Inilah Lima Jalan Pintas Menuju Surga


Surga di dalam Al-Qur'an digambarkan sebagai sebuah tempat yang sangat indah dan penuh dengan kenikmatan serta keistimewaan. Sehingga hal tersebut menjadikan banyak umat muslim berlomba-lomba agar bisa menjadi penghuni surga. 

Akan tetapi sesungguhnya ada lima jalan pintas yang bisa ditempuh oleh setiap orang yang mendambakan surga. Namun tidak sedikit orang yang tergelincir saat melaluinya. Oleh sebab itu diperlukan kesungguh-sungguhan dan kehati-hatian saat melalui jalan tersebut. 

Inilah Lima Jalan Pintas Menuju Surga

Penasaran apa saja kelima jalan pintas tersebut ? Yuk simak ulasannya berikut ini. 

1. Mencegah diri dari kemaksiatan
Jalan pertama yang bisa dilakukan oleh seorang hamba yang ingin menjadi penghuni surga adalah mencegah dirinya dari perbuatan maksiat. Meski terlihat sepele, namun dalam prakteknya hal ini sangatlah tidak mudah. Oleh sebab itulah dalam Al-Qur'an Allah SWT berfirman bahwa, 
“Dan menahan diri dari dorongan nafsu, maka sungguh surga tempat tinggalnya.” (QS. An-Naziat: 40-41)

2. Siap hidup sederhana
Jalan kedua yang bisa dilalui adalah siap hidup sederhana. Tidak bisa dipungkiri bahwa manusia memiliki kecendrungan untuk mudah tergiur oleh kesenangan sesaat dengan mengorbankan kebahagiaan abadi. Bahkan Rasulullah SAW pernah bersabda dalam sebuah hadits bahwa, 
"Aku berdiri di pintu surga, sebagian besar yang memasukinya adalah orang-orang miskin. Orang-orang kaya ditahan dulu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Selalu mengerjakan ketaatan kepada Allah SWT
Umat Islam merupakan umat yang dididik untuk taat kepada aturan. Sebagaimana disebutkan dalam surat Al-Maidah ayat 1 bahwa, 
"Sungguh Allah menetapkan hukum-hukum menurut yang dikehendaki-Nya”

Oleh sebab itu bagi mereka yang tunduk dan patuh kepada aturan-aturan Allah SWT maka surga diperuntukkan bagi mereka. Seperti yang disebutkan bahwa Allah SWT berfirman, 
“Dan itulah surga yang diwariskan kepadamu, karena amal yang dahulu kamu kerjakan” (QS Al-A’raf: 43) 

4. Mencintai orang-orang saleh
Jalan selanjutnya yang bisa ditempuh oleh seseorang yang mendambakan surga adalah mencintai orang-orang saleh. Salah satunya dengan cara berteman dengan orang-orang yang shaleh. Sebagaimana pesan Rasulullah SAW, “Jangan kamu bersahabat, kecuali dengan orang Mukmin dan jangan pula makan makananmu, kecuali orang yang bertakwa.” (HR.Tirmidzi)

5. Memperbanyak doa kepada Allah SWT
Selain merupakan jalan  untuk menuju surga, ternyata memperbanyak doa kepada Allah SWT merupakan salah satu amalan agar dapat menutup hidup dengan khusnul khotimah. Selain itu, memperbanyak doa merupakan salah satu wujud pengakuan bahwa manusia adalah makhluk yang lemah.

Bahkan dalam Al-qur'an disebutkan bahwa Allah SWT akan mengabulkan permohonan orang-orang uang berdoa. “Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia berdoa kepada-Ku. Maka hendaklah mereka memenuhi segala perintah-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 186)

Demikianlah ulasan mengenai lima jalan yang bisa ditempuh oleh setiap orang  yang ingin menjadi penghuni surga. Dengan mengetahui hal ini semoga kita dapat mengambil pelajaran dan bisa menjadi salah satu penghuni surga. 
Tag : Dunia Islam
0 Komentar untuk "Inilah Lima Jalan Pintas Menuju Surga "

Back To Top