Mengerikan, Hewan Ini Ternyata Hidup di Wajah Manusia


Tungau merupakan salah satu hewan avertebrata yang mampu hidup serta beradaptasi di berbagai keadaan. Tungau memiliki ukurannya yang sangat kecil, sehingga keberadaannya kurang disadari oleh manusia. Selain itu, hewan mikroba ini pun dapat berkembangbiak dengan sangat cepat.

Namun tahukah kamu bahwa tungau dapat hidup dan berkembang biak pada wajah manusia? Hal ini dikarenakan wajah merupakan tempat yang nyaman bagi spesies yang sangat kecil ini. Terlebih lagi bagi kamu yang jarang membersihkan wajah.

Mengerikan, Hewan Ini Ternyata Hidup di Wajah Manusia

Sebuah fakta mengungkapkan bahwa tungau yang hidup di kulit wajah manusia mencapai sekitar 65 spesies. Lantas, bagian wajah mana sajakah yang disukai tungau untuk berkembang biak ? Berikut penjelasannya.

1. Kulit

Tahukah kamu bahwa tungau sangat menyukai serpihan kulit mati. Sehingga tidak mengherankan bila mereka sangat suka tinggal di kulit manusia. Oleh sebab itu, agar mereka tidak betah hidup di kulit kita, maka sebaiknya rajinlah membersihkan diri agar kulit mati bisa terangkat.

2. Alis
Salah satu bagian wajah manusia yang disukai tungai sebagai tempat tinggal adalah di sekitar alis atau dahi. Mengapa ? Hal ini disebabkan dahi orang dewasa mengandung banyak minyak terutama pada bagian alis.

Tungau memang sangat suka hidup di pori-pori, karena banyak mengandung minyak. Oleh sebab itulah tungau sangat suka tinggal di alis manusia, karena alis memiliki pori-pori yang cukup besar dengan minyak yang sangat banyak.

3. Bulu Mata
Selain alis, tungau sangat suka hidup pada bulu mata manusia. Sebab bagian bulu mata merupakan tempat yang hangat dan lembab. Oleh sebab itu, berhati-hatilah bagi kamu yang kurang memperhatikan kesehatan bulu mata. Karena tungau sangat suka bersarang disana. Bahkan mereka dapat berkembang biak dengan cepat pada tempat yang hangat dan lembab.

4. Bagian Wajah Dekat Hidung
Pernahkah kamu merasa gatal pada bagian wajah tertentu ? Berhati-hatilah, bisa saja hal itu dikarenakan tungau yang bersarang pada wajah mu.

Seperti yang telah disebutkan, bahwa tungau sangat suka hidup di pori-pori yang mengandung banyak minyak. Dan hidung merupakan salah satu bagian wajah yang memiliki banyak kandungan minyak. Sehingga tidak mengherankan bila tungau sangat suka hidup di sana.
Namun, hal ini harus diperhatikan. Sebab bila dibiarkan, maka kulit wajah bisa menjadi iritasi apabila tungau terus menerus hidup dan bersarang disana.

5. Kulit Kepala
Perlu diketahui bahwa seorang peneliti mengungkapkan bahwa tungau yang hidup di folikel rambut ini bisa menari di ujung jarum dengan jumlah mencapai satu lusin.

Meskipun kamu telah mencuci rambut, sehingga tidak ada lagi kotoran di kulit kepala. Namun jangan pernah mengira bahwa tungau sudah tidak bersarang disana. Terutama bagi kamu yang keramas asal-asalan.

Sehingga, meski telah keramas namun tia-tiba kulit kepala terasa gatal maka bisa saja ini dikarenakan iritasi akibat aktivitas tungau yang bersarang di kulit kepala.

Demikianlah beberapa bagian wajah yang menjadi tempat tinggal tungau. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk rajin membersihkan wajah, agar tungau tidak bisa hidup dan bersarang disana. Selain itu, sebaiknya gantilah minimal sebulan sekali sarung bantal dan alas kasur. Sebab, tungau juga sangat suka tinggal disana.
0 Komentar untuk "Mengerikan, Hewan Ini Ternyata Hidup di Wajah Manusia"

Back To Top