Inilah 3 Amalan yang Paling Allah SWT Cintai


Menjadi seorang hamba yang dicintai oleh Allah SWT tentunya merupakan sebuah karunia yang sangat berharga dan didambakan oleh semua orang.  Namun sayangnya untuk mendapatkan keistimewaan ini tidaklah mudah.  

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa salah satu diantara orang-orang yang paling dicintai Allah Ta’ala adalah para sahabat Rasulullah SAW. Hal ini disebabkan keimanan mereka yang begitu luar biasa dalam beribadah dan membantu Rasulullah dalam berdakwah menyebarkan ajaran agama Islam. 

Inilah 3 Amalan yang Paling Allah SWT Cintai

Akan tetapi, kita tidak perlu berkecil hati karena ternyata ada beberapa amalan-amalan yang dicintai Allah SWT. Sehingga para pelaku amalan tersebut mendapatkan keistimewaan yaitu dicintai pula oleh Allah Ta’ala. Ada banyak amalan-amalan yang Allah cintai, namun diantaranya terdapat tiga amalan yang paling Allah cintai. Lantas apa sajakah itu ? Berikut ulasannya. 

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud ra bahwa, 

“Saya bertanya kepada Nabi, ‘Apakah amal yang paling dicintai oleh Allah?’ (Dalam satu riwayat: yang lebih utama) Beliau bersabda, ‘Shalat pada waktunya’ Saya bertanya, ‘Kemudian apa lagi?’ Beliau bersabda, ‘Berbakti kepada kedua orang tua.’ Saya bertanya, ‘Kemudian apa lagi’? Beliau bersabda, ‘Jihad (berjuang) di jalan Allah.”‘ Ia berkata, “Beliau menceritakan kepadaku. (Dalam satu riwayat: “Saya berdiam diri dari Rasulullah.”) Seandainya saya meminta tambah, niscaya beliau menambahkannya.” (H.R. Bukhari, hadits Shahih dan terdapat di dalam Shahih Bukhari)

1. Berbakti kepada orang tua
Amalan pertama yang paling Allah cintai adalah berbakti kepada kedua orang tua. Sebuah pepatah mengatakan bahwa surge berada di telapak kaki ibu. Bahkan Islam pun menyatakan bahwa ridho orang tua adalah ridho Allah. Sedemikian tingginya kedudukan orang tua dimata Allah SWT. Sehingga sudah menjadi keharusan bagi setiap manusia untuk berbakti kepada kedua orang tuanya. 

Akan tetapi, berbakti kepada orang tua hanya berlaku untuk amal shaleh. Sebab ketika orang tua memerintahkan melakukan suatu hal yang buruk dan bertentangan dengan agama , maka seorang anak harus menolaknya dan mengingatkan dengan cara yang baik.  

2. Shalat tepat waktu
Shalat merupakan tiang agama. Sehingga siapa saja yang mendirikan shalat, maka berarti ia mengokohkan agama. Dan sebaliknya, siapa saja yang meninggalkan shalat maka ia merobohkan agama. Selain itu, shalat merupakan salah satu sarana untuk mengingat Allah SWT. Dengan shalat sesorang dapat berkomunikai dengan Sang Maha Pencipta. Oleh sebab itulah, shalat disebut sebagai mi’raj nya orang beriman. 

Disamping itu, shalat merupakan kewajiban pertama yang harus dilaksanakan oleh seorang muslim. Sehingga melaksanakan shalat tepat waktu merupakan amalan yang paling dicintai Allah Ta’ala. Oleh sebab itu, ketika adzan berkumandang, maka bersegeralah untuk melaksanakan shalat.

3. Jihad di jalan Allah 
Amalan terakhir yang juga paling dicintai Allah SWT adalah berjihad di jalan-Nya. Disamping itu, jihad merupakan kunci kemenangan Islam. 

Banyak orang beranggapan bahwa jihad harus dengan mengangkat senjata, padahal anggapan tersebut salah. Sebab jihad bisa dilakukan pada banyak bidang, misalnya jihad politik, jihad terhadap nafsu, jihad menghidupi keluarga dan sebagainya. 

Demikianlah ulasan mengenai 3 amalan yang paling Allah SWT cintai. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang bisa menjaga dirinya dalam melakukan amalan-amalan ini. Selain itu, dengan mengetahui hal ini, maka sudah sepantasnya bila kita menginstropeksi diri. Semoga bermanfaat. 


3 Komentar untuk "Inilah 3 Amalan yang Paling Allah SWT Cintai"

thanks infonya...

Nah jihad yg ke 3 tsb. masih banyak multi tafsir,Bagi mereka yg merasa yh paling 'Islami dan keras'.Jihad di jalan Allah yalni memerangi orang kafir baik secara phisik dan non phisik...!

Back To Top