengan taubat dan khusyuk.

Demikianlah ulasan mengenai keutamaan menangis karena Allah. Begitu banyak keistimewaan yang ada dibaliknya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua agar senantiasa berusaha untuk menjadi seorang hamba yang beriman dan bertakwa.

1 Komentar untuk "Ternyata Inilah Keutamaan Menangis Karena Allah"

wah ane udah mengerti sekarang fakta manfaat menangis ,apa itu benar" asli gan???

Back To Top