Inilah yang Harus Dilakukan Saat Menempati Rumah Baru


Memiliki rumah baru tentunya menjadi impian bagi semua orang, terlebih lagi apabila bisa mendesai n model rumah sesuai yang diinginkan. Selain itu, memliki rumah baru dengan hasil jerih payah sendiri merupakan sebuah kebanggan yang tidak terkira rasanya.

Biasanya setelah rumah siap dihuni, kebanyakan orang menjadi tidak sabar untuk segera menempatinya. Namun, tahukah kamu bahwa terdapat beberapa anjuran di dalam Islam yang harus dilakukan saat menempati rumah baru?  Apa sajakah  itu ? Berikut ulasannya.

Inilah yang Harus Dilakukan Saat Menempati Rumah Baru

1. Bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat yang diberikan

Rumah baru  merupakan salah satu nikmat yang diberikan Allah SWT. Sehingga hendaknya seseorang yang memiliki rumah baru merasa bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat yang diberikan-nya. Selain itu, apabila kita mau bersyukur bukankah Allah berjanji akan menambahkan nikmat yang kita peroleh.

Sebagaimana firman-nya,
“Ingatlah ketika tuhanmu mengumumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-ku), maka sesungguhnya azab-ku sangat pedih.” (qs. Ibrahim: 7)

2. Syukuran rumah baru
Sebagai salah satu bentuk syukur, maka kita dianjurkan untuk membuat syukuran atas rumah baru yang kita tempati. Walimahan seperti ini sering diistilahkan dengan al-wakirah. Bahkan imam syafii pun menganjurkan agar membuat al-wakirah saat menempati rumah baru.

“Diantara bentuk walimah adalah al-wakirah. Saya tidak memberi kelonggoran untuk meninggalkannya.” (al-mausu’ah al-fiqhiyah al-kuwaitiyah, 8/207).

3. Memasuki rumah baru dengan membaca Masyaa-Allah, Laa Quwwata Illaa Billaah
Setiap orang yang memasuki rumah baru hendaknya membaca
Masyaa-Allah, Laa Quwwata Illaa Billaah

Sebagaimana firman allah swt bahwa,
“Mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu “Maasyaallaah, Laa Quwwata Illaa Billaah (sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Sekiranya kamu anggap aku lebih sedikit darimu dalam hal harta dan keturunan.” (qs. Al-kahfi: 39).

Selain itu, dalam sebuah riwayat dari Anas bin Malik ra, disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Jika Allah memberi kepada seorang hamba nikmat kebaikan terhadap keluarga, harta, atau anak, kemudian dia membaca: “Masyaa-Allah, Laa Quwwata Illaa Billaah” maka dia tidak akan melihat adanya cacat dalam nikmat selain kematian. (hr. At-thabrani dalam al-ausath 6/126, dishahihkan ibnul qoyim dalam syifa al-alil 1/182, dan didhaifkan al-albani dalam ad-dhaifah).

Meskipun tidak ada doa khusus atau bacaan khusus saat menempati rumah baru, namun  Rasulullah SAW menganjurkan umatnya agar banyak beribadah dan beramal di dalam rumah. Akan tetapi hal ini juga berlaku pada semua rumah, dan bukan hanya rumah baru. Dan diantar bentuk ibadah yang dianjurkan oleh rasulullah saw adalah,

1. Membaca al-qur’an dan melakukan ibadah-ibadah lainnya
Rasulullah SAW menganjurkan umatnya agar senantiasa membaca al-qur’an di dalam rumah, selain itu beliau juga menganjurkan untuk melakukan ibadah lainnya seperti shalat,berkumpul bersama keluarga. Hal ini dimaksudkan agar rumah tersebut tidak tampak seperti kuburan. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,

“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat al-baqarah di dalamnya.” (HR. Muslim 780, At-turmudzi 2877)

2. Membaca doa saat masuk kerumah
Selain mengucapkan salam, salah satu hal kecil yang perlu dibiasakan adalah membaca doa atau dzikir saat masuk ke dalam rumah. Meskipun terlihat remeh, namun ternyata hal tersebut memiliki hasil yang luar biasa.

Dalam sebuah riwayat dari Jabir bin Abdillah ra, Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila ada orang yang masuk rumah, kemudian dia mengingat Allah ketika masuk, dan ketika makan, maka setan akan mengatakan (kepada temannya): ‘tidak ada tempat menginap dan tidak ada makan malam.’ tapi apabila dia tidak mengingat Allah (bismillah dan jangan lupa ucapkan salam) ketika masuk, maka setan mengatakan: ‘kalian mendapatkan tempat menginap’.” (HR. Muslim 2018, Abu Daud 3765 dan yang lainnya)

3. Baca basmallah saat menutup pintu
Saat menutup pintu, hendaknya kita membaca basmallah. Sebagaimana Rasulullah menganjurkan hal tersebut,

“Tutuplah pintu, dan sebutlah nama Allah. Karena setan tidak akan membuka pintu yang tertutup (yang disebut nama Allah).” (HR. Bukhari 3304, Muslim 2012 dan yang lainnya)

4. Berdoa saat keluar rumah
Rasulullah juga menganjurkan umatnya untuk berdoa saat keluar rumah. Dan salah satu doa yang bisa dibaca adalah,

Bismillahi Tawakkaltu ‘Alallaah, Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah
Yang berarti, dengan nama Allah aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.
1 Komentar untuk "Inilah yang Harus Dilakukan Saat Menempati Rumah Baru"

Bersyukur itu harus teman. Semoga rumah barunya membawa keberuntungan.
Terimakasih masukannya
menang BERSAMA
Hidup Adalah Perjuangan

Back To Top