6 Makanan Ini Mampu Meminimalisir Resiko Kanker


Selain jantung, kanker merupakan salah satu penyakit yang dapat mengakibatkan kematian bagi para penderitanya. Bahkan di beberapa negara, kanker merupakan penyebab kematian teratas.

Disamping itu, tahukah kamu bahwa pilihan makanan untuk dikonsumsi dapat meningkatkan atau menurunkan resiko kanker secara besar-besaran ? Sebab asupan gizi yang buruk, dapat berkontribusi dalam meningkatkan kanker sebesar 30 persen.
6 Makanan Ini Mampu Meminimalisir Resiko Kanker

Lantas, jenis makanan seperti apa yang dapat meminimalisir resiko kanker ? Dikutip dari health.usnews.com, ternyata ada 6 makanan yang bisa meminimalisir resiko penyakit kanker. Sehingga bukan saja rasanya yang nikmat, namun juga baik bagi kesehatan. Bahkan diantaranya selalu kita gunakan sebagai pelengkap masakan.

1. Biji-bijian

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh harvard school of public health menunjukkan bahwa makanan-makanan tinggi serat dapat mengurangi resiko kanker payudara. Terlebih lagi makanan yang berupa biji-bijian, roti gandum, quinoa, dan oat dapat berfungsi untuk menjaga tubuh dari kanker payudara. Sebab serat-serat yang terdapat pada makanan tersebut dapat meminimalkan pertumbuhan sel-sel kanker payudara.

2. Tomat

Tomat merupakan bahan masakan yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun tahukah kamu bahwa ternyata zat lycopene yang terkandung dalam tomat merupakan antioksidan yang dapat membantu menghentikan kanker payudara sebelum muncul.

Bahkan british journal of nutrition study mengungkapkan bahwa beta-carotene dan vitamin c dalam tomat, dikaitkan dengan resiko yang lebih rendah dari kanker espohagus. Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari tomat, maka cobalah untuk memasaknya, sehingga lycopnene akan mudah terserap oleh tubuh dan dapat pula meminimalkan resiko kanker.

3. Brokoli

Berdasarkan penelitian dari molecular nutrition & food research, disebutkan bahwa brokoli dapat mengurangi risiko kanker prostat pada pria. Selain itu, para peneliti tersebut juga percaya bahwa brokoli dapat melawan pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

Disamping itu, kombinasi sayuran yang mengandung glucosinolates dan indoles dapat mengurangi resiko beberapa jenis kanker. Sebab zat-zat tersebut menghambat pro-karsinogenik (zat yang menyebabkan kanker) dan merangsang enzim yang anti-karsinogenik.

Dan untuk memberikan 'pukulan' ekstra pada kanker, maka cobalah untuk memadukan antara brokoli dan tomat. Sebab berdasarkan studi dari jhons hopkins school of medicine disebutkan bahwa, tomat dan brokoli yang dimakan bersamaan akan lebih baik dalam melawan tumor kanker dibandingkan bila dimakan terpisah.

4. Black raspberries

Berdasarkan penelitian dari the ohio state university, ditemukan bahwa antioksidan yang terdapat dalam black raspberries dapat melawan dan menghambat pertumbuhan kanker dan tumor di mulut. Bukan hanya itu, sebab black raspberries kaya akan vitamin c, serat, dan asam ellagic yang dapat membantu melindungi tubuh terhadap kanker.

5. Jamur
International journal of cancer study menyatakan bahwa mengkonsumsi sekitar dua cangkir jamur segar setiap hari dapat mengurangi resiko kanker payudara. Sebab jamur mengandung senyawa yang dapat mencegah tingkat estrogen yang tinggi.  Bahkan para peneliti mengatakan bahwa estrogen terlibat dalam pengembangan sel kanker payudara sebanyak 70 persen.

6. Salmon
International journal of cancer study juga menyatakan bahwa konsumsi ikan yang berlemak setidaknya sekali seminggu dapat mengurangi kanker prostat sebesar 57 persen. Sementara wanita yang mengkonsumsi omega-3 dan asam lemak dari ikan, dapat meminimalkan resiko kanker payudara.
0 Komentar untuk "6 Makanan Ini Mampu Meminimalisir Resiko Kanker"

Back To Top