Keutamaan 10 Hari Pertama di Bulan Ramadhan


Tahukah kamu bahwa bulan Ramadhan terbagi atas tiga fase? Yaitu 10 hari pertama yang disebut dengan rahmat, 10 hari kedua disebut dengan maghfirah dan 10 hari terakhir yang disebut dengan 'Itqun minan nar atau pembebasan dari api neraka.

Ketiga fase ini memiliki keutamaan masing-masing. Namun Allah SWT memberikan kemuliaan-Nya pada 10 hari pertama di bulan Ramadhan. Hal ini dikarenakan 10 hari pertama merupakan fase peralihan dari kebiasaan pola makan yang normal menjadi harus menahan lapar dan haus hingga batas waktu yang ditentukan.

Keutamaan 10 Hari Pertama di Bulan Ramadhan

Sehingga siapa saja yang berhasil melewati 10 hari pertama di bulan Ramadhan, tentunya akan berhasil pula melewati 10 hari kedua dan 10 hari terakhir. Lantas apa saja keutamaan 10 hari pertama di bulan Ramadhan berikutnya ?

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan kedatangannya bagi setiap umat muslim. Sebab pada bulan yang penuh berkah ini, Allah SWT melipatgandakan pahala dan mengampuni dosa-dosa yang telah diperbuat oleh manusia.

Selain itu ketiga fase yang terdapat di bulan Ramadhan ini memberikan semangat baru bagi setiap umat muslin untuk melaksanakn amal ibadah dengan sebaik mungkin guna mengharapkan ampunan dan keridhoan dari Allah SWT. 

Salah satunya adalah fase pertama yaitu 10 hari pertama di bulan Ramadhan. Dalam sebuah hadits, fase pertama ini disebut dengan rahmat.

Bukan tanpa sebab, pasalnya pada 10 hari pertama bulan Ramadhan, merupakan saat dimana Allah SWT akan memberikan rahmat dan limpahan pahala dari berbagai amalan yang dilakukan selama berpuasa.  

Disamping itu, fase 10 hari pertama di bulan Ramadhan merupakan fase yang terberat dan tersulit dikarenakan merupakan fase peralihan dari kebiasaan pola makan yang normal menjadi harus menahan lapar dan haus hingga batas waktu yang ditentukan.

Pada fase peralihan ini, bukan hanya tubuh yang melakukan adaptasi.Tetapi sesungguhnya pikiran pun sedang berusaha melakukan adaptasi atau penyesuaian dengan penuh kesabaran dan keikhlasan untuk dapat melaksanakan ibdah puasa.

Oleh karena itulah pada 10 hari pertama Allah SWT memberikan keistimewaan kepada setiap hamba-Nya yang beriman dengan cara membukakan pintu rahmat yang sebesar-besarnya bagi setiap hamba-Nya yang telah sabar dan ikhlas dalam menunaikan puasa selama 10 hari pertama di bulan 

Dengan demikian sebagai umat muslim, jangan sampai kita melewatkan kesempatan mendapatkan rahmat dari Allah SWT di 10 hari pertama bulan Ramadhan hanya dengan berdiam diri tanpa melakukan aktifitas. 

Lantas bagaimanakah dengan keutamaan 10 hari kedua dan 10 hari terakhir di bulan Ramadhan ?

Setelah kita mampu melewati 10 hari pertama di bulan Ramadhan. maka selanjutnya kita akan memasuki fase selanjutnya yaitu fase kedua dan fase terakhir. 

Sebagaimana 10 hari pertama di bulan Ramadhan, maka 10 hari kedua dan 10 hari terakhir di bulan Ramadhan juga memiliki keutamaannya masing-masing. Dimana pada fase kedua, Allah SWT akan memberikan ampunan-Nya atas segala dosa-dosa yang telah diperbuatnya terkecuali dosa besar. 

Selain itu  pada fase yang terakhir, Allah SWT pun memberikan keutamaan berupa di bebaskannya seseorang dari api neraka dengan syarat ia tidak pernah sama sekali melakukan perbuatan dosa, atau terkecuali bagi mereka yang bertaubar dengan sebaik-baiknya.

Bahkan pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, terdapat satu malam yang lebih baik daripada 100 bulan. Sehingga saja yang berhasil mendapatkan malam tersebut, maka ia akan merasakan kebahagiaan yang luar biasa.

Demikianlah ulasan mengenai keutamaan 10 hari pertama dibulan Ramadhan.Dengan mengetahui hal ini kita seharusnya bisa memanfaatkan waktu di bulan Suci ini sebagai sebuah ladang ibadah dengan mengerjakan kebaikan sebanyak-banyaknya. 
Tag : Dunia Islam
0 Komentar untuk "Keutamaan 10 Hari Pertama di Bulan Ramadhan"

Back To Top