Ladies, Ini Dampak Yang Akan Dialami Bila Salah Pakai Bra


Meski belakangan ini tengah marak sosialisasi maupun kampanye seputar kesehatan payu*ara, namun tetap saja banyak wanita yang tidak menyadari hubungan antara kesehatan payu*ara dengan kenyamanannya dalam mengenakan bra berukuran tepat. Mungkin terlihat sepele, namun efek yang ditimbulkan dari pakaian dalam yang tidak pas dengan tubuh wanita hampir selalu sama, yaitu berakibat buruk bagi kesehatan.

Sebagian dari mereka beralasan bahwa kesalahan dalam memilih bra tersebut dikarenakan ketidaktahuannya tentang ukuran yang seharusnya, malu, atau sengaja demi mengikuti trend mode kekinian. 

Padahal penggunaan bra yang tidak tepat ternyata merupakan salah satu penyebab banyak wanita menderita masalah punggung dan leher. Selain itu kesalahan dalam memilih ukuran bra dapat memicu gangguan perut, bahu, kerusakan ligamen serta postur tubuh menjadi bungkuk.

Berikut ini adalah beberapa dampak buruk yang akan dialami bila salah pakai bra :

1. Lecet 
Pemakaian bra yang terlalu ketat, dapat menyebabkan kerusakan kulit dan mengurangi sirkulasi darah, serta memberikan rasa tidak nyaman saat dipakai. Terlebih saat sedang bergerak, bra yang terlalu ketat dapat menyebabkan gesekan pada kulit yang menyebabkan iritasi. 

2. Sakit kepala
Sebuah bra yang tidak tepat ukurannya akan menghasilkan belahan yang kurang pas, selain itu dapat mengakibatkan leher dan otot punggung bagian atas harus bekerja lebih keras untuk menopang berat payu*ara. Ketika otot leher terlalu banyak bekerja, maka dapat memicu timbulnya sakit kepala yang berasal dari leher, atau dikenal sebagai sakit kepala cervicogenic

3. Sakit leher
Bagi para wanita dengan payu*ara kecil, kemungkinan untuk mengalami sakit leher akibat pemaian bra yang salah juga lebih kecil. Karena biasanya hal ini dialami oleh wanita yang memiliki payu*ara lebih besar. Pemakaian bra yang salah dapat menimbulkan ketegangan pada otot-otot leher, yang memicu rasa sakit pada leher. Pemakaian bra yang benar, akan membantu mengambil sebagian berat dari payu*ara sehingga tidak terlalu membebani leher.

4. Nyeri punggung
Sebuah bra yang terlalu ketat dapat membatasi gerakan di punggung atas, sehingga menyebabkan restriksi atau pembatasan ruang gerak dan kekakuan pada tulang belakang. Meski tulang belakang dirancang untuk bergerak, memutar dan membungkuk, namun para ahli percaya pemakaian bra yang sering terpasang kencang di sekitar tulang belakang dapat menyebabkan sakit punggung yang kemudian berkembang menjadi nyeri punggung.

5. Sesak napas
Walaupun Anda tidak akan benar-benar merasa sesak napas saat mengenakan bra yang terlalu ketat, tapi kualitas pernapasan Anda akan memburuk. Dengan begitu dapat menyebabkan Anda bernafas secara tidak teratur, dan juga dapat mempengaruhi konsentrasi oksigen serta karbondioksia dalam darah, sehingga Anda harus bernafas lebih dalam. 

6. Rasa sakit akibat goncangan
Bagi Anda yang pernah melakukan olahraga dengan mengenakan bra dengan ukuran normal atau tidak mengenakan bra sama sekali, mungkin Anda akan mengetahui bagaimana rasa sakit yang dialami bila menggunakan bra yang terlalu ketat atau terlalu longgar. Perlu diketahui bahwa payu*ara bergerak 8 sentimeter selama Anda melakukan gerakan. Nah, jika gerakannya tidak mendukung, tidak mengherankan bila Anda akan merasa sakit atau nyeri pada payu*ara Anda.

Demikianlah beberapa hal yang akan dialami bila salah pakai bra. Meski terlihat sepele, namun sudah seharusnya hal ini menjadi pertimbangan bagi Anda untuk memilih bra dengan ukuran yang tepat. Bukan hanya dari segi estetika, namun kesehatan juga harus tetap diperhatikan. Semoga bermanfaat. 
0 Komentar untuk "Ladies, Ini Dampak Yang Akan Dialami Bila Salah Pakai Bra"

Back To Top