8 Bekal Penting Menyambut Ramadhan


Sebentar lagi bulan Ramadhan tiba. Sebagai seorang muslim, kita tentunya tidak perlu menyangsikan lagi keutamaan bulan Ramadhan. Mulai dari keberkahan, dilipatgandakannya pahala suatu amal dan ampunan. 

Bahkan dalam Ramadhan terdapat satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Sehingga siapa saja yang terhalang dari kebaikan Ramadhan, maka akan termasuk dalam golongan orang-orang yang merugi. Oleh sebab itu setiap muslim harus bergembira saat Ramadhan tiba. 

8 Bekal Penting Menyambut Ramadhan

Sejatinya ada 8 bekal yang harus dipersiapkan setiap muslim sebelum memasuki bulan Ramadhan. Sehingga kita mampu melaksanakan ibadah Ramadhan dengan khusyu' dan maksimal. Selain itu ke 8 bekal ini, juga bisa membentuk pribadi menjadi lebih baik lagi. Lalu apa saja 8 bekal tersebut ? 

1. Berdoa kepada Allah agar bisa bertemu dengan bulan Ramadhan

Bekal pertama yang harus dipersiapkan adalah berdoa kepada Allah agar bisa bertemu dengan bulan mulia ini dalam kondisi sehat wal 'afiat. Dengan demikian kita bisa mengisi Ramadhan dengan puasa, zikir, tilawah dan amal-amal shaleh lainnya dengan 

Bahkan para ulama berdoa kepada Allah SWT agar disampaikan kepada Ramadhan dan mereka juga berdoa agar Allah Ta'ala berkenan menerima amal ibadah mereka.  Sebagaimana yang disebutkan oleh Mu'alla bin Al-Fadh, ulama tabi'tabiin bahwa,

“Dulu para sahabat, selama enam bulan sebelum datang Ramadhan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Kemudian, selama enam bulan sesudah ramadhan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka selama bulan Ramadhan.” (Lathaif Al-Ma’arif: 264)

2. Menjaga hati terhadap kaum muslimin
Bekal kedua yang harus dipersiapkan adalah dengan menjaga hati terhadap kaum muslimin. Hal ini dimaksudkan agar jangan sampai ada kebencian dan permusuhan antara saudara sesama muslim. 

Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Musa al-Asy'ari Ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah menilik pada malam nishfu (pertengahan) Sya'ban, lalu mengampuni seluruh makhluk-Nya kecuali orang musyrik atau orang yang cekcok/permusuhan terhadap saudaranya." (HR. Ibnu Majah dan dihassankan oleh Al-Albani dalam al-Silsilah al-Shahihah no. 1144 dan Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 1016)

3. Memperbanyak puasa dan membiasakan ibadah di bulan Sya'ban
Bekal ketiga yang harus dipersiapkan adalah dengan memperbanyak puasa dan membiasakan diri untuk beribadah dibulan Sya'ban. Sebagaimana kita ketahui bahwa bulan Sya'ban merupakan bulan yang sering dilalaikan manusia .

Selain itu pada bulan ini juga amal ibadah juga diangkat Allah Ta'ala. Sehingga memperbanyak puasa dibulan ini juga merupakan persiapan dan pembiasaan diri dengan amal-amal Ramadhan. Dengan demikian hal ini dapat menjadikan seorang muslim terbiasa berpuasa sehingga saat menjalani puasa dibulan Ramadhan akan terasa lebih ringan.

4. Memperhatikan amal-amal wajib
Bekal selanjutnya untuk mempersiapkan diri menyambut Ramadhan adalah dengan memperhatikan amal-amal wajib. Misalnya shalat berjamaah lima waktu sehingga ketika Ramadhan tiba, tidak ada pahala besar yang luput. Selain itu biasakanlah berjalan kaki ke mesjid untuk shalat berjamaah dalam kondisi suci agar setiap langkah berpahala dan menjadi penghapus dosa. 

5. Membaca Al-Qur'an
Bekal selanjutnya adalah dengan membaca Al-Qur'an. Bahkan lebih utama bila mampu mengkhatamkan Al-Qur'an dibulan Sya'ban sehingga di Ramadhan kita akan memulai tilawatil Qur'an dari awal surat. 

Al-Qur'an berperan sebagai cahaya yang menerangi hati seorang muslim, melapangkan dadanya dan menyucikan kalbunya yang akan memberikan dampak hebat terhadap ibadah lainnya dibulan Ramadhan dan bulan lainnya. Oleh sebab itu seorang muslin tidak boleh meninggalkannya dan pelit membacanya.

6. Membiasakan diri shalat malam
Bekal berikutnya yang harus dipersiapkan adalah membiasakan diri shalat malam. Sehingga dengan membiasakan diri unytuk melakukan shalat malam, maka saat Ramadhan akan terasa lebih ringan untuk menjalankan shalat tarawih berjamaah dan menghidupkan malamnya dengan memperbanyak shalat. Selain itu kita juga bisa bermunajat kepada Allah SWT dimalam Ramadhan tanpa merasa berat dan susah.

7. Membiasakan diri untuk berdzikir
Bekal ketujuh yang harus dipersiapkan seorang muslim untuk menyambut Ramadhan adalah dengan membiasakan diri untuk berdzikir. Dengan membiasakan diri untuk berdzikir seorang muslim akan dimudahkan dalam menjalankan berbagai aktifitas ibadahnya. 

Ada banyak keutamaan dzikir yang telah disebutkan dalam Al-Qur'an dan sunnah Nabawiyah. Diantaranya adalah firman Allah SWT, 

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” (QS. Al-Baqarah: 152)

“Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Ah-Ahzab: 35)
   
8. Membiasakan diri dengan akhlak baik dan menjauhi akhlak tercela
Bekal terakhir yang harus dipersiapkan adalah dengan membiasakan diri dengan akhlak baik dan menjauhi akhlak tercela. Sehingga dengan membiasakan hal ini, kita menjadi terbiasa untuk selalu bersikap baik dan jauh dari akhlak yang tercela.

Demikianlah ulasan mengenai 8 bekal yang harus dipersiapkan sebelum Ramadhan. Dengan mempersiapkan hal-hal yang telah disebutkan merupakan bukti nyata adanya rasa senang dan bahagia atas kehadiran Ramadhan. Tentunya siapa yang ingin mendapatkan hasil baik di bulan Ramadhan, maka ia harus mempersiapkan dengan baik bekal-bekalnya. 
Tag : Dunia Islam
0 Komentar untuk "8 Bekal Penting Menyambut Ramadhan"

Back To Top