9 Cara Lawan Godaan Kembali Merokok


Bagi seorang perokok, berhenti dari kebiasaan merokok merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa. Seperti yang kita ketahui bersama, seseorang yang telah merasakan nikmatnya rokok akan merasa sulit sekali untuk berhenti. Seakan-akan mereka telah kecanduan pada si biang penyakit ini.

9 Cara Lawan Godaan Kembali Merokok

Bahkan ketika sudah bisa ‘lepas’ dari rokok pun, godaan dan tantangannya akan semakin lebih besar. Sehingga perlu niatan yang kuat dan penawar yang ampuh untuk bisa melupakan keinginan merokok tersebut.

Berikut beberapa tips untuk membantu seseorang yang berhenti merokok agar tetap konsisten untuk tidak kembali melakukannya.

1. Minum air dingin dan makan makanan kecil
Salah satu cara untuk membantu menggantikan tindakan mengisap rokok adalah minum air dingin melalui sedotan. Dalam sebuah penelitian diungkapkan bahwa dengan meminum air dingin melalui sedotan dapat melepaskan dopammine, yaitu sebuah zat kimia di otak yang dapat membantu mengakhiri suasana hati yang sedang buruk.

Bukan hanya dengan minum air dingin saja, tapi juga dengan makan makanan kecil.  Hal tersebut dapat membantu Anda untuk melewati dorongan kembali merokok. Oleh sebab itu pilihlah makanan rendah lemak dan sehat untuk menghindari kenaikan berat badan.

2. Catat pencapaian yang diperoleh setelah berhenti merokok
Menurut The H. Lee Moffitt Cancer Centre & Research Institute di University of South Florida,  dengan membuat jurnal pencapaian tentang apa saja yang telah dilakukan demi menjauhkan diri dari kebiasaan merokok, dapat membantu seseorang untuk tidak kembali lagi ke kebiasaan buruk tersebut.

Oleh sebab itu, jadikan jurnal tersebut sebagai pengingat diri. Apa saja hal-hal yang membuat Anda berhenti untuk merokok, dan tuliskan apa manfaat yang Anda dapatkan saat telah berhenti merokok. Sehingga ketika ada dorongan untuk kembali merokok, lihatlah jurnal yang telah Anda buat sebagai peringatan.

3. Sikat gigi lebih sering
Ketika Anda memutuskan untuk berhenti merokok, maka mulut akan terasa lebih baik dan bau napas menjadi berkurang bila dibandingkan saat Anda merokok. Oleh sebab itu, sikatlah gigi Anda lebih sering. Dengan begitu akan membuat Anda cenderung mengurangi untuk menyalakan rokok. Selain itu juga dapat menghilangkan bau busuk dan menggantinya dengan napas dan mulut yang segar.

4. Hindari alkohol
Salah satu pemicu umum untuk membuat seseorang kembali merokok adalah dengan minum minuman beralkohol. Bagi sebagian orang, tidaklah nikmat rasanya bila minum tanpa ditemani rokok. Oleh sebab itu, hindarilah minum minuman beralkohol saat Anda telah memutuskan untuk berhenti merokok.

5. Menemukan zona tanpa rokok
Saat dorongan untuk merokok mulai menyerang, sebaiknya Anda pergi ke suatu tempat dimana tidak ada satupun orang yang menyalakan rokok. Seperti bioskop, pusat perbelanjaan atau perpustakaan misalnya. Dengan begitu akan lebih mudah untuk menahan godaan kembali merokok.

6. Ingat kembali alasan Anda untuk berhenti merokok
Ingatlah alasan Anda untuk berhenti merokok, kemudian catat semua alasan tersebut di sebuah kertas. Lalu tempelkan alasan-alasan tersebut dimanapun Anda menghabiskan waktu. Atau letakkan di tempat yang mudah terlihat, sehingga akan lebih mudah untuk mengingatnya.

Bahkan beberapa mantan perokok yang berhasil menghindari godaan merokok juga melakukan hal ini. Ketika melakukan hal tersebut, mereka menemukan hal yang bermanfaat dengan meletakkan foto keluarga dan orang-orang yang dicintainya.

7. Menjadi aktif sepanjang hari
Saat tubuh Anda aktif, maka akan mengirimkan kimia alami yang dapat membantu memperbaiki suasana hati dan meringankan stres. Salah satu latihan mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan berjalan. Pilihlah beberapa kegiatan yang berbeda yang bisa Anda lakukan serta sisihkan sedikit waktu untuk melakukan kegiatan tersebut. Lakukan secara rutin terutama dibulan pertama setelah Anda berhenti merokok.

8. Isi kalender Anda
Saat memutuskan untuk berhenti merokok, isilah minggu pertama Anda dengan kegiatan dan hal yang anda inginkan untuk dilakukan. Misalnya dengan membuat rencana untuk makan dan berkumpul bersama keluarga atau teman, atau hal lainnya yang Anda sukai sambil tetap mengendalikan godaan merokok.

9. Letakkan sesuatu di mulut Anda
Salah satu cara untuk mengendalikan godaan merokok adalah dengan meletakkan sesuatu di mulut. Ketika muncul godaan untuk merokok, Anda bisa mengganti rokok dengan permen karet bebas gula, permen keras atau camilan sehat. Setidaknya Anda memiliki sesuatu yang selalu dibawa setiap hari. Dan jika Anda khawatir tentang kenaikan berat badan, maka pilihlah camilan yang rendah kalori.

Demikianlah 9 cara untuk melawan godaan kembali merokok yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Saat godaan merokok kembali menyerang, Anda hanya memiliki dua pilihan. Yaitu tetap meneruskan usaha yang telah dilalui atau kembali menghisap si biang penyakit tersebut dengan segala resiko yang menanti. Semoga bermanfaat.  

0 Komentar untuk "9 Cara Lawan Godaan Kembali Merokok"

Back To Top