Inilah Dzikir yang Dapat Mencegah Maksiat


Perbuatan maksiat tentu harus dihindari oleh umat Muslim agar bisa mendapat tempat di surga kelak dengan lebih mudah, Akan tetapi, begitu banyak godaan di sekitar kita manusia untuk melakukan perbuatan maksiat. Ingin mencegahnya secara mudah? lakukan dzikir ini.

Inilah Dzikir yang Dapat Mencegah Maksiat

Dzikir yang Dapat Mencegah Maksiat Dilakukan Manusia

Kisah mengenai dzikir untuk mencegah maksiat ini pernah diceritakan oleh Imam Sahl. Kurang lebih begini kisah yang dinyatakan oleh beliau yang juga merupakan ulama sangat berpengaruh bagi orang-oarng sekitar. 

Saat masih berusia 3 tahun, Imam Sahl mengikuti pamannya yaitu Muhammad bin Sanwar untuk melaksanakan qiyamullail. Imam Sahl yang saat itu masih kecil mulai mengikuti gerakan pamannya. Beberapa hari kemudian pamannya tiba-tiba bertanya apakah Imam Sahl mengingat Allah yang menciptakannya. 

Dengan rasa penasaran, ia bertanya kembali bagaimana cara untuk mengingat sang Allah. Dengan tenang, Muhammad bin Sanwar berkata bahwa saat Imam Sahl hendak tidur atau berganti pakaian, ada baiknya ia mengucapkan bahwa Allah bersamanya, melihatnya, dan menyaksikannya dalam bahasa Arab sebanyak 3 kali dalam hatinya (Allahu ma’i, Allahu naadhiri, Allahu syaahidi). 

Mendengar hal tersebut, Imam Sahl pun mulai mengucapkan kalimat tersebut setiap hari saat ia hendak ganti baju sekaligus sebelum tidur. Setelah berhasil melakukannya, ia memberitakan kabar baik ini pada pamannya. Sang Paman memberinya tantangan lebih besar yaitu mengucapkan dzikir tersebut sebanyak 10 kali setiap malam.

Kurang lebih seperti itulah cara Imam Sahl cegah maksiat dengan melakukan dzikir ini. Saat Muhammad bin Sanwar memintanya untuk mengucapkan dizikir 10 kali pun, ia melaksanakannya dengan patuh. Saat melakukannya pun Imam Sahl meresapi artinya sedalam-dalamnya dan mendapatkan kedamaian yang tak bisa tergambar oleh kata-kata. Ia merasa selalu dilindungi dan bersama dengan Allah SWT. 

Satu tahun setelahnya sang paman berkata bahwa Imam Sahl perlu mengamalkan dzikir tersebut sampai ia meninggal dunia. Bagaimana tidak, dzikir itu akan bermanfaat sekalipun Imam Sahl berada di surga sebagaimana hal tersebut bermanfaat di dunia. 

Pamannya bertanya lagi apakah orang yang selalu merasa disertai oleh Allah, dilihat oleh Allah, sekaligus disaksikan oleh Allah akan berani melakukan perbuatan maksiat. Dengan percaya diri dan yakin, Imam Sahl menjawab bahwa orang yang mengucapkan dzikir tersebut akan jauh dari segala perbuatan maksiat.
Sekarang, bagaimana dengan kita? Apakah kita siap mencegah perbuatan maksiat dengan dzikir? 

Sesungguhnya dzikir ini sama sekali tidak sulit untuk dilakukan dan tidak memakan banyak waktu Anda. Akan tetapi, efek yang diberikan sungguh luar biasa karena ketakwaan kita pada Allah SWT pun akan meningkat. Saat merasa bahwa kita sedang bersama Allah, dilihat oleh Alah, serta disaksikan oleh Allah, kita tentu akan merasa takut, enggan, dan berat hati utnuk melakukan perbuatan maksiat sekecil apapun itu. 

Jika Imam Sahl yang masih kecil saja sudah sering mengucap dzikir tersebut dalam segala perbuatannya, apakah kita yang lebih besar darinya sekarang ini mau kalah dengan Imam Sahl? Oleh karena itu mulai sekarang ucapkanlah dzikir tersebut dalam segala perbuatan Anda. 

Resapi setiap maknanya dengan baik, niscaya Anda akan menjadi orang yang tawakal kepada Allah SWT. Inilah dzikir yang dapat mencegah maksiat. Semoga artikel ini bisa sangat berguna bagi kita semua. Ingatlah untuk selalu hidup berkenan di hati Allah Yang Maha pengasih.

0 Komentar untuk "Inilah Dzikir yang Dapat Mencegah Maksiat"

Back To Top