Inilah 3 Balita Ajaib Penghafal Al-Qur'an


Al-Qur'an merupakan pedoman dan petunjuk bagi setiap umat Muslim diseluruh penjuru dunia. Selain itu Al-Qur'an juga merupakan satu-satunya kitab suci yang dinukilkan secara mutawatir dengan cara dihafal dan ditulis. 

Akan tetapi, tidak sedikit umat muslim yang bisa menghafal Al-Qur'an hingga 30 juz. Padahal Allah SWT telah menjamin bahwa Al-Qur'an merupakan Kalam Suci-Nya yang mudah dihafal dan dipelajari.

Inilah 3 Balita Penghafal Al-Qur'an

Hal ini bahkan telah dibuktikan oleh ketiga balita ini. Dimana mereka mampu menyelesaikan hafalan Al-Qur'an sebanyak 30 juz pada usia 4,5 tahun. Bahkan ketiga mulai menghafal Al-Qur'an pada saat berusia 3 tahun. Lantas, siapa saja ketiga balita istimewa dan ajaib tersebut ? Dan bagaimana cara mereka menghafal Al-Qur'an ? Berikut ulasan selengkapnya. 

1. Tabarak
Saat berumur tiga tahun, kedua orang tuanya menyadari bahwa sang anak memiliki kemudahan dalam menghafal, maka mereka pun mengarahkan Tabarak untuk menghafal Al-Qur'an dimulai dari surat an-Naas hingga surat an-Naba'. 

Dan atas izin Allah SWT, dalam waktu empat bulan Tabarak berhasil menghafal juz 30 secara sempurna. Sehingga Tabarak pun melanjutkan hafalannya hingga jumlah hafalannya mencapai 15 juz atau separuh dari Al-Qur'an. Menyadari hal tersebut, maka kedua orang tuanya pun sepakat untuk memasukkan Tabarak ke sebuah Lembaga Penghafal Al-Qur'an di Jeddah. Dan sekitar 1,5 tahun berikutnya ia berhasil menyelesaikan hafalan Al-Qur'an nya hingga 30 juz tepat ketika usianya 4,5 tahun. 

Mengenai nama Tabarak, sang ibu Rasya al-Jayyar berkisah bahwa saat mengandung ia sering bermimpi membaca surat Tabarak (Surat ke 67). Sehingga ia dan suaminya sepakat untuk memberikan nama Tabarak kepada calin bayinya tersebut.Padahal saat itu mereka belum mengetahui jenis kelaminnya. 

Disamping itu, Tabarak tidak berbeda dengan kebanyakan balita seusianya. Ia juga suka bermain, namun ia akan menolak apabila diajak menonton film kartun yang menampilkan adegan perkelahian. 

2. Yazid
Tidak jauh berbeda dengan Tabarak, Yazid sang adik juga mulai menghafal Al-Qur'an di usia yang sama dengan Tabarak yaitu pada usia 3 tahun. Dan ia pun berhasil menghafalkan Al-Qur'an sebanyak 30 juz di usia 4,5 tahun persis seperti kakaknya, Tabarak.  

3. Zainah
Kebahagiaan yang dirasakan oleh pasangan Dr Kamil Labudi dan Rasya al-Jayyar ini tidak hanya sampai disitu. Sebab setelah Tabarak dan Yazid, putri kecil mereka juga berhasil melakukan hal yang sama dengan kedua abangnya. Dimana Zainah juga mulai menghafal Al-Qur'an di usianya yang masih 3 tahun. 

Selain  itu tepat di tahun 1428H, Tabarak pun dinobatkan oleh lembaga Tahfidz Internasional pimpinan Syaikh Basfar sebagai hafidz termuda. Sungguh merupakan keistimewaan yang luar biasa. 

Dan mengenai cara yang ditempuh oleh orang tuanya, maka Dr Kamil Labudi pun menjelaskan bahwa beliau mengajarkan anak-anaknya tersebut membaca surat al-Fatihah, al-Falaq dan an-Naas baru kemudian diteruskan hingga surat an-Naba'. Selain itu, mereka juga membiasakan anak-anaknya untuk mendengarkan murottal-murottal Al-Qur'an dari banyak masyayikh. 

Disamping itu Rasya al-Jayyar juga membeberkan rahasianya saat mengandung ketiga hafidz termuda tersebut. Wanita yang berprofesi sebagai apoteker sekaligus dosen ini mengungkapkan bahwa saat mengandung, ia selalu memperdengarkan Al-Qur'an kepada bayinya hingga masa menyusui. 

Sehingga dengan memperdengarkan Al-QUr'an maka ia berharap bayi-bayinya tersebut telah akrab dengan Al-Qur'an. Bahkan ia telah berulang kali khatam mendengarkan Al-Qur'an semasa mengandungnya.

Selain itu ketika hamil, Rasya telah terbiasa membaca satu juz yang ia ulang hingga lima sampai enam kali. Hal tersebut selalu dilakukannya setiap hari. Nmaun ketika terkendala, maka ia akan memperdengarkan Al-Qur'an kepada bayinya melalui audia berupa kaset atau sejenisnya. Sehingga selama kehamilannya tersebut, ia dan janinnya telah khatam mendengarkan Al-Qur'an sebanyak 45 kali.

Selanjutnya ketika bayinya telah lahir kedunia, maka selama masa menyusui sang bayi juga senantiasa diperdengarkan Al-Qur'an dengan dosis yang sama yaitu satu juz yang diulang sebanyak 5-6 kali sehari.  Sehingga dalam jangka waktu dua tahun, maka sang bayi telah khatam mendengarkan Al-Qur'an sebanyak 120 kali. 

Dengan demikian, apabila dijumlahkan dengan masa ketika si buah hati di dalam kandungan maka ia telah khatam mendengarkan Al-Qur'an sebanyak 165 kali. Dan inilah rahasia yang digunakan Rasya al-Jayyar sehingga ketiga buah hatinya mudah dalam menghafal Al-Qur'an. 

Dan cara ini juga direkomendasikan oleh Dr Kmail Labudi serta Rasya al-Jayyar kepada setiap orang tua yang ingin anaknya menjadi Hafidz Qur'an diusia dini. Semoga bermanfaat. 

Tag : Dunia Islam
0 Komentar untuk "Inilah 3 Balita Ajaib Penghafal Al-Qur'an"

Back To Top