Botol Manci, Urban Legen Asli Maluku


Sosok kurcaci biasanya dapat dilihat di dongeng atau film-film baik luar maupun dalam negeri. Misalnya dalam cerita putri tidur, dimana pada kisah tersebut terdapat 7 orang kurcaci baik hati yang membantu  si putri tidur tersebut. Akan tetapi, bukan hanya dalam dongeng maupun film-film, ternyata sosok kurcaci juga ada di Maluku.

Botol Manci, Urban Legen Asli Maluku

Masyarakat Maluku mengenal kurcaci atau gnome ini dengan nama Botol Manci. Bagi masyarakat Maluku keberadaan botol manci sudah menjadi legenda sekaligus menjadi misteri.

Secara harfiah, botol manci merupakan makhluk halus bertubuh pendek atau seukuran bayi yang memakai topi bayi mirip santa claus dan memegang sebuah botol susu. Mungkin karena itulah ia disebut dengan Botol Manci.

Seperti halnya manusia, Botol Manci juga ada yang berkelamin laki-laki dan perempuan, dan ada yang muda serta ada juga yang tua dengan jenggotnya yang panjang. Berdasarkan cerita orang-orang tua di Maluku, keberadaan Botol Manci dapat ditemui di bawah pohon bambu hias. Dan kemunculannya ditandai dengan cahaya kelap-kelip seperti cahaya bintang di langit atau cahaya kunang-kunang.

Selain itu, Botol Manci juga ada yang baik dan ada yang jahat. Ia suka berbuat usil dengan menyembunyikan atau bermain dengan bayi dan balita yang disukainya.

Untuk memanggil Botol Manci atau bahasa maluku disebut mangael Botol Manci dapat dilakukan dengan cara memain-mainkan lidi yang ujungnya dibakar dan baranya masih menyala ditempat yang gelap atau angker, dan akan lebih bagus bila dibawah pohon bambu hias. Dan bagi mereka yang beruntung, bisa bertemu dengan Botol Manci.

Menurut cerita para orang tua-tua di Maluku, bila bertemu dengan Botol Manci dan berhasil mengambil topinya, maka apa saja permintaan kita bisa dipenuhi dengan syarat kita harus mengembalikan topinya tersebut sebelum pagi atau matahari terbit.

Meski bertubuh kecil, Botol Manci sangat kuat jika bergumul dengan manusia yang berniat mengambil topinya untuk meminta harta dan sebagainya. Apabila manusia tersebut kalah atau tidak kuat dalam perebutan topi Botol Manci, maka ia akan digelitik atau dalam bahasa Maluku disebut dapa gili-gili hingga ia meninggal.

Bagi sebagian orang, Botol Manci bukan hanya sekedar dongeng namun hal nyata dan dapat dilihat oleh orang-orang yang terlahir dengan sarong atau selaput yang membungkus bayi pada saat dilahirkan. Mereka yang terlahir dengan sarong, memiliki mata yang terang dan dapat melihat hal-hal ghaib, bukan hanya Botol Manci namun juga makhluk-makhluk ghaib lainnya.

Bedasarkan cerita, banyak hal-hal aneh yang terjadi di Maluku misalnya ada anak yang kedapatan sedang bermain-main dengan Botol Manci dan ada juga yang mendapatkan piring emas karena mendapat petunjuk dari Botol Manci. Akan tetapi, yang sering terjadi adalah anak yang hilang berhari-hari karena disembunyikan oleh Botol Manci. Bahkan meski telah dicari hingga sampai ke dalam hutan, tetap saja tidak ditemukan. Namun, oleh seorang dukun kampung yang terlahir dengan sarong dan memilliki kekuatan magic dapat melihat keberadaan anak yang hilang tersebut.

Dukun kampung tersebut mengatakan kepada orang tuanya bahwa anaknya yang hilang itu ada dibaik pintu kamar. Selain itu, anak-anak yang disembunyikan oleh Botol Manci tersebut akan memliki tubuh yang pendek dan kerdil. Bahkan tubuhnya tidak akan pernah tinggi seperti anak-anak normal lainnya semenjak dia disembunyikan.

Botol Manci merupakan legenda nyata masyarakat Maluku, bahkan para orang orang tua yang pernah bertemu dengan makhluk ghaib ini masih hidup sampai sekarang. Meskipun begitu, belum ada penelitian yang serius tentang makhluk ghaib ini, sehingga Botol Manci tetap menjadi misteri yang belum terpecahkan. 
0 Komentar untuk "Botol Manci, Urban Legen Asli Maluku"

Back To Top