Inilah 7 Bentuk Kenikmatan di Alam Kubur


Setiap manusia yang hidup pastinya akan mengalami kematian. Dengan begitu alam kubur akan menjadi tempat peristirahatan terakhir baginya sebelum dibangkitkan kembali di hari kiamat.

Disamping itu, akan ada nikmat atau siksa kubur yang akan diberikan kepadanya sebagai balasan awal atas segala perbuatannya semasa hidup. Sehingga apabila ia adalah seorang yang ingkar, maka Allah SWT akan memberikan siksaan yang pedih dialam kuburnya. Sementara bagi mereka yang taat kepada Allah Ta'ala, maka nikmat kubur akan diberikan kepadanya.

Inilah 7 Bentuk Kenikmatan di Alam Kubur

Namun, kenikmatan kubur tersebut juga beraneka ragam jenis dan variasinya. Tergantung tingkat keimanan dan amal shaleh yang dilakukannya. Lalu seperti apakah bentuk kenikmatan yang ada di alam kubur? Berikut ulasannya.

1. Dilapangkan kuburnya

Kenikmatan pertama yang akan didapatkan oleh seorang hamba yang taat adalah dilapangkan kuburnya. Bahkan dalam sebuah hadits disebutkan bahwa luas kuburnya itu adalah tujuh puluh hasta.Terlebih lagi apabila kuburannya tersebut dipenuhi oleh sesuatu yang berwarna hijau, maka semakin bertambahlah kenikmatannya. Sebab warna hijau melambangkan kesejukan dan kesegaran. 

"...Kemudian dilapangkanlah baginya kuburnya sejarak tujuh puluh hasta dan kuburnya dipenuhi oleh yang berwarna hijau sampai hari mereka dibangkitkan dari kubur (yaitu hari kiamat)." (HR. Ahmad, Abu Dawud, Al-Bukhari, dari Anas bin Malik ra)

2. Diberikan cahaya dalam kuburnya
Setelah dilapangkan kuburnya, maka juga akan diberikan cahaya untuk menerangi kuburnya dan mengusir kegelapan di alam kuburnya.

Sebagaimana disebutkan dalam riwayat hadits bahwa,
"....Kemudian dilapangkan baginya di dalam kuburnya sepanjang tujuh puluh hasta kali tujuh puluh hasta. Lalu diberi cahaya baginya di dalamnya....." (HR. At-Tirmidzy, dari Abu Hurairah ra)

3. Istirahat tidur hingga hari kebangkitan

Kemudian nikmat kubur selanjutnya adalah istirahat tidur bagi penghuninya hingga hari kebangkitan yaitu pada hari kiamat. Sebagaimana disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah ra bahwa, Rasulullah SAW bersabda,

"Dikatakan kepadanya, “Tidurlah engkau!”. Ia berkata, “Bolehkah aku kembali kepada keluargaku untuk mengkhabarkan mereka?”. Kedua malaikat itu menjawab, “Tidurlah engkau seperti tidurnya pengantin yang tiada yang dapat membangunkannya kecuali orang yang paling dicintainya diantara keluarganya”, sehingga Allah membangkitkannya dari pembaringannya itu." (HR. At-Tirmidzi)

4. Makan sebagian dari buah-buahan surga
Selanjutnya salah satu kenikmatan di alam barzah yang Allah SWT anugerahkan kepada hamba-Nya yang beriman adalah dihidangkan untuknya buah-buahan surga. Dimana setiap ruh-ruh mereka akan terbang melayang dari satu pohon ke pohon lainnya di dalam surga untuk memakan sebagian buah-buahan itu. 

"Dari Abdurrahman bin Ka’b al-Anshoriy bahwasanya ia mengkhabarkan bahwa ayahnya pernah bercerita, bahwasanya Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya ruh orang mukmin itu terbang melayang dan makan pada pohon-pohon surga sehingga ia kembali kepada jasadnya pada hari ia dibangkitkan." (HR. Ibnu Majah, Ahmad)

5. Memakai pakaian dari surga
Dan diantara kenikmatan di dalam kubur lainnya dalah sebagian penghuninya akan diberikan pakaian-pakaian surga. Sebagaimana yang Rasulullah SAW kabarkan dalam hadits Al-Bara,

“Maka gelarkanlah permadani dari surga, dandanilah ia dengan pakaian dari surga. Bukakanlah baginya sebuah pintu ke surga, maka sampailah padanya wangi dan keindahannya. Dilapangkan kuburnya sejauh mata memandang, kemudian datang kepadanya seorang yang tampan wajahnya, bagus pakaiannya dan wangi baunya..“ (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

6. Ditemani amal shalehnya dan melihat tempat tinggalnya di surga

Sebagaimana diceritakan tentang keadaan orang mukmin yang telah berhasil menjawab pertanyaan malaikat Munkar Nakir maka mereka akan ditemani oleh amalnya yang shalih dan melihat apa yang disediakan di dalam surga untuknya.

“Lalu dibukakan untuknya satu celah ke arah surga maka ia melihat hiasan dan segala isinya. Dikatakan kepadanya, “Inilah tempatmu, di atas keyakinan ini engkau dahulu berada, di atasnya pula engkau mati dan di atasnya pulalah engkau akan dibangkitkan In syaa Allah”. (HR. Ibnu Majah, Ahmad)

7. Ruhnya dikumpulkan bersama arwah orang mukmin.

Selain kenikmatan yang telah disebutkan, ada satu lagi kenikmatan yang tidak kalah nikmatnya yaitu berkupul dengan arwah orang-orang shaleh.

“Dari hasan dia berkata, telah bersabda Rasulullah Saw., “Apabila seorang hamba mukmin meninggal dunia, maka ruhnya bertemu dengan ruh-ruh orang yang beriman.” (HR. Hakim)
0 Komentar untuk "Inilah 7 Bentuk Kenikmatan di Alam Kubur"

Back To Top