3 Panggilan Allah SWT yang Wajib Dipenuhi


Sebagai seorang hamba, manusia berkewajiban untuk melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. Salah satu bentuk kewajiban tersebut adalah dengan memenuhi panggilan-Nya.

Bahkan sepanjang hidupnya, manusia hanya dipanggil Allah SWT sebanyak tiga kali. Namun sayangnya terkadang manusia merasa enggan untuk memenuhinya dengan berbagai alasan.

3 Panggilan Allah SWT yang Wajib Dipenuhi

Meski demikian, satu diantara panggilan tersebut merupakan sesuatu yang tidak akan bisa dielakkan oleh manusia. Bahkan panggilan tersebut sejatinya akan dirasakan oleh seluruh makhluk yang ada dimuka bumi ini. Lantas apa saja panggilan Allah SWT tersebut ?

1. Panggilan Shalat
Panggilan shalat merupakan panggilan Allah SWT yang paling pertama. Bahkan lima kali dalam sehari semalam, muadzin mengumandangkan adzan memanggil manusia untuk melaksanakan shalat lima waktu. Panggilan ini terua menggema susul menyusul bergantian dari satu masjid ke masjid lainnya, dari satu negero berpindah ke belahan bumi lainnya dan terus berputas selama bumi masih berotasi mengelilingi porosnya.

Namun sayangnya manusia kerap kali mengabaikan panggilan ini dikarenakan kesibukan duniawinya. Sehingga mereka lupa untuk memenuhi panggilan Allah SWT untuk bersegera melaksanakan shalat lima waktu. Dan akhirnya kewajiban utamaini harus terlewatkan begitu saja. Padahal shalat merupakan kewajiban mutlak yang harus dilaksanakan oleh seorang muslim.

2. Panggilan Haji dan Umrah
Panggilan Allah SWT yang kedua adalah panggilan berhaji dan umrah. Akan tetapi panggilan ini diutamakan bagi mereka yang memiliki kemampuan terutama kemampuan finansial. 

Bahkan panggilan ini merupakan sebuah ibadah yang menjadi penyempurna rukun islam yaitu ibadah haji. Allah SWT berfirman bahwa, “Dan, berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh” (QS al-Hajj : 27).

Meski demikian, apabila kita belum mampu untuk memenuhi panggilan Allah SWT yang kedua ini, maka tidak ada salahnya bila kita menanamkan niat yang kuat terlebih dahulu. Sebab bisa jadi, dikemudian hari Allah SWT meringankan  hamba-Nya yang memiliki niat kuat untuk bersegera melaksanakan ibadah haji dan umrah.

3. Panggilan Kematian
Panggilan terakhir dari Allah SWT adalah panggilan kematian. Bila manusia mampu untuk menunda melaksanakan shalat dan ibadah haji, maka panggilan ini merupakan panggilan yang tidak bisa ditunda-tunda. Sebab ketika malaikat  maut menjemput, segala urusan yang ada di dunia akan terhenti. 

Malaikat maut bahkan tidak bisa mempercepat waktu meski hanya sesaat jika belum tiba waktunya dan juga tidak bisa mengulur meski hanya sedetik bila telah tiba waktunya. Sehingga tidak ada lagi waktu untuk memperbaiki diri. 

Dalam surah Al-Munafiqun ayat 11, Allah SWT berfirman bahwa, " “Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila datang waktu kematiannya. Dan, Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” 

Demikianlah ulasan mengenai 3 panggilan Allah SWT yang wajib dipenuhi. Sebagaimana firman Allah SWT bahwa, "Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila menyeru kamu kepada sesuatu yang memberi kehidupan kepadamu." (QS. Al-Anfal: 24)

Sebagai seorang hamba sudah selayaknya kita memenuhi setiap panggilan Allah SWT. Terlebih lagi sebelum tiba panggilan-Nya yang terakhir, marilah kita berusaha sekuat tenaga untuk memenuhi panggilan Allah SWT yang lainnya. 
Tag : Dunia Islam
0 Komentar untuk "3 Panggilan Allah SWT yang Wajib Dipenuhi"

Back To Top