Hati-Hati, Jangan Pernah Ambil Ilmu Dari 4 Orang Ini!


Sebagai umat muslim, kita selalu diajarkan bahwa ilmu adalah salah satu harta yang paling berharga, selain itu saat berbagi ilmu dengan orang lain, ilmu tersebut tidak akan pernah berkurang malahan akan bertambah.

Hati-Hati, Jangan Pernah Ambil Ilmu Dari 4 Orang Ini!

Karena itulah jangan ragu-ragu untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya sesuai amanah dari Ibnu Sirrin yang mengatakan bahwa ilmu tersebut akan menjadi agama untuk kita semua. Namun hati-hati, jangan pernah ambil ilmu dari 4 orang ini! Karena ilmu yang mereka bagikan malah justru akan menyesatkan.

Maka Hati-Hati, Jangan Pernah Ambil Ilmu Dari 4 Orang Ini!

Imam Malik rahimahullah pernah berkata bahwa terlarang untuk mengambil ilmu dari beberapa orang. Terlebih karena ilmu tersebut akan menjadi agama kita nantinya. Inilah beberapa orang yang harus kita hindari untuk ambil ilmunya:

1. Orang yang bodoh
Tentunya kita tidak mungkin belajar dari orang yang bodoh, namun tidak semua orang bodoh itu terlihat bodoh. Terkadang orang bodoh tersebut akan berlagak sok pintar dan mengungkapkan teori yang tinggi dan membuatnya seolah-olah teori tersebut benar. 

Karena itulah jangan pernah ambil ilmu dari orang bodoh yang terlihat pintar. Meskipun dalam pandangan Anda orang tersebut terlihat pintar, namun perhatikan lagi kata-kata yang ia ucapkan, apakah kalimat tersebut sesuai dengan kebenaran atau hanyalah rekaan semata.

2. Orang pengikut nafsu
Jenis orang kedua ini mungkin tidak terlihat bodoh malahan akan terlihat sangat pintar. Namun sayangnya ia tidak menggunakan kepintaran yang ia miliki untuk sesuatu yang berguna. Malahan ia hanya menggunakan kepintaran yang ia miliki untuk mengikuti nafsunya sendiri. 

Orang tersebut akan menggunakan ilmu yang ia miliki untuk mencapai tujuan yang ia inginkan dengan segala cara. Bahkan tidak jarang orang tersebut menggunakan cara-cara yang haram dalam agama Islam. Tentunya sebagai umat muslim kita harus pintar dalam mengambil ilmu dari orang lain. Karena itulah berhati-hati dalam menuntut ilmu, jangan menuntut ilmu dari orang pintar namun memiliki tujuan yang salah. 

3. Orang pembohong
Jenis orang ketiga adalah orang yang kesukaannya adalah berbohong. Orang ini terkadang akan terlihat sangat pintar karena ia menggunakan kebohongannya untuk menutupi kebodohannya. Mungkin Anda berdalih bahwa orang tersebut setidaknya tidak mendustakan Rasulullah. 

Meskipun demikian bukan berarti apa yang ia lakukan itu benar. Karena Rasulullah sendiri sudah berkata bahwa kebohongan tersebut merupakan akar dari semua dosa. Dan jika kebiasaan berbohong tersebut sudah menjadi sifat maka ia tidak akan ragu-ragu untuk melakukan dosa yang lain dan ada kemungkinan bahwa dosa tersebut adalah dosa yang jauh lebih besar daripada sekedar berbohong. Hati-hatilah menuntut ilmu dari 4 orang ini.

4. Orang yang tak paham
Jenis orang yang terakhir adalah orang yang sesungguhnya tidak memahami apa yang ia sampaikan. Orang seperti ini biasanya akan menggungkapkan hal-hal yang tinggi untuk menarik perhatian orang lain, meskipun sesungguhnya ia tidak betul-betul memahami apa yang ia ucapkan. 

Anda bisa mengetahuinya dengan menanyakan lebih detail mengenai hal-hal yang ia sampaikan, biasanya orang tersebut tidak akan bisa menjawabnya. Karena itulah jangan pernah mengambil ilmu darinya karena Anda tidak akan tahu apakah yang ia sampaikan itu benar atau tidak.

Hati-hatilah menuntut ilmu dari 4 orang ini terutama bagi hal-hal yang berhubungan dengan syariah ataupun aqidah karena bisa-bisa kita disesatkan dan malah melakukan dosa yang diri sendiri tidak sadar melakukannya. 

0 Komentar untuk "Hati-Hati, Jangan Pernah Ambil Ilmu Dari 4 Orang Ini!"

Back To Top