Ini Dia 8 Pesona Indonesia Khas Borneo Selatan


Ibarat surga tersembunyi, begitu banyak destinasi wisata alam Indonesia yang belum terjamah dengan keindahan yang mampu memukau mata. Salah satunya di Kalimantan Selatan. Berbeda dengan provinsi lainnya, Destinasi Wisata Kalsel memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri.

Bahkan, ada beberapa obyek wisata yang menjadi satu-satunya di Indonesia. Oleh sebab itu, tidak mengherankan bila banyak wisatawan yang datang berkunjung ke provinsi ini.

Berikut Destinasi Wisata Kalsel yang bisa kamu kunjungi . 

1. Pasar Terapung


pasar terapung

Salah satu objek wisata andalan Kalimantan Selatan adalah Pasar Terapung. Berbeda dengan pasar pada umumnya, di Pasar Terapung proses transaksi jual beli dilakukan di atas perahu. Keberadaan pasar ini sudah cukup terkenal di Indonesia. Bahkan salah satu stasiun televisi swasta pun sempat mengabadikan pasar ini sebagai salah satu ikon iklannya. Namun pasar ini tidak buka setiap saat, melainkan hanya di pagi hari mulai pukul 06.30 sampai 09.00 waktu setempat. Bila telah lewat jam tersebut, jangan harap kamu bisa mengunjunginya.

2. Pulau Kembang 


pulau kembang

Pulau yang ditetapkan sebagai hutan wisata ini merupakan habitat para kera berekor panjang dan beberapa jenis burung. Di pulau ini juga terdapat sebuah Vihara yang cukup ramai dikunjungi oleh warga keturunan Cina untuk beribadah. Saat berkunjung ke pulau ini, kamu akan disambut oleh para kera yang menunggu untuk diberi makanan. 

Tidak perlu takut, karena sebagian besar para kera tersebut jinak dan hanya beberapa yang sedikit liar. Disekitar pulau ini juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan, sehingga bila kamu ingin memberi makanan untuk para kera tersebut dapat membelinya disana. 

3. Marabahan


Marabahan

Di kota kecil ini terdapat jembatan megah yang bernama rumpiang. Jembatan ini berdiri kokoh di atas sungai Barito. Dari atas jembatan ini kita dapat melihat aktivitas yang berlangsung di sungai Barito. Dan dari kota ini kamu juga dapat mengunjungi Margasari, yaitu sebuah desa yang menghasilkan aneka jenis barang kerajinan tangan yang terbuat dari rotan dan bambu seperti topi dan kipas tangan. 

4. Pasar Permata Martapura


pasar permata martapura

Merupakan waktu yang tepat bila kamu mengunjungi kota ini pada hari Jumat. Karena pada hari tersebut kamu dapat menikmati sensasi pasar tradisional yang ramai dikunjungi oleh para wanita Banjar dengan pakaian tradisional yang berwarna-warni. Terutama bagi kamu penggemar batu permata, maka pasar ini merupakan tempat yang wajib dikunjungi. Selain sebagai sentral batu permata, pasar ini juga menjual beragam jenis manik-manik dan perhiasan perak.

5. Kawasan Tambang Intan Cempaka


kawasan tambang intan cempaka

Kawasan ini merupakan kawasan penambangan intan dan emas yang dapat dikunjungi. Disana para pengunjung diperbolehkan untuk melihat secara langsung bagaimana para pekerja mencari intan dan emas yang berada di lubang-lubang penggalian yang penuh lumpur.

6. Air Terjun Rampah Menjangan


air terjun rampah menjangan

Diantara banyaknya air terjun yang ada di Loksado, Kalimantan Selatan, air terjun ini sangat cocok buat para pecinta trekking. Karena untuk mencapainya dibutuhkan tenaga ekstra. Namun semuanya akan terbayar saat telah berhasil mencapai air terjun ini. Gemericik air dan bebatuan besar menjadi pemandangan yang menyegarkan bila telah sampai disana. 

7. Patung Bekantan


patung bekantan

Bila Singapura memiliki maskot berupa Patung Merlion, maka Kalimantan Selatan memiliki Patung Bekantan. Patung yang menyemburkan air dari mulutnya ini menjadi daya tarik baru bagi para masyarakat terutama muda-mudi untuk berfoto disana. Tertarik ingin mengunjungi Singapura ala Kalimantan Selatan ini ? 

8. Pulau Samber Gelap


pulau samber gelap

Kalimantan Selatan memiliki keindahan alam dengan pesona tersendiri. Layaknya sebuah surga tersembunyi, banyak pantai-pantai indah nan eksotik yang belum terjamah. Salah satunya Pulau Samber Gelap. Meski namanya terkesan seram, namun pulau ini memiliki keindahan alam yang patut diacungi jempol.

Pantai pasir putih dan air laut yang jernih serta lambaian pohon kelapa menjadi daya tarik tersendiri buat kamu yang ingin berkunjung kesini. Selain itu, di pulau ini juga terdapat penangkaran penyu yang bisa kamu kunjungi. Bahkan para pengunjung diperbolehkan untuk mengabadikan aktivitas para penyu di pinggir pantai.

Akan tetapi belakangan ini beredar kabar bahwa Pulau ini telah di beli oleh seorang pengusaha dengan harga yang cukup fantastis. Sehingga para pengunjung tidak lagi bebas berkunjung ke pulau ini. Sungguh sangat disayangkan karena pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit para pelancong. 

Oleh sebab itu, diperlukan kesadaran bagi masyarakat dan pemerintah setempat untuk mengawasi dan mengelola setiap tempat wisata, agar tidak terjadi hal-hal yang serupa. Sehingga dapat menarik para wisatawan dalam dan luar negeri untuk berkunjung. Dengan demikian dapat meningkatkan perekonomian dan mensejahterakan masyarakat.
Tag : Berita, Info Unik
1 Komentar untuk "Ini Dia 8 Pesona Indonesia Khas Borneo Selatan"

Bagus banget tulisannya, saya yakin ini pasti juara..

Back To Top