Ini Dia Tips Snorkeling Bagi Anda Yang Tidak Bisa Berenang


Snorkeling merupakan salah satu cara untuk menikmati keindahan laut secara langsung. Bukan hanya berolahraga, bersnokeling juga dapat memberikan manfaat olah jiwa. Sebab, segarnya udara di laut atau pantai dengan air yang jernih dan pemandangan kehidupan bawah laut yang menakjubkan tentunya dapat memberikan kepuasan batin tersendiri.
Ini Dia Tips Snorkeling Bagi Anda Yang Tidak Bisa Berenang

Sebenarnya kegiatan ini cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Karena kuncinya anda harus rileks dan merasa nyaman di air. Akan tetapi, bagi mereka yang tidak bisa berenang ada ketakutan tersendiri saat ingin mencoba merasakan sensasi snorkeling ini. Sehingga menimbulkan keragu-raguan.

Keragu-raguan ini bisa saja muncul antara keinginan untuk dapat menikmati pesona bawah laut tapi takut karena tidak bisa berenang. Padahal sebenarnya, kita bisa bersnokeling tanpa harus bisa berenang asalkan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Latihan di kolam renang
Tidak perlu malu untuk berlatih snorkeling di kolam renang. Terlebih selama berwisata kita tinggal di hotel, maka sebaiknya manfaatkan kolam renang hotel untuk latihan mengapung dan praktek pernafasan. Caranya cukup mudah, gunakan masker pelindung mata serta alat snorkel dan fins terlebih dahulu. Kemudian posisikan tubuh dengan berdiri di dalam air sebatas pinggang.

Selanjutnya mulailah membungkuk perlahan dan bernafas dengan normal. Dan untuk latihan mengapung, berdirilah di kolam yang lebih dangkal, sehingga tangan dapat menopang tubuh sebelum mengapung. Dan setelah mendapatkan posisi nyaman, segera lepaskan tangan perlahan-lahan dari dasar kolam.

2. Gunakan alat snorkel, masker, dan fins dengan benar
Sebelum masuk ke dalam air, periksa terlebih dahulu peralatan snorkeling.  Akan lebih baik menguncir rambut jika rambut kita panjang dan menggunakan pakaian renang yang tidak akan mengganggu kenyamanan selama snorkeling. Lalu pasang masker dengan erat dan rapat. Serta gunakan jaket pelampung, agar kita merasa lebih aman.

3. Biasakan diri
Saat mulai masuk ke dalam air, terlebih dahulu biasakan diri dengan bernafas di air laut yang bergelombang. Selain itu, biasakan juga diri dengan arus air laut, dan sebaiknya jangan melawan arus. Oleh sebab itu, buat diri kita merasa senyaman mungkin terlebih dahulu sebelum mulai menikmati pemandangan bawah laut.

4. Snorkeling bersama
Bagi anda yang masih pemula sebaiknya tidak berada terlalu jauh dengan teman lainnya.  Oleh sebab itu, jangan pernah mencoba untuk sendirian bersnokeling. Ajaklah teman ataupun keluarga yang sudah sering melakukan kegiatan ini.

Sehingga anda dapat tetap bertanya dan dibantu olehnya ketika bersnorkeling. Selain itu jika anda merasa ada sesuatu yang tidak beres, segera beritahukan teman atau pemandu yang berada di sekitar anda.

5. Jangan panik
Yang harus anda ingat adalah snorkeling merupakan kegiatan menyelam dangkal, sehingga jangan panik jika terjadi sesuatu. Oleh sebab itu, asalkan anda mengikuti setiap petunjuk dan tetap tenang, maka snorkeling akan tetap aman dan menyenangkan.

Dan demi keselamatan anda, sebaiknya perhatikan aturan-aturan yang diterapkan di area snorkeling. Sebab betapa pun indahnya pemandangan bawah laut yang anda saksikan, tetap saja anda tidak boleh menyentuhnya.

Karena bisa saja yang anda sentuh adalah makhluk beracun seperti karang api atau stone fish. Sehingga efeknya anda akan menderita gatal-gatal hebat serta demam.  Selain itu, pertimbangkan juga faktor-faktor alam seperti cuaca, arus, dan gelombang sebelum anda pergi snorkeling.

Sebenarnya olahraga snorkeling dapat dikatakan tidak mempunyai risiko berbahaya selama anda benar-benar memperhatikan aturan keselamatan. Oleh sebab itu,  olahraga ini cocok dilakukan oleh anak-anak sampai orang dewasa. Namun, bagi anda yang memiliki masalah kesehatan, maka disarankan untuk berkonsultasi dahulu ke dokter sebelum melakukan snorkeling.

0 Komentar untuk "Ini Dia Tips Snorkeling Bagi Anda Yang Tidak Bisa Berenang"

Back To Top