6 Tips Bertengkar yang Islami Bagi Pasangan Suami Istri


Bertengkar merupakan fenomena yang sulit dihindari dalam kehidupan rumah tangga. Pasalnya diantara suami istri pasti pernah terjadi perbedaan pendapat yang berujung kepada pertengkaran. 

Bertengkar sebenarnya merupakan sebuah diskusi, hanya saja ditampilkan dalam muatan emosi tingkat tinggi. Dan apabila tahu etikanya, maka dalam bertengkarpun kita bisa mereguk hikmah. Begitu pula sebaliknya, bila kita tidak mengerti etikanya, maka bisa berakibat fatal. 

6 Tips Bertengkar yang Islami Bagi Pasangan Suami Istri

Oleh sebab itu ada 6 tips yang bisa dicoba saat Anda dan pasangan sedang mengalami perbedaan pendapat. Sehingga apabila dilakukan dengan baik, hubungan yang sedikit renggang bisa disatukan kembali dan bahkan lebih erat dari sebelumnya. Dan inilah 6 tips bertengkar yang Islami bagi pasangan suami istri :

1. Kalau bertengkar tidak boleh berjamaah
Tips pertama bertengkar yang Islami bagi pasutri adalah kalau bertengkar tidak boleh bersama-sama. Sehingga diantara keduanya harus ada salah satu yang mengalah. Sehingga apabila pasangan Anda sedang dalam emosi tingkat tinggi, maka Anda harus berusaha untuk mengalah. 

Cobalah dengarkan apa yang diutarakannya. Sebab bisa jadi apa yang diutarakannya adalah untuk kebaikan bersama. Pokoknya khusus untuk masalah emosi, memang tidak harus berjamaah sebab ada sesuatu yang lebih baik untuk dilakukan secara berjamaah selain marah.

2. Marahlah untuk persoalan itu saja
Tips kedua adalah cobalah untuk marah terhadap persoalan itu saja, jangan sampai kemana-mana. Terlebih lagi jangan sampai mengungkit cerita masa lalu. Siapapun orangnya tentu tidak akan suka jika kesalahan masa lalunya diungkit. Sebab kehidupan dijalani untuk masa depan bukan masa lalu.

Selain itu pertengkaran diantara orang yang masih mempunyai harapan, hanyalah sebuah foreplay. Sementara pertengkaran dua hati yang patah dapat menghancurkan peradaban cinta yang telah sedemikian mahal dibangunnya.

3. Kalau marah jangan bawa-bawa keluarga
Saat sedang bertengkar, cobalah untuk tidak membawa-bawa keluarga. Terlebih lagi apabila sampai memusuhi keluarga pasangan. Selain itu, cobalah untuk tidak melibatkan keluarga besar. Berusahalah sebisa mungkin permasalahan yang dialami diselesaikan bersama hanya diantara pasangan suami istri.

4. Kalau marah jangan di depan anak-anak
Anak merupakan buah cinta kasih diantara pasangan suami istri, dan bukanlah kemarahan dan kebencian. Oleh sebab itulah saat bertengkar, berusahalah untuk tidak di depan anak-anak.  Sebab hal tersebut dapat memicu trauma di dalam hati mereka.

5. Kalau marah jangan lebih dari satu waktu shalat
Berusahalah saat bertengkar dengan pasangan tidak melebihi satu waktu shalat. Misalnya ketika Anda marah setelah subuh, namun jangan lewat waktu dzuhur, atau dari maghrib sebatas isya. Sebab hubungan suami istri yang semulanya hangat, bisa menjadi dingin apabila berlama-lama bertengkar. 

6. Kalau saling mencintai, kita harus saling memaafkan
Ingatlah bahwa semula Anda membangun rumah tangga berdasarkan cinta dan kasih sayang. Sehingga jadikanlah pertengkaran sebagai sebuah proses belajar untuk mencintai lebih intens. Sebab ternyata masih ada cinta di dalam hati meski sebelumnya ada perasaan kesal dan amarah.

Demikianlah ulasan mengenai 6 tips bertengkar yang Islami bagi pasangan suami istri. Bahkan didalam Islam sendiri, Allah SWT memberikan keistimewaan yang sangat luar biasa bagi hambaNya yang mampu menahan amarah. Sehingga daripada berlama-lama bertengkar dan marah-marah, bukanlah lebih baik bila bersama-sama meraih ridho Allah SWT. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar untuk "6 Tips Bertengkar yang Islami Bagi Pasangan Suami Istri"

Back To Top