Sepuluh Siksaan Bagi Orang Yang Banyak Tertawa


Tertawa merupakan suatu bentuk ekpresi dari rasa bahagia dan senang. Seseorang tertawa bukan hanya karena disebabkan hal yang lucu saja. Tertawa terbagi atas dua jenis, yaitu tertawa yang berasal dari rasa senang dan tertawa yang palsu. Namun ternyata tertawa terbahak-bahak sangatlah dilarang dalam Islam, kerna terdapat banyak mudharat yang ada dibalik tertawa tersebut.

Sepuluh Siksaan Bagi Orang Yang Banyak Tertawa

Dalam sebuah penelitan ditemukan bahwa rata-rata manusia tertawa sebanyak 30 kali lebih sering saat sedang bersama orang lain dibandingkan saat sedang sendirian. Dan orang dewasa dapat tertawa 15 kali dalam sehari, sedangkan anak-anak bisa tertawa 300 kali dalam sehari.

Berikut ini ada 10 macam siksaan yang akan didapatkan karena banyak tertawa, diantaranya:
Dari Kitab Nashaihul Ibad, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang banyak tertawa, maka dia akan disiksa dengan sepuluh macam siksaan, yaitu :
  1. Hatinya menjadi mati
  2. Kehilangan wibawanya
  3. Disenangi oleh setan
  4. Lupa dengan segalanya
  5. Segala aibnya akan dibeberkan saat hari kiamat
  6. Akan mendapatkan hisab yang berat di hari kiamat
  7. Penghuni langit dan bumi akan membenci dirinya
  8. Malaikat akan mengutuknya
  9. Rasulullah SAW akan berpaling darinya pada hari kiamat
  10. Tidak disukai Allah SWT
Namun dibalik itu semua menurut penelitian ilmiah ternyata tertawa itu sehat, bahkan ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa, “Laughter is the best medicine.” Sebuah penelitian yang dilakukan di Oxford University pada tahun 2011 menemukan bahwa tertawa dapat meningkatkan ambang rasa sakit.  Kemudian penelitian lainnya di University of Arizona menemukan bahwa tertawa dapat meningkatkan kesehatan jantung, lalu penelitian di University of Maryland menunjukkan bahwa aliran darah meningkat 22% saat seseorang sedang tertawa.

Manfaat Tertawa
Beberapa manfaat yang di dapatkan dari tertawa diantaranya adalah,
1. Menjaga agar suasana hati positif
Saat tertawa otak akan melepaskan endorfin, dan menjaga suasana hati tetap positif. Sehingga akan membuat seseorang lebih banyak tertawa.
2. Merasa lebih santai
Tertawa dapat membantu membawa oksigen yang lebih banyak ke dalam otak dan tubuh, sehingga akan merasa lebih berenergi dan santai.
3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Tertawa dapat membantu mengurangi stres dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat membuat tubuh jarang sakit.
4. Menjaga cara pandang positif
Dengan tertawa, dapat membantu cara pandang positif dan sikap yang optimis, bahkan saat ada suatu masalah. 

Bahaya Tertawa
Namun selain memiliki banyak manfaat, tertawa dapat mendatangkan siksaan. Karena tertawa yang berlebihan menunjukkan suatu kelalaian yang dapat menyebabkan lemahnya ibadah dan hilang kekhusyukan di dalam hati.  Semakin kuat bercandaan dan tertawa seseorang, maka semakin dekatlah iblis dan setan yang tertawa terbahak-bahak  serta menari-nari untuk melalaikannya. Oleh sebab itu, kita harus berhati-hati dengan gelak tawa karena terdapat bahaya yaitu :
1. Dicela Oleh Ulama
Tertawa yang disertai gurauan yang berlebihan dicela oleh ulama dan orang yang memegang teguh adab dan kesopanan. Sebab dapat menjadikan penutup cahaya kebenaran.
2. Menyibukkan diri sehingga lupa mengerjakan hal-hal yang bermanfaat dan dipandang tidak memiliki wibawa
3. Menimbulkan permusuhan secara tidak disengaja
Saat seseorang sedang bergurau dan kemudian tertawa terbahak-bahak, bisa jadi seseorang merasa tersinggung dengannya. Oleh sebab itu kita dilarang terlalu banyak bergurau dan tertawa yang berlebih-lebihan.
4. Melupakan mati dan akhirat
Tertawa yang berlebih-lebihan dapat menyebabkan kita lupa dengan hari yang dijanjikan, yaitu kematian dan akhirat.
Rasulullah SAW bersabda, “Perbanyaklah mengingat mati, niscaya akan meremehkan berbagai kelezatan.” (HR. Ibnu Majah)
Salah satu kelezatan dunia yang sulit dihindari adalah tertawa berlebihan.
5. Berani berbuat dosa
Orang yang senang tertawa berlebihan merupakan orang yang berani berbuat dosa karena tertawa yang berlebihan dapat membekukan hati. Dan menyebabkan hilangnya rasa takut kepada Alllah SWT. 
6. Menanggung dosa orang lain
Seseorang yang tertawa terbahak-bahak lalu orang lain pun ikut tertawa karenanya, maka ia akan menanggung dosa orang tersebut. 
7. Banyak menangis di akhirat
Tertawa yang berlebihan dapat menyebabkan banyak menangis di akhirat. Dunia ini dimulai dengan tangis, diselingi dengan tangis dan diakhiri dengan tangis.

Demikianlah, semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Tertawa bukanlah sesuatu hal yang dilarang, namun sebaiknya hindari terlalu banyak tertawa karena dapat menyebabkan banyak mudharat bagi diri sendiri dan orang lain. 

1 Komentar untuk "Sepuluh Siksaan Bagi Orang Yang Banyak Tertawa"

LEBIH BAIK KITA TERSENYUM KARNA ITU BERNILAI IBADAH,DARI PADA TERTAWA TAPI GAK ADA GIGINYA.

Back To Top