Inilah Doa Agar Dimudahkan Melunasi Hutang Meski Sepenuh Gunung


Setiap orang tentunya tidak ingin memiliki hutang dalam bentuk apapun. Namun ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang akhirnya memilih untuk berhutang, salah satunya untuk melanjutkan hidup. 

Akan tetapi, apabila seseorang telah pernah berhutang, maka akan ada kecendrungan bagi dirinya untuk kembali berhutang. Terlebih lagi kini banyak fasilitas untuk berhutang yang disediakan oleh berbagai lembaga, ataupun perusahaan yang menganut sistem ribawi.

Inilah Doa Agar Dimudahkan Melunasi Hutang Meski Sepenuh Gunung

Memang, semua orang yang berhutang tentunya menginginkan agar dapat membayarkan hutangnya dan tidak akan lagi berhutang. Namun,tidak jarang mereka yang berhutang merasa kesulitan dalam membayar hutangnya dikarenakan besarnya bunga yang dibayarkan selain hutang pokok. Sehingga agar dapat membayarkan hutang tersebut, dengan terpaksa mereka kembali meminjam dengan pihak lainnya. Ibarat gali lubang tutup lubang. seperti itulah kondisi kebanyakan orang-orang yang berhutang. 

Dalam sebuah riwayat, diceritakan tentang seorang budak yang menemui Ali bin Abi Thalib sambil berkata bahwa ia telah berjanji kepada tuannya untuk membayarkan hutangnya sehingga ia bisa merdeka, akan tetapi ia tidak mampu melunasi hutangnya tersebut. Maka Ali pun berkata kepadanya bahwa Rasulullah SAW telah mengajarkan kepadanya sebuah kalimat yang apabila ia memiliki hutang sepenuh gunung, maka Allah akan memudahkannya untuk melunasi hutang tersebut.

Adapun kalimat tersebut merupakan sebuah doa yang anjurkan oleh Rasulullah SAW yaitu 

“ALLAHUMAK-FINII BI HALAALIKA AN HAROOMIK, WA AGH-NINIY BI FADHLIKA AMMAN SIWAAK”

Yang artinya “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu”. (HR. Tirmidzi no. 3563)

Kemudian Rasulullah SAW juga pernah mengajarkan sahabatnya yang sedang terlilit hutang untuk membaca dua ayat pada surat Ali Imran yaitu pada ayat ke 26 dan 27, dan mengamalkannya sebagai doa dan wirid harian setelah melakukan sholat wajib dan sholat hajat, sehingga Allah SWT akan mengabulkan doanya agar dapat melunasi hutang meskipun sebesar gunung dan meluaskan rejeki baginya. 

Berikut bunyi surat Ali Imran ayat 26 dan 27 yang dianjurkan Rasulullah untuk dibaca ketika seseorang terlilit hutang dan ingin segera melunasinya.

“QULI ALLAAHUMMA MAALIKA ALMULKI TU’TII AL MULKA MAN TASYAAU WATANZI’U ALMULKA MIMMAN TASYAAU WATU’IZZU MAN TASYAAU WATUDZILLU MAN TASYAAU BIYADIKA ALKHAYRU INNAKA ‘ALAA  KULLI SYAY-IN QADIIRUN”

Yang artinya, “Katakanlah “Wahai tuhan yang memiliki kerajaan, Engkau berikan kerajaan pada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau Kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan-Mu lah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Kemudian di lanjutkan ayat 27 yang berbunyi

“TUULIJU ALLAYLA FII ALNNAHAARI WATUULIJU ALNNAHAARA FII ALLAYLI WATUKHRIJU ALHAYYA MINA ALMAYYITI WATUKHRIJU ALMAYYITA MINA ALHAYYI WATARZUQU MAN TASYAAU BIGHAYRI HISAABIN”

Yang artinya, “Engkau masukkan malam dalam siang dan engkau masukkan siang dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezeki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas)”

Demikianlah beberapa doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dibaca oleh seseorang yang memiliki hutang dan ingin segera dapat melunasi hutangnya meskipun sepenuh gunung. Semoga Allah Ta’ala mendengarkan segala doa-doa setiap hamba-Nya. Amin ya robbal alamin
1 Komentar untuk "Inilah Doa Agar Dimudahkan Melunasi Hutang Meski Sepenuh Gunung"

aslamu alaikum wr wb..
bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. JAYA hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
dan melihat langsung hasilnya, `
saya akhirnya bergabung dan menghubungi K.H. JAYA di no 0851 4534 1286
semua petunjuk K.H. JAYA saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
alhamdulilah demi allah dan anak saya,
akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih K.H. JAYA saya tidak akan melupakan jasa aki.
jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
saya sudah buktikan demi allah silahkan hub K.H. JAYA di no 0851 4534 1286 kunjungi web resmi di danagaib.xtgem.com atau KLIK DISINI

Back To Top