Ternyata 5 Peralatan Dapur ini Punya Waktu Kadaluarsa


Tahukah kamu bahwa selain buah-buahan, sayuran dan makanan kemasan, ternyata peralatan masak yang ada di dapur juga memiliki masa pakai dan waktu kadaluarsa loh. 

Sehingga bila dipakai terus menerus tanpa diganti sama sekali, bisa menyebabkan peralatan masak menjadi tidak layak pakai dan membahayakan kesehatan. 

Ternyata 5 Peralatan Dapur ini Punya Waktu Kadaluarsa

Tentunya kita tidak ingin mengalami hal ini bukan ? Oleh sebab itu perlu diketahui apa saja peralatan dapur yang memiliki waktu kadaluarsa ini. Sehingga kita bisa terhindar dari berbagai macam resiko yang bisa ditimbulkan. Yuk simak apa saja benda yang memiliki waktu kadaluarsa berikut ini. 

1. Sendok kayu, masa kadaluarsa 5 tahun
Peralatan masak seperti sendok sayur yang terbuat dari kayu memang tampak alami, tahan panas dan tidak berbahaya. Namun ada baiknya bila diganti setiap 5 tahun sekali.

Sebab sendok kayu sangat mudah menyerap air dan mudah berjamur terutama bila ditaruh di tempat lembab. Bahkan bisa menjadi sarang bakteri bula sudah lama dipakai. Oleh sebab itu sebaiknya ganti sendok kayu dengan yang baru maksimal 5 tahun sekali.

2. Spatula plastik, masa kadaluarsa 2 tahun
Peralatan masak yang satu ini mudah tergores dan bisa menjadi sarang bakteri bila tidak bersih. Terutama jika terkena minyak, mentega atau krim berlemak maka akan sulit untuk dibersihkan. 

Bahkan bila telah lama digunakan, biasanya elastisitas plastik akan berkurang. Sehingga spatula menjadi agak kaku dan tidak lentur lagi. Oleh sebab itu sebaiknya ganti spatula Anda setiap 2 tahun sekali.

3. Pisau buah, masa kadaluarsa 2 tahun
Pisau yang terbuat dari stainless steel ini memang tidak setajam pisau daging dan akan mudah tumpul bila sering digunakan. Oleh sebab itu ada baiknya bila mengganti dengan yang baru setiap dua tahun sekali. Namun bila ingin mempertahankannya, maka selalu asah pisau buah Anda seminggu sekali.

4. Wajan anti lengket, masa kadaluarsa 2-3 tahun
Bila semakin sering digunakan, wajan anti lengket akan mudah tergores dan mengelupas. Selain itu apabila saat memasak menggunakan wajan ini hasilnya lengket, maka hal tersebut menjadi tanda bahwa wajan anti lengket Anda perlu diganti. Setidaknya ganti 2-3 tahun sekali. 

Namun jika ingin tahan lama, saat menggunakan wajan ini jangan menggosok dengan benda tajam atau menggunakan spatula. Selain itu biasanya untuk menyimpan wajan anti lengket dengan benar. Caranya dengan menggunakan tisu kertas antara wajan satu dengan yang lainnya bila kita menumpuknya.

5. Talenan, masa kadaluarsa 3 tahun
Talenan merupakan peralatan masak yang digunakan saat memotong sayur, buah-buahan dan daging. Jika Anda menggunakan talenan kayu, maka ada baiknya bila mengganti talenan tersebut setiap setahun sekali, terutama bila Anda memasak setiap hari. Hal ini disebabkan karena talenan rawan sekali tergores pisau dan menjadi sarang bakteri saat memotong buah, sayur dan daging. 

Demikianlah ulasan mengenai 5 peralatan dapur yang memiliki waktu kadaluarsa. Sehingga bila Anda menemukan tanda bahwa peralatan dapur sudah layak diganti, maka gantilah sesegera mungkin untuk menghindarkan resiko berbahaya yang mungkin ditimbulkan. Semoga bermanfaat.  
Tag : Info Unik
0 Komentar untuk "Ternyata 5 Peralatan Dapur ini Punya Waktu Kadaluarsa"

Back To Top