Ternyata, Kebelet Pipis Bikin Orang Makin Pintar


Semua orang pasti pernah merasakan kebelet pipis  serta menahan buang air karena berbagai alasan. Memang menahan kencing atau pipis itu berbahaya untuk kesehatan, namun ternyata, menurut sebuah penelitian kebelet pipis bisa membuat orang semakin pintar. Benarkah? Bagaimana bisa kebelet pipis membuat otak kita menjadi lebih pintar?

Ternyata, Kebelet Pipis Bikin Orang Makin Pintar

Inilah Alasan Mengapa Kebelet Pipis Bikin Orang Makin Pintar.

Kesimpulan yang menyatakan bahwa sesak pipis bisa bikin orang tiba-tiba pintar tersebut tidak dilakukan secara sembarangan karena didapat dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Mirjan Tuk yang berasal dari Universitas Twente di Belanda. Mungkin Anda belum menyadarinya, tetapi kebanyakan orang saat diminta untuk mengambil keputusan atau disuruh menjawab suatu pertanyaan, biasanya mereka akan berpikir lama dan tidak dapat mengambil keputusan dengan cepat.

Tapi anehnya, ketika pertanyaan yang sama coba diajukan kepada orang yang lagi kebelet pipis, orang itu bisa dengan cepat dan mudah memutuskan atau menjawabnya. Dari asumsi inilah Dr. Mirjan akhirnya melakukan penelitian untuk menjawab rasa penasarannya.

Dr. Mirjan coba mengumpulkan sejumlah relawan kemudian membaginya menjadi dua kelompok. Kelompok yang pertama diberi minum 7 gelas sekaligus (masing-masing gelas 750 ml), sedangkan kelompok kedua hanya diminta untuk minum dengan menyeruput sedikit demi sedikit. Kemudian Dr. Mirjan menunggu jeda waktu agar air mengisi kandung kemih hingga penuh sekitar 40 menit sehingga kelompok pertama mulai kebelet pipis. Setelah itu, kedua kelompok ini diminta untuk melakukan tes psikologi dengan pertanyaan yang sama dengan tujuan untuk mengukur kemampuan pengambilan keputusan mereka.

Hasilnya? Saat selesai, rupanya kelompok pertama yang diberi minum banyak lebih memilih untuk menjatuhkan keputusan yang memberikan keuntungan jangka panjang, sedangkan kelompok kedua yang hanya meminum air sedikit malah justru mengambil keputusan yang memberikan keuntungan jangka pendek atau hanya sesaat. Dari hasil yang didapat inilah, akhirnya Dr. Mirjan menyimpulkan bahwa ternyata, kebelet kencing bikin orang makin pintar.

Untuk lebih jelas mengapa hal itu bisa terjadi, ada penelitian yang dilakukan oleh Profesor Han Reul, seorang ahli neurologi dari Universitas Bristol. Profesor ini berusaha menjelaskan bagaimana kerja otak ketika seseorang dalam keadaan panik. 

Rupanya saat kita panik, otak akan melepaskan dua hormon stres, yakni yang kita kenal sebagai adrenalin dan satunya adalah kortisol. Kedua hormon stres yang dilepaskan ini dapat mengubah cara kerja hipokampus yang merupakan bagian otak yang berfungsi sebagai pengatur daya ingat serta kemampuan dalam mempelajari suatu hal.

Karena perubahan cara kerja ini, maka susunan rantai DNA yang ada di hipokampus seperti terprogram ulang. Dan proses tersebut dikenal sebagai epigenetic modification. Kalau dihubungkan kembali pada penelitian yang dilakukan oleh Dr. Mirjan, didapat kesimpulan bahwa jika seseorang sedang kebelet pipis, ia akan lebih mudah memahami dan mengingat suatu hal.

Oleh karena itu, para peneliti malah memberikan saran agar kita banyak-banyaklah minum air putih sampai kandung kemih penuh. Hal ini nantinya justru memberikan manfaat pada bagian otak sebagai pusat berpikir dan peningkatan kinerja sel otak khususnya bagian yang berhubungan dalam pengambilan resiko atau keputusan.

Itulah beberapa penjelasan mengapa kebelet pipis bisa membuat otak semakin pintar. Selain itu, tidak ada salahnya minum banyak air putih karena memang menyehatkan untuk tubuh. Tapi, meski ternyata kebelet pipis bikin orang semakin pintar, sangat disarankan jangan pernah menahan kebelet pipis dalam jangka waktu yang lama karena hal tersebut justru berdampak buruk bagi kesehatan.
0 Komentar untuk "Ternyata, Kebelet Pipis Bikin Orang Makin Pintar "

Back To Top