9 Manfaat Cacing Tanah Bagi Kesehatan Manusia


Bagi sebagian orang, cacing tanah merupakan salah satu hewan yang sangat menjijikkan. Namun tahukah kamu bahwa ternyata dibalik tubuhnya yang panjang dan berlendir itu tersimpan banyak manfaat terutama untuk kesehatan manusia. 

Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti sekitar 50 tahun yang lalu, dimana ditemukan hasil bahwa cairan selom cacing tanah mengandung lebih dari 40 jenis protein dan kandungan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

9 Manfaat Cacing Tanah Bagi Kesehatan Manusia

Umumnya cacing tanah dikenal sebagai pembalik tanah, menyuburkan tanah, makanan burung dan sebagai umpan untuk memancing. Namun saat ini cacing tanah sudah mulai dibudidayakan untuk digunakan sebagai suplemen obat dan kecantikan.  Lantas, apa saja manfaat cacing tanah untuk kesehatan manusia ? berikut ringkasannya.  

1. Obat tifus
Manfaat pertama cacing tanah bagi kesehatan manusia adalah untuk mengobati tifus. Dimana cacing tanah yang telah dibersikan dapat menghambat pertumbuhan bakteri salmonella yang biasanya mengganggu pencernaan manusia. 

Oleh sebab itu, bagi penderita tifus dapat mengkonsumsi cacing tanah rebus atau kapsul cacing bubuk dengan madu. Tidak perlu khawatir, sesab penggunaan cacing tanah sebagai obat penyakit tifus telah diakui oleh para ahli farmakologi dan sudah cukup banyak orang yang mencoba dan terbukti manjur. 

2. Obat diare
Selain bermanfaat sebagai obat tifus, cacing tanah juga bermanfaat sebagai oabt diare. Hal ini disebabkan karena cacing tanah merupakan antibakteri terhadap bakteri Escherichia coli dan Shigella penyebab diare. 

3. Melancarkan sirkulasi darah
Cacing tanah juga sering digunakan untuk pengobatan pasien dengan hiperttensi dan stroke. Hal ini dikarenakan cacing tanah mengandung enzim yang dapat menghancurkan lemak jahat dipembuluh darah, sehingga sirkulasi darah bisa menjadi lebih lancar dan normal. 

4. Melancarkan pencernaan
Cacing tanah memiliki kandungan enzim, katalase dan selulosa yang sangat dibutuhkan dalam metabolisme tubuh. Sehingga secara tidak langsung cacing atanah dapat membuat pencernaan menjadi lebih halus, sehat dan lancar. 

5. Antipiretik
Ternyata penggunaan cacing tanah untuk mengurangi panas lebih baik bila dibandingkan dengan bahan kimia seperti parasetamol yang meninggalkan efek samping. Hal ini bahkan telah dibuktikan pada penelitian yang dilakukan di laboratorium IPB.

6. Memberikan efek yang menenangkan
Hal ini disebabkan karena cacing tanah mengandung Pheretima yang dapat mempengaruhi sistem saraf. Dimana Pheretima akan membawa efek tenang, menghentikan kejang dan mengurangi rasa sakit sehingga sangat baik digunakan untuk sakit gigi, kepala dan rematik.

7. Meningkatkan energi
Selain mengandung Pheretima, cacing tanah juga mengandung taurin yang dapat meningkatkan metabolisme lemak yang kemudian akan diubah menjadi energi. Dimana efek ini sangat bermanfaat bagi wanita yang sedang menjalani diet. 

8. Menjaga kesehatan kulit
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa cacing tanah bermanfaat untuk kecantikan. sebab cacing tanah mengandung alfa-tokoferol yang dapat mempertahankan elastisitas kulit dan kemudaan. Oleh sebab itu banyak perusahaan kosmetik yang menggunakan cacing tanah sebagai bahan bakunya. 

9. Menyembuhkan luka
Cacing tanah juga mengandung unsur asam arakodinat yang bisa mempercepat pertumbuhan sel-sel baru. Sehingga sangat baik digunakan sebagai obat luka pada kulit. 

Cara pengolahan cacing tanah

Sebelum dikonsumsi, maka cacing tanah harus diolah dengan cara yang benar. Dimana awalnya cacing tanah dibelah bagian perutnya dan keluarkan tanah atau kotoran dari perutnya tersebut. Kemudian cuci hingga bersih dan selanjutnya direbus. Dan air rebusan cacing tanag ini juga dapat digunakan sebagai obat tradisional.  Akan tetapi, saat ini juga telah tersedia obat dari cacing tanah dalam bentuk kapsul Sehingga tidak perlu repot-repot dalam memprosesnya. 

Namun bagi kamu yang ingin mengolah sendiri, harus benar-benar bersih ya agar tidak ada infeksi bakteri yang ada dalam tubuh cacing dan agar dapat menyembuhkan penyakit dalam tubuh dengan sempurna. 
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "9 Manfaat Cacing Tanah Bagi Kesehatan Manusia"

Back To Top