Kenali 2 Penyakit Umat di Akhir Zaman


Kiamat merupakan rukun iman kelima yang pasti akan terjadi dan wajib dipercayai oleh umat muslim diseluruh dunia. Akan tetapi, tidak ada satu makhluk pun yang mengetahui kapan peristiwa akhir zaman tersebut akan berlangsung.

Kenali 2 Penyakit Umat di Akhir Zaman

Namun, melalui Rasul-Nya Allah SWT telah mengabarkan tentang tanda-tanda kedatangannya. Salah satunya mengenai dua penyakit yang akan melanda umat muslim di akhir zaman. Bahkan penyakit ini lebih mematikan daripada penyakit lainnya. Sebab, penyakit ini akan mematikan hati dan ruh manusia sehingga menyebabkan penderitaan yang panjang bukan hanya di dunia namun juga di akhirat. Lantas, apa saja kedua penyakit tersebut ? Berikut ulasan selengkapnya.

Al Wahan merupakan salah satu penyakit yang menjangkiti manusia di akhir zaman. Istilah wahan diungkapkan oleh Rasulullah ketika menjelaskan kondisi umat manusia dimasa yang akan datang. Penyakit ini merupakan penyebab utama dari segala keburukan dan keteprurukan umat Islam sehingga menyebabkan mereka menjadi bulan-bulanan para musuh-musuh Islam. Bahkan, Rasulullah mengibaratkan mereka seperti makanan yang menjadi rebutan orang-orang rakus yang kelaparan. 

Dalam sebuah hadist, dari Tsauban ra bahwa Rasulullah SAW bersabda bahwa, 

“Hampir tiba suatu masa dimana bangsa-bangsa dari seluruh dunia akan datang mengerumuni kamu seperti orang-orang yang kelaparan mengerumuni talam hidangan mereka. “ Lalu salah seorang sahabat bertanya, “apakah karena saat  itu jumlah kami sedikit ?” Maka Rasulullah pun menjawab, “Tidak, bahkan kamu saat itu mayoritas, namun kamu seperti buih diatas permukaan air laut, dan Allah akan mencabut rasa gentar terhadap kamu dari hati para musuhmu, dan Allah akan melemparkan ke dalam hatimu penyakit “wahan”. Salah seorang sahabat kembali bertanya, “Apakah ‘wahan’ itu, ya Rasulullah?” Dan Rasulullah pun menjawab, “Cinta dunia dan takut mati”. (HR. Abu Daud)

Penyakit ini timbul karena merasuknya cinta kepada dunia ke dalam hati manusia, seperti cinta yang berlebih kepada harta, benda, tahta bahkan wanita. Sehingga akibat kecintaan dunia yang sangat berlebih nantinya akan melahirkan mental pengecut yang takut mati. 

Cinta dunia dan takut mati merupakan penyakit yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Bila cinta dunia bermakna tamak, bakhil, rakus dan tidak mau menyumbangkan harta di jalan Allah, sedangkan takut mati bermakna senang pada kehidupan dunia dan tidak membuat persediaan untuk menghadapi akhirat. Sehingga tidak ada perasaan untuk rela berkorban dengan diri dan jiwa dalam memperjuangkan agama Allah 

Sebab-sebab Wahan
Pada dasarnya manusia menginginkan menjadi kaya, memiliki pangkat tinggi, pengaruh yang besar serta terkenal dimana-mana dan mempunyai istri yang cantik. Apabila seseorang telah mencapai keinginannya sementara tidak mempergunakan aturan-aturan Allah dalam mengatur dan mengendalikan kekayaan dunianya, maka hal inilah yang disebut dengan matrelialistis atau cinta dunia.

Oleh sebab itu, faham ini sama sekali tidak dibolehkan dalam ajaran Islam, karena merupakan musuh Islam yang utama. Sebab, faham ini merupakan warisan dari iblis terlaknat yang memang ingin menggoda manusia agar rusak sehingga kelak akan menjadi temannya di neraka.

Cara membasmi penyakit Wahan
Bertaubat dan memohon ampun kepada Allah SWT serta kembali pada tuntunan ajaran Islam merupakan satu-satunya cara untuk mengatasi penyakit wahan ini. Oleh sebab itu, seseorang yang merasa bahwa penyakit ini telah menghinggapi dirinya maka hendaklah melakukan langkah-langkah ini:
  1. Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT hingga pada derajat yakin. Sebab, dengan keyakinan maka penyakit ini akan hilang
  2. Selalu mengkaji dan memahami ajaran Islam, terutama dalam bidang aqidah yang merupakan inti dari ajaran Islam
  3. Menghayati konsep kebahagiaan dunia dan akhirat dalam perspektif Islam. Bahwa sesungguhnya Islam tidak mengharamkan dunia dan isinya, namun menjadikannya sebagai alat untuk mencapai kebahagiaan akhirat
  4. Memantapkan dan meningkatkan ibadah serta pendekatan diri kepada Allah SWT. Sehingga akan memunculkan sifat qana’ah dan rendah hati
  5. Menggunakan segenap kemampuan yang ada untuk berjihad di jalan Allah. Sebab, orang yang berjihad telah menyerahkan dirinya serta hartanya kepada Allah dengan surga. Karena ini adalah sebesar-besarnya ketundukan kepada-Nya dan sebesar-besarnya pengorbanan untuk-Nya. 
Demikianlah ulasan mengenai dua penyakit yang menimpa umat manusia di akhir zaman. Sesungguhnya hal-hal ini telah banyak terjadi disekitar kita. Oleh sebab itu, marilah kita berbenah diri agar tidak terjerumus dalam penyakit ini. Sebab, bukan hanya di dunia namun diakhirat kelak kita akan mendapatkan azab yang sangat perih. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar untuk "Kenali 2 Penyakit Umat di Akhir Zaman"

Back To Top