Empat Janji Allah SWT dalam Al-Qur'an


Ketika seorang manusia berjanji, maka ia berkewajiban untuk memenuhi janjinya tersebut. Sebab janji termasuk dalam bagian hutang, sehingga harus dilunasi agar terhindar dari murka Allah SWT. 

Janji merupakan perkara ringan untuk diucapkan namun berat untuk ditunaikan. Padahal ada banyak keutamaan yang diberikan Allah SWT bagi setiap hamba-Nya yang memenuhi janji. Diantaranya mendapatkan surga firdaus, terbebas dari sifat munafik dan selamat dari kecaman banyak orang.

Empat Janji Allah SWT dalam Al-Qur'an

Namun bagaimana bila Allah SWT yang berjanji ? Tentunya tidak ada keraguan lagi bahwa hal tersebut pasti dipenuhi. Selain itu janji yang Allah SWT berikan ini merupakan sebuah keistimewaan yang akan diperoleh bagi setiap hamba yang beriman.  Dan inilah empat janji Allah SWT dalam Al-Qur'an. 

1. Surat Ibrahim ayat 7
Dalam surat Ibrahim ayat 7, Allah SWT berfiman, "Jika kalian bersyukur maka akan Aku tambahkan (ni'mat-Ku) untuk kalian."

Dari ayat diatas diketahui bahwa Allah SWT berjanji akan menambahkan nikmat-Nya bagi setiap hamba-Nya yang bersyukur. Oleh sebab itu, sebagai seorang hamba maka sudah seharusnya kita selalu bersyukur atas setiap nikmat yang telah Allah Ta'ala berikan. Sebab jika kita bersyukur, maka Allah pun akan menambahkan setiap nikmat yang kita miliki. 

2. Surat Al-Baqarah ayat 152
Kemudian dalam surat Al-Baqarah ayat 152, Allah SWT berfirman, "Ingatlah kepada-KU niscaya AKu ingat kepada kalian."

Pada ayat ini Allah SWT memerintahkan untuk selalu mengingatNya, dengan demikian Allah pun akan selalu ingat dengan hamba-Nya  tersebut. Bukankah merupakan sebuah keistimewaan apabila sebagai seorang hamba biasa kita selalu diingat oleh Allah SWT, sang Maha Pencipta.

3. Surat Ghafir ayat 60
Selanjutnya dalam surat Ghafir ayat 60, Allah SWT berfirman, "Berdo'alah kepada-Ku pasti Aku kabulkan untuk kalian."

Dari ayat ini dijelaskan bahwa apabila seorang hamba berdoa kepada Allah SWT, maka Ia akan mengabulkan setiap doa yang diucapkan. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang salah beranggapan dalam hal ini. 

Dimana dalam setiap doa ada yang langsung dikabulkan oleh Allah SWT, dan ada pula yang harus menunggu lama bahkan ada yang tidak dikabulkan. Akan tetapi, bagi mereka yang doanya tidak dikabulkan jangan berkecil hati. Sebab Allah SWT pasti menyiapkan sesuatu yang jauh lebih baik dari doa yang diminta. Sebab Dialah yang Maha Mengetahui apa-apa yang terbaik bagi hamba-Nya. 

Oleh sebab itulah kita dianjurkan untuk selalu berdoa kepada Allah SWT, sebab berdoa merupakan salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta.

4. Surat Al-Anfal ayat 33
Kemudian yang terakhir dalam surat Al-Anfal ayat 33, Allah SWT berfirman bahwa,
"Tidaklah Allah mengadzab mereka, selama mereka memohon ampun (beristighfar kepada Allah)."

Dalam surat ini Allah SWT berjanji bahwa Ia tidak akan mengazab setiap hambaNya yang selalu memohon ampun kepadaNya. Sehingga bagi mereka yang lidahnya selalu basah dengan kalimat-kalimat istighfar dan ucapan memohon ampun kepada Allah SWT, maka kelak di akhirat Allah Ta'ala tidak akan mengazabnya.

Demikianlah ulasan mengenai empat janji Allah SWT di dalam Al-Qur'an bagi setiap hamba-hambaNya. Tentunya tidak ada keraguan atas setiap janji yang Allah Ta'ala berikan. Oleh sebab itu, sebagai seorang hamba yang beriman sudah seharusnya kita memberikan yang terbaik kepada Allah SWT. Dengan begitu, kita akan mendapatkan keistimewaan seperti yang telah Allah Ta'ala janjikan bagi setiap hambaNya. Semoga bermanfaat. 

Tag : Dunia Islam
4 Komentar untuk "Empat Janji Allah SWT dalam Al-Qur'an"

sube'hanallooh walhamdulillah walaa ilaaha illalloohu walloohu akbar walaa haulaa walaa quwwataa illaa billaah.

Back To Top