8 Manfaat Luar Biasa Konsumsi Air Nanas Setiap Pagi


Segala sesuatu yang diciptakan Allah SWT tentunya memberikan banyak manfaat untuk kehidupan umat manusia. Salah satunya adalah buah nanas. Meskipun memiliki rasa yang sedikit asam, namun ternyata ada banyak manfaat yang akan diperoleh bila mengkonsumsi air nanas setiap pagi.

Nanas mengandung banyak sekali nutrisi seperti vitamin, mineral, zat besi, asam folat dan sebagainya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu nanas juga dikemas dengan enzim bromelain dan antioksidan vitamin C, yang keduanya memainkan peran utama dalam proses penyembuhan tubuh. 

8 Manfaat Luar Biasa Konsumsi Air Nanas Setiap Pagi

Saat ini sudah cukup banyak orang yang mengkonsumsi air nanas setiap pagi. Hasil yang mereka dapatkan ternyata cukup luar biasa. Lantas apa saja manfaat mengkonsumsi air nanas setiap pagi ? Berikut ulasannya.

Nanas termasuk kategori buah tropis yang rasanya sangat lezat dan mengandung banyak air. Meskipun terasa sedikit asam, namun buah ini tetap enak untuk dikonsumsi dan akan terasa lebih nikmat dikonsumsi dalam bentuk jus.

Selain dikonsumsi secara langsung atau di jus, nanas juga bisa dikonsumsi dengan cara memasukkan potongan buah nanas ke dalam air. Inilah yang disebut dengan air nanas.

Ada banyak manfaat yang akan diperoleh bila mengkonsumsi air nanas di setiap pagi, diantaranya adalah :

1. Melancarkan pencernaan
Manfaat pertama mengkonsumsi air nanas secara rutin setiap pagi adalah dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Hal ini dikarenakan nanas mengandung bromelain yang membantu proses pencernaan.

2. Membuang racun
Selain mengandung bromelain, nanas juga mengandung serat dan sangat kaya antioksidan. Dengan demikian, mengkonsumsi air nanas setiap pagi dapat membantu tubuh membuang racun dengan mudah.

3. Menjaga kesehatan usus
Selain bermanfaat melancarkan pencernaan dan membuang racun, air nanas juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus. Air nanas bermanfaat dalam membersihkan usus dan hati dari parasit tertentu. Bahkan air nanas juga sangat berperan dalam mengeluarkan cacing yang tidak berguna di dalam tubuh.

4. Mencegah masalah tiroid
Nanas mengandung banyak zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah yodium dan bromelain yang efektif dalam meningkatkan berbagai gangguan autoimun. Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi air nanas secara rutin setiap pagi efektif dalam mengurangi gejala yang berhubungan dengan tiroiditis. 

5. Melawan peradangan
Kandungan bromelain yang terdapat dalam nanas memiliki sifat anti-inflamasi. Hal ini  sangat membantu tubuh untuk menghilangkan racun yang memiliki efek buruk pada organ dan jaringan tubuh. Oleh sebab itu, mengkonsumsi air nanas secara rutin dapat membantu menyembuhkan luka, arthritir, mengurangi rasa sakit dan meminimalkan peradangan.

6. Membantu penurunan berat badan
Nanas mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama bila mengkonsumsinya. Selain itu air nanas juga dapat mencegah gula dan menimbun lemak. 

7. Menyeimbangkan elektrolit
Kandungan potasium yang terdapat pada nanas dapat membantu menjadikan tubuh lebih kuat dan menjaga keseimbangan elektrolit yang tepad dalam tubuh, sehingga mencegah kram atau cedera lainnya.

8. Melindungi dari kanker
Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Planta Medica menemukan bahwa bromelain lebih unggul dibandingkan obat kemoterapi 5-fluorauracil dalam mengobati kanker dalam sebuah studi hewan. Para peneliti ini menyatakan bahwa, "Efek antitumoral ini (bromelain) lebih tinggi dari 5-FU (5-Fluorouracil) yang indeks kelangsungan hidup sekitar 263% dan relatif terhadap kontrol yang tidak terobati."

0 Komentar untuk "8 Manfaat Luar Biasa Konsumsi Air Nanas Setiap Pagi"

Back To Top