Inilah Ancaman Allah Bagi Istri Yang Durhaka Kepada Suami


Salah satu tujuan pernikahan adalah untuk menciptakan ketenangan, kasih sayang dan cinta diantara pasangan suami istri. Terlebih lagi bila bisa mendapatkan pasangan yang shaleh sehingga mampu membimbing menuju jalan Allah SWT. Dengan demikian bukan hanya kebahagiaan dunia yang akan diraih namun juga kebahagiaan akhirat.

Inilah Ancaman Allah Bagi Istri Yang Durhaka Kepada Suami

Kebanyakan wanita mungkin tidak menyadari bahwa ada beberapa tindakan mereka terhadap suami yang dapat menjurumuskannya ke neraka. Namun, ada juga yang memang sengaja berbuat durhaka kepada suami sebagai bentuk kekecewaannya terhadap pasangan.

Padahal Allah SWT sangat membenci dan mengancam istri yang durhaka kepada suaminya. Bahkan Rasulullah menyebutkan bahwa kelak di akhirat istri yang durhaka kepada suami akan mendapatkan azab yang sangat pedih. Selain itu, ia juga akan mendapatkan kerugian akibat sikap durhakanya tersebut. Lantas, seperti apakah ancaman yang diberikan Allah kepada istri yang durhaka ? berikut penjelasannya.

Bentuk kedurhakaan seorang istri kepada suaminya sangat banyak ragam dan bentuknya, seperti berwajah cemberut di depan suami, membuat suami jengkel, mencaci maki suami, menolak bila diajak suami, membenci keluarga suami, keluar rumah tanpa izin suami, serta tidak mensyukuri kebaikan dan pemberian suami.

Dalam sebuah hadist Rasulullah menjelaskan betapa besar dan agungnya hak-hak suami yang wajib dipenuhi seorang istri. Sehingga Rasulullah SAW pun bersabda

“Sekiranya aku memerintahkan seseorang untuk bersujud kepada lainnya, niscaya akan kuperintahkan seorang istri sujud kepada suaminya.” (HR. At-Tirmidzi)

Inilah ancaman Allah kepada istri yang durhaka kepada suaminya :

1. Allah tidak mau melihatnya di akhirat kelak
Ancaman Allah SWT yang pertama kepada istri yang durhaka kepada suami adalah kelak di akhirat Allah tidak akan melihat atau memandang wajah seorang istri yang durhaka kepada suaminya. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,

 “Allah tidak akan pernah mau melihat seorang istri yang tidak mau berterima kasih atas kebaikan suaminya padahal ia selalu butuh kepada suaminya. “ (HR. An-Nasa’i)

Tipe wanita yang seperti ini cukup banyak disekitar kita. Ia masih saja berkeluh kesah dan tidak puas dengan penghasilan suaminya, padahal sang suami telah letih membanting tulang setiap hari demi memenuhi kebutuhannya dan anak-anaknya. Bahkan ia selalu membanding-bandingkan suaminya dengan orang lain, sehingga hal tersebut menjadi beban berat bagi suaminya. Dengan demikian tidak heran apabila nerak dipenuhi dengan wanita-wanita yang seperti ini.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,

“Telah diperlihatkan neraka kepadaku, mayoritas penghuninya adalah wanita. Mereka telah kufur (ingkar)” Kemudian ada yang bertanya, “apakah mereka kufur (ingkar) kepada Allah ?” Dan Rasulullah menjawab, “Tidak, mereka amengingkari (kebaikan) suami.”
Sekiranya sang suami senantiasa berbuat baik kepada istrinya sepanjang hidupnya, lalu sang istri melihat sesuatu yang tidak berkenan maka ia pasti berkata, “Saya sama sekali tidak pernah melihat kebaikan pada dirimu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Amal ibadahnya bernilai sia-sia
Ancaman Allah SWT kepada istri yang duhaka adalah segala amal ibadahnya menjadi sia-sia dan tidak mendapatkan pahala.  Sehingga apabila ia mengerjakan sholat ,maka sholatnya itu hanya sekedar melaksanakan kewajiban di hadapan Allah namunia tidak akan mendapatkan pahala dari ibadahnya tersebut. Sehingga hanya lelah dan capek saja yang diterimanya.

Sudah menjadi kewajiban seorang istri untuk menuruti permintaan suaminya termasuk dalam memenuhi kebutuhan biologis sang suami. Bahkan ia harus berusaha sebisa mungkin untuk memenuhi hajat suaminya, walaupun ia capek atau sibuk dengan suatu urusan.

3. Para Malaikat pun melaknatnya

Selanjutnya ancaman Allah SWT kepada istri yang durhaka adalah para malaikat pun turut melaknatnya apabila ia menolak ajakan suaminya untuk berhubungan.
Sehingga, apabila suaminya mengajaknya untuk berhubungan lalu ia menolaknya para malaikat akan melaknatnya hingga pagi.

“Apabila seorang suami mengajak istrinya (berjimak) ke tempat tidur, lalu sang istri enggan dan suami bermalam dalam keadaan marah kepadanya, maka para malaikat akan melaknat snag istri sampai pagi.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Disamping itu, ketika seorang istri menyakiti hati suaminya maka bukan hanya Allah dan para malaikat yang melaknatnya, namun juga istri-istrinya di kalangan bidadari pun akan marah.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda bahwa,

“Tidaklah seorang istri menyakiti suaminya di dunia, melainkan istri-istrinya dari kalangan bidadari akan berkata, “Janganlah engkau menyakitinya. Semoga Allah memusuhimu. Dia (sang suami) hanyalah tamu di sisimu, hampir saja ia akan meninggalkanmu menuju kepada kami.” (HR. At-Tirmidzi)

Demikianlah ancaman-ancaman yang diberikan oleh Allah SWT kepada istri yang durhaka kepada suaminya. Sudah menjadi kewajiban bagi seorang istri untuk mentaati suami dalam perkara-perkara yang ma’ruf menuru syariat. Sehingga, tidak ada alasan bagi seorang istri untuk mendurhakai suamainya. Sebab ada banyak pahala yang akan diraih oleh seorang istri bila mentaati suaminya. Bahkan Allah SWT berjanji memberikan surga kepada istri yang mentaati suaminya.
1 Komentar untuk "Inilah Ancaman Allah Bagi Istri Yang Durhaka Kepada Suami"

Sodaqallahuadzim wa sodaqurosulullah hilkarim

Back To Top