6 Tokoh Nyata Ini Jalani Hidup Bak Sherlock Holmes


Siapa yang tidak tahu dengan Sherlock Holmes ? Tokoh fiktif ciptaan Sir Arthur Conan Doyle ini memang mendunia. Berperan sebagai seorang detektif konsultan yang dikenal dengan ketajamaan penalaran logis, kemampuan menyamar dan keterampilannya dalam menggunakan ilmu forensik untuk memecahkan berbagai kasus.

Sherlock Holmes, tokoh fiktif yang sangat populer bahkan hingga saat ini. Meski hanya tokoh fiktif, namun ternyata cukup banyak orang yang melakoni hidup layaknya sang detektif. Diantaranya bahkan menjadi inspirasi Doyle dalam menciptakan tokoh Sherlock Holmes. Selain itu, ada pula yang karena kemampuannya dalam memecahkan kasus kriminal sehingga dijuluki Sherlock Holmes di dunia nyata. 
Dan berikut beberapa tokoh nyata yang menjalani hidup layaknya Sherlock Holmes : 

1. Eugene Francois Vidocq


6 Tokoh Nyata Ini Jalani Hidup Bak Sherlock Holmes

Eugene Francois Vidocq merupakan seorang bandit sekaligus ahli kriminal yang kemudian dikenal sebagai bapak ilmu kriminologi modern. Dalam Law Enforcement in The United States, James Andrew dan Gregory D. Conser menyebut bahwa Vidocq merupakan pelopor dalam penyamaran, balistik dan sistem pencatatan kasus kriminal. Selain itu, dia juga yang memperkenalkan cetakan gips sol sepatu dan tinta pengidentifikasi pola sidik jari.

Vidocq memilih untuk bekerjasama dengan pemerintah Prancis pada tahun 1809 agar bisa mendapatkan pengampunan atas berbagai kejahatan yang telah dilakukannya. Sehingga ia menjadi agen rahasia dan informan yang berguna karena koneksi yang dimilikinya di dunia kejahatan. Berperan sebagai seorang agen, Vidocq memiliki beberapa identitas yang berbeda-beda yang digunakannya untuk memasuki jaringan kejahatan yang berbeda-beda pula. Dengan ingatan fotografisnya yang cukup kuat, membuat Vidocq sanggup mengingat wajah kriminal meskipun sedang menyamar dan mengenai detil penting di tempat kejadian perkara (TKP)

Saat mendirikan Surete Nationale, yaitu biro investigasi pertama di Prancis, Vidocq mengajak mantan kriminal lainnya untuk bergabung. Ia juga mengajarkan metode investigasi TKP dan balistik kepada anak buahnya. Sehingga dengan kemampuan ini membuat mereka bisa memecahkan kasus-kasus pelik dengan lebih cepat. 

2. Edward Oscar Heinrich


6 Tokoh Nyata Ini Jalani Hidup Bak Sherlock Holmes

Selain dikenal sebagai Edison of crime detection pada akhir abad 19, Edward Oscar Heinrich juga disebut-sebut sebagai Sherlock Holmes dari Amerika. Bila Sherlock Holmes merupakan tokoh fiksi, maka Heinrich benar-benar ada di dunia nyata. Seperti halnya Sherlock Holmes, Heinrich juga merupaka seorang ahli kima. Sehingga, dalam memecahkan setiap kasusnya ia memanfaatkan ilmu sains yang dimilikinya.

Berasal dari keluarga yang biasa-biasa saja, membuat Heinrich harus meniti jalan terjal untuk menyelesaikan pendidikan farmasi yang kemudian disusul dengan ilmu kimia.

Selain berprofesi sebagai pengajarilmu investigasi kriminal di UC Berkeley, Heinrich juga bekerja membantu kepolisian dalam penyelidikan berbasis sains. Kala itu, nama Heinrich belum dikenal oleh publik.

Ia mendadak tenar setelah berhasil menangkap salah satu pelaku perampokan kereta terbesar dalam sejarah Amerika Serikat. Publik dan media dikejutkan dalam aksinya yang berhasil mengidentifikasi pelaku hanya dari sepasang celana, senjata yang telah dipotong gagangnya dan selembar sobekan kertas.

