Inilah Makna Dibalik Mahar Seperangkat Alat Sholat dan Al-Qur’an


Sudah tahukah Anda makna dibalik mahar seperangkat alat sholat dan Al-Qur’an? Meskipun sudah sangat sering diucapkan dalam ijab kabul, ternyata masih cukup banyak orang yang belum tahu artinya.

Inilah Makna Dibalik Mahar Seperangkat Alat Sholat dan Al-Qur’an

Beberapa pihak mengatakan bahwa seperangkat alat sholat dan Al Quran akan melancarkan hubungan pernikahan suami dan istri, sementara beberapa pihak lagi mengatakan bahwa pasangan yang tidak menjadikan dua hal tersebut sebagai mahar akan berdosa. Ada juga yang menyatakan bahwa dua alat tersebut hanya simbol dari pernikahan. 

Tetapi jika dipikirkan secara logika, dua hal ini tentu saja dibutuhkan pasangan suami istri untuk semakin mendekatkan diri pada Allah. Setiap keluarga seyogyanya memiliki Al-Quran maupun alat sholat masing-masing. Jika hal ini tidak merupakan keharusan saat menikah, kemungkinan terburuknya adalah keluarga tersebut tak akan pernah memiliki Al-Quran keluarga dan bisa-bisa meninggalkan Allah sama sekali dalam membangun rumah tangga. 

Apa saja isi seperangkat alat sholat? 

Seperangkat alat sholat terdiri dari tasbih, mukena, sajaddah, dan Al-Quran pada umumnya. Akan tetapi, setiap pasangan bisa memiliki jenis mahar yang berbeda-beda dan bentuk yang sangat berbeda pula. Karena hanya merupakan simbol, pemilihan seperangkat alat sholat ini sesungguhnya dibebaskan ke pasangan pengantin.

Inilah  makna dalam seperangkat alat sholat dan Al-Quran.

Ketika akad nikah seorang lelaki yang memberikan mahar berupa seperangkat alat sholat, maka sesungguhnya ia telah berjanji akan mengajarkan sholat dan juga menjaga sholat istrinya, agar istrinya tidak melalaikan dan terus meningkatkan kualitas sholatnya. 

Sedangkan pemberian mushaf Al-Qur'an pada saat akad nikah memiliki makna bahwa sang suami berjanji untuk mengajarkan istrinya akhlaqul Qur'an, menjalankan rumah tangganya berdasarkan Al-Qur'an dan juga mengajarkan istrinya seluruh isi Al-Qur'an dari surat Al-Fatihah hingga surat An-Naas. 

Bukan hanya itu, sang suami juga perlu menjaga nafas Al-Quran di dalam rumah tangganya sehingga terwujud keluarga yang saleh kepada Allah dengan akhlak yang tinggi. Cukup berat kan kewajiban sang suami? Jadi, jangan anggap sepele mahar berupa seperangkat alat sholat dan Al-Quran.

0 Komentar untuk "Inilah Makna Dibalik Mahar Seperangkat Alat Sholat dan Al-Qur’an"

Back To Top