Suami Takut Istri, Wajarkah ?


Pernikahan merupakan sebuah ikatan suci yang menyatukan dua orang yang berbeda. Dalam pernikahan suami-istri memiliki peranannya masing-masing. Dimana suami merupakan seorang pemimpin dan kepala rumah tangga. Sehingga ia wajib untuk mengayomi istrinya agar bertingkah laku sesuai tuntunan agama Islam.

Suami Takut Istri, Wajarkah ?

Demikian halnya dengan seorang istri yang memiliki kewajiban untuk menghormati serta menghargai suaminya sebagai kepala keluarga. Dan bukan sebaliknya, seperti yang banyak terjadi belakangan ini dimana banyak para suami yang takut pada istrinya. 

Fenomena suami takut istri bukanlah hal yang baru dalam kehidupan berumah tangga. Biasanya fenomena ini terjadi pada suami yang lebih memilih untuk mengalah sehingga istri terlihat lebih dominan. 

Dengan begitu, tidak jarang membuat sang istri menjadi besar kepala dan bertingkah laku semakin jauh dari tuntunan Islam. Lantas, wajarkah bila suami yang notabenenya adalah pemimpin keluarga takut pada istrinya ?

Sebenarnya istilah “suami takut istri” tidaklah harus berkonotasi negatif. Sebab, bagaimanapun rasa takut merupakan bagian dari cinta seperti takut kehilangan, takut mengecewakan, atau takut membuat pasangan merasa sedih dan sebagainya. Sehingga bila suami memiliki rasa takut seperti ini menandakan bahwa ia memiliki cinta untuk istrinya.

Akan tetapi, rasa cinta dan takut pada pasangan pun perlu dibatasi agar jangan sampai melebihi rasa cinta dan takut pada Allah Sang Pemilik Semesta. Karena bila hal yang demikian terjadi, maka rusaklah keimanan seorang suami disebabkan rasa cinta dan takutnya pada sang istri. Bahkan ia akan mampu melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang Allah hanya demi memenuhi keinginan istrinya.

Selain itu, fenomena suami takut istri bahkan telah disebutkan oleh Rasulullah SAW sebagai pertanda datangnya hari kiamat. Beliau mengatakan bahwa setelah zamannya akan bermunculan fenomena tingkah laku manusia yang jauh dari ajaran Islam. Dimana salah satunya adalah suami yang menjadi budak istrinya dan hanya menuruti kehendak istri. 

Oleh sebab itu, rasa takut pada istri jangan sampai membuat suami melupakan kewajibannya berdakwah dan mendidik istrinya untuk menghormati serta menghargainya sebagai pemimpin keluarga. Selain itu suami juga harus mendidik istrinya agar memiliki sifat santun dan melayani suaminya dengan baik sebagaimana suami melayaninya. 

Bukankah sudah menjadi kewajiban bagi seorang lelaki yang telah menikah untuk mendidik istrinya, dan jangan sampai sikap istri menjauhi tuntunan Islam. Karena seorang suami bertanggung jawab atas istrinya di dunia dan akhirat kelak. 
0 Komentar untuk "Suami Takut Istri, Wajarkah ? "

Back To Top