Waspadai Penyebab Utama Kemandulan Pada Pria


Kehadiran buah hati merupakan hal yang paling dinantikan bagi kebanyakan pasangan suami-istri. Namun sayangnya, keinginan tersebut tidak selalu bisa diwujudkan dengan mulus. Meski telah rutin melakukan hubungan suami istri, namun tanda-tanda kehamilan masih belum nampak.

Waspadai Penyebab Utama Kemandulan Pada Pria

Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa sebanyak 25% pasangan suami istri  di dunia mengalami masalah tersebut. Akan tetapi hanya 15% diantara mereka yang berusaha mencari pengobatan untuk mengatasinya, sedangkan sisanya tetap tidak memiliki keturunan.

Mandul, adalah sebuah kata yang sangat menakutkan terutama bagi pasangan yang telah lama menikah, terlebih bagi mereka yang sangat menantikan kehadiran buah hati. Dalam hal ini pihak istri kerap kali dituding sebagai penyebab ketidakmampuan memiliki anak di dalam perkawinan. Padahal, pihak pria juga memiliki andil yang cukup besar dalam masalah ketidaksuburan pasangan menikah.   

Dalam sebuah penelitian, dijelaskan bahwa pria mengalami masalah infertilitas sebanyak 30-40%, pada wanita sebanyak 40-50%,  dan selebihnya akibat pengaruh dari keduanya. 

Berikut beberapa penyebab utama kemandulan pada pria, yaitu :

1. Kualitas sperma yang buruk
Kualitas sperma merupakan faktor penentu terjadinya kehamilan. Sebab bila bentuk sperma dan gerakannya yang tidak sempurna  maka tidak akan mampu mencapai sel telur. Selain itu konsentrasi sperma yang rendah juga menyebabkan sulitnya terjadi kehamilan. Secara medis, konsentrasi sperma yang normal adalah 20 juta atau leib sperma/ml semen. Beberapa faktor yang menyebabkan rusaknya kualitas sperma disebabkan pemakaian celana ketat, kelelahan, dan lain-lain. 

2. Kelainan genetik
Kelainan genetik atau sindroma klinefelter menyebabkan seorang pria memiliki satu kromosom Y dan dua kromosom X. Hal ini berpengaruh pada pertumbuhan tes*is sehingga pria tersebut memproduksi sperma yang sedikit atau bahkan tidak sama sekali. 

3. Gangguan hormonal
Salah satu yang menghambat produksi sperma adalah terganggunya hormon testosteron. Dan apabila hormon tersebut terganggu, seperti jumlah menurun atau bahkan tidak ada, maka menyebabkan tes*is tidak akan bekerja sempurna.

4. Varikokel
Varikokel merupakan pelebaran pembuluh vena yang berada disekitar tes*is. Pada pemeriksaan fisik, varikokel ditemukan dalam bentuk sebuah benjolan di bagian atas buah za*ar yang akan bertambah besar dan nyata bila mengejan. Dan yang lebih sering terkena adalah buah za*ar sebelah kiri. Hal ini harus diwaspadai, sebab sebagian besar varikokel tidak disertai rasa sakit , namun ada juga yang mengeluh pegal-pegal di daerah tersebut.  Tindakan yang paling tepat untuk menangani masalah ini adalah melalui operasi dan angka keberhasilannya mencapai 66 %.

5. Saluran sperma yang tersumbat.
Hal ini bisa disebabkan karena bawaan lahir atau infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Untuk memastikan hal ini, perlu dilakukan operasi. Apabila sumbatan tidak begitu parah, maka dengan mikroskop dapat diusahakan koreksinya serta dapat pula diketahui ada atau tidaknya produksi sperma di buah za*ar tersebut.

6. Pengaruh radiasi dan obat
Radiasi dan obat-obatan tertentu juga dapat mempengaruhi kualitas sperma, fungsi tes*is dan hormon reproduksi yang menyebabkan masalah kesuburan. 
Selain itu, seorang Urology Center RS Asri, Jakarta, dr. Ponco Birowo., SpU, PhD mengatakan bahwa ada banyak faktor penyebab infertilitas pada pria yang bisa dikelompokkan menjadi spermatozoa dan non-spermatozoa.

Untuk faktor spermatozoa, antara lain adalah varikokel, genetik, kelainan bawaan lahir, sumbatan saluran spermatozoa, infeksi menular serta gangguan hormon. Akan tetapi tidak hanya itu saja, gaya hidup yang tidak sehat seperti memakai celana ketat, memangku laptop, sauna serta penggunaan steroid atau hormon juga dapat berdampak kepada produksi sperma. 

Demikianlah ulasan mengenai penyebab utama kemandulan pada pria. Hal ini penting untuk diketahui, sehingga tidak lagi terjadi kesalahpahaman antara pasangan suami istri. Dan sebaiknya segera periksakan kondisi kesuburan masing-masing pasangan kepada dokter, untuk mendapatkan solusi terbaik. Semoga bermanfaat.  
0 Komentar untuk "Waspadai Penyebab Utama Kemandulan Pada Pria"

Back To Top