3. Joseph Bell


6 Tokoh Nyata Ini Jalani Hidup Bak Sherlock Holmes

Dr. Joseph Bell merupakan seorang dosen dan juga dokter di Skotlandia. Bell merupakan sumber inspirasi utama bagi Doyle dalam penciptaan tokoh Sherlock Holmes. Diakui Doyle bahwa ia merasa sangat kagum pada sosok dosennya tersebut di sekolah kedokteran Unversity of Edinburgh. Bahkan, Doyle juga sempat menjadi asisten administrasi Bell. 

Sebagai seorang pengajar, Bell mengajarkan tentang pentingnya observasi menggunakan semua indera untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dari pasien. Bahkan dia sering menunjukkan kemampuannya dalam menebak profesi dan indikasi penyakit seseorang hanya dari sepintas pandangan. 

Karena kemampuannya inilah yang membuat Bell kerap diminta membantu polisi dalam menyelidiki kasus. Dan salah satu kasus terbesar yang ditanganinya adalah Ardlamont Mystery pada tahun 1893.

4. Dr. Henry Littlejhon


6 Tokoh Nyata Ini Jalani Hidup Bak Sherlock Holmes

Selain Bell, Doyle juga menyebut Dr. Henry Littlejhon sebagai inspirasi Sherlock Holmes. Berprofesi sebagai seorang dokter, pria dengan nama asli Sir Henry Duncan Littlejhon ini juga kerap kali dimintai bantuan oleh kepolisian untuk menyelidiki kasus kejahatan. Bahkan, selama hampir 50 tahun Littlejhon menjabat sebagai ahli bedah Police and Medical Officer of Health of Edinburgh.

Bahkan kabarnya Littlejhon dan Bell juga sempat ambil bagian dalam penyelidikan kasus Jack The Ripper yang hingga saat ini masih belum terpecahkan. Sebagai seorang dosen, Littlejhon mengajarkan ilmu forensik kepada Doyle. Littlejhon bahkan dianugerahi gelar kesatria oleh Ratu Victoria pada tahun 1895.

5. Jerome Caminada


6 Tokoh Nyata Ini Jalani Hidup Bak Sherlock Holmes

Bila Oscar Heinrich disebut Sherlock Holmes Amerika, maka Jerome Caminada adalah Holmes dari Manchester. Jerome Caminada merupakan inspektur kepolisian yang disebut sebagai Garilbadi-nya para detektif oleh berbagai media masaa Inggris pada akhir abad 19. Sedangkan di dunia kriminal dia ditakuti oleh para penjahat yang tidak ingin tertangkap olehnya.

Latar belakang Caminada yang lahir dan tumbuh di daerah kriminal yang dikenal dengan nama Devil’s Gate, memberikan banyak keuntungan saat ia mulai bekerja sebagai inspektur polisi pertama di Manchester.  Inspektur ini selalu menggunakan observasi menyeluruh untuk memecahkan berbagai kasus. Bila sedang tidak bertugas, Caminada biasa mengunjungi penjara untuk mengamati dan mempelajari tingkah laku para kriminal atau untuk menemui para informan dibelakang gereja. 

Selain itu, dia juga seorang ahli menyamar yang kerap menggunakan identitas palsu saat mengejar penjahat. Saking sempurnanya bahkan anak buahnya pun tidak menyadari penyamarannya tersebut.

6. Sir Arthur Conan Doyle


6 Tokoh Nyata Ini Jalani Hidup Bak Sherlock Holmes

Selain sebagai penulis Sherlock Holmes, ternyata Doyle juga menjalani hidup seperti tokoh rekaannya tersebut. Doyle kerap memecahkan berbagai kasus kejahatan yang membingungkan kepolisian. Sejumlah kasus menarik telah dipecahkan Doyle, diantanya hilangnya tunangan seorang wanita pada tahun 1909, penculikan permata miliki Marquess of Angelsey dan yang paling menghebohkan publik adalah penyelesaian kasus George Edalji. Ia menghabiskan waktu 9 bukan untuk membuktikan kalau Edalji tidak bersalah atas tuduhan yang dialamatkan kepadanya. 

0 Komentar untuk "6 Tokoh Nyata Ini Jalani Hidup Bak Sherlock Holmes"

Back To Top