Inilah 5 Danau Ajaib Yang Hanya Ada di Indonesia


Selain pantai, keindahan pesona keindahan danau yang ada di Indonesia juga tidak kalah menariknya untuk di kunjungi. Terlebih lagi karena Indonesia memiliki beberapa danau ajaib yang mampu memukau mata setiap wisatawan yang datang berkunjung. 

Keajaiban yang dimiliki oleh danau-danau ini bahkan dapat membuat orang berdecak kagum. Pasalnya selain menawarkan keindahan alam yang tidak biasa dan eksotis, keberadaan danau-danau ini juga menunjukkan bukti kebesaran Allah SWT terhadap bumi Indonesia. 

Sebab, tidak semua negara memiliki danau-danau ajaib. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita bangga dan bersyukur karena tinggal di Indonesia. Dan inilah beberapa danau ajaib yang hanya ada di Indonesia.

1. Danau tiga warna Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur

Inilah 5 Danau Ajaib Yang Hanya Ada di Indonesia

Danau ajaib pertama yang hanya ada di Indonesia adalah danau tiga warna Kelimutu yang terletak di Flores, Nusa Tenggara Timur. Keindahan danau ini bahkan telah terkenal hingga seluruh dunia. 

Danau yang berwarna warni ini terdiri dari tiga warna yaitu toska, biru dan hitam.Tetapi, warnanya bisa berganti-ganti sesekali.  Selain itu danau ini merupakan bagian dari Gunung Kelimutu yang juga terdiri dari tiga danau. Dan masing-masing danau memiliki nama diantaranya  Tieu Nuwa Muri Koo Fai (toska), Tiwu Ata Polo (biru) dan Tiwu Ata Mbupu (hitam). 

Oleh sebab itu, danau ini dikenal sebagai danau dengan perubahan warna yang cantik sekali.  Disamping itu, para warga Flores juga percaya bahwa danau ini dihuni oleh roh, sehingga tidak bisa sembarangan dalam memperlakukannya, terlebih bila merusaknya. Dan bagi kamu yang ingin berkunjung ke danau ini, maka sebaiknya pilih waktu liburan pada bulan Juli dan Agustus.

2. Danau Toba, Prapat, Sumatera Utara

Inilah 5 Danau Ajaib Yang Hanya Ada di Indonesia

Danau ajaib kedua yang hanya ada di Indonesia adalah danau Toba yang terletak di daratan tinggi Sumatera Utara, tepatnya di bagian selatan dari kota Medan, yaitu Prapat. Danau ini bahkan merupakan danau terbesar di Indonesia.

Selain menawarkan keindahan alam yang tidak biasa, danau ini juga memiliki keistimewaan yaitu adanya Pulau Samosir yang terletak di tengah-tengah danau. Disamping itu, pulau ini juga bisa dikunjungi oleh para wisatawan. 

Bagi kamu yang masih belum puas melihat pemandangan yang ditawarkan, tidak perlu risau karena di danau ini juga  tersedia beberapa permainan dan olahraga air yang juga menantang adrenalin. Seperti perahu genjot dan jet ski.

Nah, bagi kamu wisatawan muslim tidak perlu khawatir terhadap makanan yang ada disekitar danau. Meskipun mayoritas pendudunya beragama nasrani, namun rumah makan dengan masakan halal sudah menjamur dimana-mana.

3. Danau Sentani, Papua
Inilah 5 Danau Ajaib Yang Hanya Ada di Indonesia

Danau ajaib ketiga yang hanya ada di Indonesia adalah danau Sentani yang berada di Papua. Dibagian utara danau ini terdapat Gunung Cyclops yang menghiasi danau, sehingga semakin menambah keindahan dari danau Sentani. 

Selain itu, danau ini  juga memiliki keunikan dimana pemandangan yang ditawarkan danau ini seakan mempresentasikan bentuk negara Indonesia yang terdiri dari banyak pulau. Selain itu, di tengah danau Sentani juga ada beberapa pulau yang tidak kalah indahnya. Bahkan bila di totalkan, maka ada sekitar 22 pulau yang mengelilingi danau sentani.

Bagi sebagian masyarakat, danau Sentani merupakan lahan untuk mengais uang dengan memperdayakan ikan-ikan yang hidup di dalam danau.

4. Danau Segara Anak, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat
Inilah 5 Danau Ajaib Yang Hanya Ada di Indonesia

Danau ajaib selanjutnya adalah danau Segara Anak yang terletak di pulau Lombok. Selain danau Segara Anak, pulau lombok juga memiliki pantai dan keindahan bawah laut yang sangat menggoda untuk di kunjungi. 

Danau Segara Anak ini memiliki keunikan karena terletak di puncak gunung Rinjani. Sehingga untuk mencapai danau, para wisatawan harus berjalaan kaki hingga 9 jam. Meskipun sangat melelahkan, namun ketika telah sampai maka semuanya akan terbayarkan dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. 

Selain itu, keunikan lainnya yang ada di danau ini adalah sebuah gunung yang terdapat di tengah-tengah danau. Dan gunung tersebut diamakan batu jari-jari. Sehingga, bisa dikatakan bahwa danau ini terletak di atas gunung dan ditengahnya juga terdapat gunung. Sungguh keajaiban yang luar biasa.

5. Danau Labuan Cermin, Berau, Kalimantan Timur

Inilah 5 Danau Ajaib Yang Hanya Ada di Indonesia

Danau ajaib yang terakhir adalah danau Labuan Cermin. Seperti namanya, danau ini memiliki air yang jernih dan berkilat seperti cermin. Bahkan dasar danau juga dapat kita lihat dengan jelas padahal kedalaman danau ini mencapai lebih dari 3 meter. 

Selain itu, warna danau ini juga tidak kalah indahnya karena terdiri dari warna yang tergradasi dari biru tua, biru muda, putih dan hijau.  Di danau ini kita bisa berenang, menyelam maupun snorkeling. 

Demikianlah beberapa danau ajaib yang hanya ada di Indonesia. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya kita menjaga keindahan alam yang ada di Indonesia. Sehingga, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri hanya untuk menikmati pemandangan alamnya. 

Tag : Info Unik, Wisata
0 Komentar untuk "Inilah 5 Danau Ajaib Yang Hanya Ada di Indonesia"

Back To Top