Inilah 4 Perkara Yang Dipertanyakan di Padang Mahsyar


Kehidupan dunia ini hanyalah sementara, sedangkan kehidupan kekal akan kita kita jalani saat di akhirat kelak. Kiamat merupakan suatu peristiwa yang pasti terjadi dan tidak bisa dielakkan oleh siapapun. Selain itu, kiamat juga merupakan rukun iman kelima yang wajib diimani oleh setiap umat Islam. 

Setelah hari kiamat, umat manusia akan dibangkitkan untuk dimintai pertanggung jawabannya atas segala hal yang telah dilakukannya semasa hidup di dunia. Sehingga harta, kedudukan, anak tidak lagi bermanfaat dan tidak pula bisa menyelamatkannya dari siksa neraka. Sebab satu-satunya bekal yang dibawa oleh seorang manusia hanyalah amal ibadahnya.

Inilah 4 Perkara Yang Dipertanyakan di Padang Mahsyar

Disebutkan bahwa ada empat perkara yang dipertanyakan kepada setiap manusia di padang Mahsyar. Dimana keempat perkara tersebut mewakili setiap kenikmatan yang Allah SWT berikan kepada manusia semasa hidup di dunia. Lantas apa sajakah keempat pertanyaan tersebut? berikut ulasannya.

Dalam sebuah riwayat hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, 
“Tidaklah bergeser kedua kaki seorang hamba (menuju batas shiratul mustaqim) sehingga ia ditanya tentang umurnya untuk apa ia habiskan, ilmunya untuk apa ia amalkan , hartanya dari mana ia peroleh dan kemana ia habiskan dan badannya untuk apa ia gunakan”(Hadits Shahih Riwayat At Tirmidzi dan Ad Darimi)

1. Umur
Hal pertama yang akan ditanyakan di padang Mahsyar adalah umur. Saat berbicara tentang umur, maka berarti kita berbicara tentang waktu yang Allah berikan saat hidup di dunia. Bahkan di dalam Al-Qur’an, Allah telah bersumpah dengan waktu “Demi masa” yang dimaksudkan agar umat manusia lebih memperhatikan waktu.

Sehingga di padang Mahsyar kelak, setiap manusia akan ditanya dipergunakan untuk apa saja waktu yang dimilikinya ? apakah untuk beribadah, atau untuk melakukan hal yang sia-sia ?

Dengan demikian, sebagai seorang muslim sudah sepatutnya bila kita mengisi waktu yang tersisa dengan amalan-amalan baik yang diperintahkan Allah SWT. Sehingga bisa terhindar dari panasnya api neraka.

2. Ilmu
Hal kedua yang akan ditanyakan di padang Mahsyar adalah ilmu. Dimana hal inilah yang membedakan antara seorang muslim dengan kafir, yaitu ilmu dan amal. Selain itu, seorang muslim juga diperintahkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya agar menuntut ilmu. Bahkan, dalam Allah SWT berfirman, 
“Apakah sama orang yang tahu (berilmu) dengan yang tidak berilmu?” (QS. Az Zumar:9)

Dengan demikian menuntut ilmu, terutama ilmu agama hukumnya wajib bagi semua umat muslim. Sehingga ia dapat terhindar dari amalan yang sia-sia dan tidak bermanfaat. Serta terhindar pula dari kelatahan untuk mengikuti seseorang yang belum tentu benar.

Sebagaimana firman Allah SWT bahwa, 
"Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati semuanya itu akan diminta pertanggung jawabannya". (QS. Al Isra’:36)

3. Harta
Hal berikutnya yang akan ditanyakan di padang Mahsyar adalah harta yang dimiliki. Setiap harta yang dimiliki oleh manusia pada hakikatnya adalah milik Allah SWT. sebab harta merupakan amanat Allah yang dilimpahkan kepada umat manusia agar ia dapat mencarinya dengan cara yang halal dan digunakan pada tempatnya. 

Dengan demikian, saat di padang Mahsyar setiap manusia akan dimintai pertanggung jawabannya atas segala harta yang dimilikinya. Apakah digunakan untuk jalan kebaikan atau justru untuk melanggar larangan Allah SWT.

4. Badan
Hal terakhir yang akan ditanyakan di padang Mahsyar adalah badan atau anggota tubuh. Manusia adalah makhluk paling sempurna yang di ciptakan Allah SWT di muka bumi ini. Sehingga dengan kesempurnaan susunan tubuh serta akal fikiran, maka manusia dijadikan sebagai khalifah di bumi. 

Oleh sebab itu manusia dibebani taklif agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik sebagai seorang hamba Allah. Sehingga di padang Mahsyar nanti, setiap anggota tubuh manusia akan diminta pertanggung jawabannya. 

Demikianlah ulasan mengenai empat perkara yang dipertanyakan di padang mahsyar. Dimana pada saat itu setiap manusia akan dimintai pertanggung-jawabannya atas segala perbuatan selama hidupnya di dunia. Oleh sebab itu, sudah siapkah kita menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut ? jika belum, marilah kita perbaiki diri sedari kini. 

1 Komentar untuk "Inilah 4 Perkara Yang Dipertanyakan di Padang Mahsyar"

siap siaplah dengan amal dan ilmu yang benar sesuai syariat

Back To Top