Inilah Fenomena Shalat Jumat yang Perlu Diperbaiki


Hari jumat merupakan hari yang sangat mulia bagi umat muslim diseluruh dunia. Pada hari tersebut seluruh lelaki umat Nabi Muhammad SAW berkumpul di dalam masjid-masjid untuk melaksanakan shalat Jumat.

Shalat Jumat adalah salah satu shalat sunnah tapi wajib bagi kaum lelaki. Oleh karena itu, mereka harus menunaikan shalat Jumat agar tidak berdosa. Namun, terdapat beberapa  fenomena shalat Jumat yang perlu diperbaiki karena masih banyak masyarakat kita yang melakukan hal ini.

Sepuluh Fenomena Shalat Jumat yang Perlu Diperbaiki

Lalu apa sajakah fenomena-fenomena shalat Jumat tersebut ? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Terlambat ke masjid
Kebanyakan masyarakat kita menghadiri shalat Jumat dengan waktu yang mepet. Hal ini dapat mengurangi pahala kita dalam menunaikan shalat Jumat. Sebuah dalil menjelaskan bahwa malaikat akan mencatat segala keutamaan dan kebaikan kita sebelum penceramah berdiri di mimbar. Setelah penceramah tersebut berdiri ke mimbar, maka malaikat akan menutup buku catatan untuk mendengarkan ceramah. Inilah satu di antara sepuluh hal di shalat Jumat ini perlu diperbaiki.

2. Tidak mandi Jum’at
Fenomena yang sering terjadi di tengah masyarakat adalah tidak mandi ketika akan shalat Jumat. Banyak di antara mereka yang beralasan bahwa tidak ada waktu karena mereka harus bekerja. Namun hal ini bukanlah suatu alasan karena sebenarnya masih ada cara untuk mengatasi hal ini. Jadi sebelum berangkat kerja, mereka mandi besar dengan niat melakukan sunnah shalat Jumat. 

3. Tidak memakai parfum
Salah satu keutamaan ketika melakukan shalat Jumat adalah dengan memakai parfum atau mintak wangi. Masih banyak orang yang tidak memakai parfum. Meskipun hal ini tidak dosa tapi akan mengurangi keutamaan dalam shalat Jumat.

4. Tidak mengambil shaf paling depan
Sepuluh fenomena Shalat Jumat yang perlu diperbaiki ini masih sering terjadi di beberapa masjid. Meskipun seseorang hadir lebih awal tapi ia lebih memilih berada di shaf yang belakang. Padahal masih banyak shaf di depan yang masih kosong. Shalat Jumat yang seperti ini akan berkurang keutamaannya.

5. Tidak membaca doa masuk ke masjid
Ketika kita masuk ke dalam masjid dianjurkan untuk membaca doa masuk masjid. Tapi masih banyak orang yang tidak melakukan hal ini karena terburu-buru atau lupa. Padahal hal ini akan berpengaruh juga terhadap keutamaan kita dalam melakukan shalat Jumat.

6. Tidak melakukan shalat sunnah tahiyat masjid
Shalat tahuyatul masjid adalah shalat ketika kita tiba di dalam masjid. Meskipun hukumnya sunnah, tapi Rasul sangat mengutamakan shalat ini. Bahkan Rasul lebih mengutamakan shalat ini daripada mendengarkan khutbah. Hal ini membuktikan bahwa ketika kita tidak melakukan shalat sunnah maka akan berkurang keutamaan shalat Jumat.

7.Tidur saat khutbah
Mendengarkan tanpa adanya aktivitas adalah suatu yang membosankan. Mungkin inilah yang mebuat banyak orang tidur ketika mendengarkan khutbah. Mereka menganggap bahwa khutbah adalah dongeng tidur. Padahal salah satu keutamaan shalat Jumat ada di khutbah ini, yakni mendengarkan khutbah.

8. Tidak berdoa di antara dua khutbah
Berdoa adalah cara kita untuk meninta bantuan atau berkeluh kesah kepada Allah SWT. Terdapat beberapa waktu yang dipercaya mustajab untuk memanjatkan doa. Salah satunya adalah berdoa di antara dua khutbah. Oleh karena itu, apabila kita menunaikan shalat Jumat, berdoalah ketika ada di antara dua khutbah.

9. Khutbah sangat lama
Beberapa orang tidak mendengarkan khutbah karena khutbah yang terlalu lama. Hal ini akan membuat mereka tidur, bermain HP, atau bermain apa yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, khutbah dianjurkan tidak terlalu lama agar tidak mengubah niat orang yang ingin menunaikan shalat secara ikhlas. Inilah salah satu dari 10 hal yang perlu diperbaiki di Shalat Jumat.

10. Salam langsung pulang
Ketika shalat selesai, maka kita dianjurkan untuk berdiam diri dengan berdzikir atau berdoa kepada Allah. Bahkan kita dapat menunaikan shalat sunnah yang akan menambah keutamaan kita dalam shalat Jumat.

Demikianlah beberapa fenomena shalat jumat yang terjadi disekitar kita. Dan sudah seharusnya perlu diperbaiki agar tidak mengurangi pahala shalat jumat. Semoga bermanfaat. 
0 Komentar untuk "Inilah Fenomena Shalat Jumat yang Perlu Diperbaiki"

Back To Top