Tujuh Tempat Terlarang Bagi Traveler Wanita


Traveling merupakan hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Tentunya tidak ada batasan bagi siapa saja yang ingin bertraveling ria. Termasuk bagi para wanita. Bahkan, tidak sedikit dari para kaum hawa di dunia ini yang memiliki hobi bertraveling.

Tujuh Tempat Terlarang Bagi Traveler Wanita

Keinginan berpetualang selagi masih muda membuat banyak wanita bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya hanya untuk merasakan atmosfer yang berbeda. Meski tidak ada larangan bagi kaum wanita untuk bepergian, namun ternyata tidak semua destinasi wisata bisa mereka kunjungi. Bahkan, terdapat beberapa tempat yang tidak mengizinkan wanita untuk berkunjung. 

Hal ini sebenarnya sudah berlangsung sejak lama, alasan pelarangannya pun bermacam-macam. Ada yang tidak memperbolehkan karena dianggap mengganggu kekhusyukan aktifitas ibadah, dianggap tidak suci karena sedang haid dan lain sebagainya. Dan berikut ini beberapa tempat yang melarang wanita untuk datang berkunjung. 

1. Indonesia
Batasan akses untuk wanita bisa ditemukan di daerah Bali khususnya di beberapa pura, kuil dan juga pantai. Namun, larangan ini tidak ditujukan untuk semua kaum wanita melainkan hanya untuk wanita haid. Alasan pelarangan ini, karena mayoritas tempat-tempat tersebut merupakan tempat yang suci sementara wanita haid sedang berada dalam keadaan tidak suci. Oleh sebab itulah hal ini diberlakukan.

Begitu juga dengan salah satu pantai di Bali, yaitu pantai Pandawa yang juga memasang papan peringatan agar wanita haid tidak berenang dilautnya. Hal ini sebenarnya tidak aneh, mengingat hampir semua pantai di Bali melarang wanita haid untuk tidak berenang di lautan. Namun, baru pantai Pandawa yang memasang papan peringatan larangan ini.

2. Jepang
Salah satu tempat di Jepang yang melarang wanita untuk masuk ke dalamnya adalah gunung Onime. Gunung yang diakui sebagai situs warisan dunia ini dianggap sebagai gunung yang suci. Bahkan kegiatan melarang wanita untuk mendaki ke gunung setinggi 1709 meter ini sudah berlangsung sejak 1300 tahun yang lalu dan masih bertahan hingga saat ini. Alasan pelarangan ini karena wanita dianggap dapat mengganggu kekhusyukan aktifitas ibadah di gunung suci tersebut. 

Awalnya, bukan hanya gunung Onime yang melakukan pelarangan bagi kaum wanita untuk datang berkunjung. Gunung Fuji juga melakukan hal yang sama, namun semenjak tahun 1872 aturan tersebut telah jauh lebih lunak. 

Selain gunung Onime, ada satu tempat lagi yang melarang wanita untuk datang berkunjung yaitu gelanggang olahraga sumo. Sebab, di masa lalu olahraga sumi merupakan aktifitas yang berkaitan dengan ritual shinto. Dengan begitu alasan utama wanita tidak diizinkan masuk ke gelanggang sumo adalah karena anggapan wanita itu tidak suci. Sehingga, apabila wanita ingin masuk maka dia harus minta ijin pada leluhur melalui perantara Itako, yaitu seorang ahli arwah.

3. Thailand
Salah satu tempat di Thailand yang melarang wanita untuk berkunjung adalah kuil Wat Sri Suphan. Aturan ini tidak hanya berlaku bagi wanita haid, namun juga untuk semua wanita. Aturan ini bermula karena adanya seorang wanita yang sedang haid berdoa di kuil ini, padahal hal tersebut seharusnya tidak boleh dilakukan. Oleh sebab itu, demi keadilan maka aturan tersebut diberlakukan untuk semua wanita.

4. Yunani
Gunung Athor merupakan sebuah gunung suci di Yunani yang melarang wanita untuk datang berkunjung. Bukan hanya manusia, namun juga hewan betina tidak diperbolehkan untuk berkunjung kesana. Meski begitu, bukan berarti semua pria dapat dengan bebas masuk ke gunung ini melainkan harus dengan ijin khusus. Alasan utama larangan kunjungan wanita adalah karena dianggap dapat mengganggu konsentrasi para biarawan yang sedang khusyu beribadah. Akan tetapi, kabarnya ada beberapa wanita yang sukses memasuki gunung suci tersebut secara diam-diam.

5. Arab Saudi
Meski ada larangan bagi wanita untuk datang berkunjung ke negara ini, bukan berarti wanita tidak boleh masuk ke Arab. Sebab, yang tidak diperbolehkan adalah jika wanita tersebut datang seorang diri tanpa ditemani oleh muhrimnya. Namun, tetap ada batasan apa yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan oleh wanita saat berkunjung ke negara tersebut.

6. India
Sebagai salah satu landmark yang terletak di Mumbai, Haji Ali Dargah yang merupakan mesjid sekaligus makam dari Haji Ali Shah Bukhari juga memberlakukan larangan bagi wanita untuk berkunjung ke tempat ini. Awalnya, tidak ada pelarangan bagi wanita untuk berkunjung. Namun dengan adanya pandangan bahwa wanita muslim yang berkunjung ke makam tersebut tidak sesuai dengan syraiah Islam, maka akhirnya larangan tersebut pun diberlakukan.

7. Jerman
Tempat terakhir yang melarang wanita untuk berkunjung adalah Galaxy water park yang terdapat di Jerman. Sebenarnya tidak semua wahana di taman ini terlarang bagi wanita, namun hanya khusus untuk seluncuran bernama X-treme faser saja. Hal ini dilakukan untuk melindungi para wanita. Sebab, sebelumnya telah banyak keluhan dari para pengunjung wanita yang cedera di bagian bawahnya setelah menggunakan wahana tersebut.

Demikanlah beberapa tempat yang memberlakukan aturan untuk melarang wanita datang berkunjung. Meskipun begitu, masih banyak tempat menarik lainnya yang bisa dikunjungi oleh para traveler wanita.  Semoga bermanfaat 
0 Komentar untuk "Tujuh Tempat Terlarang Bagi Traveler Wanita"

Back To Top