Ketahui Sikap Orangtua yang Menyebabkan Anak Durhaka


Setiap orang tua pastinya selalu mendambakan anak-anaknya menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Akan tetapi, pada kenyataannya selalu saja ada anak yang bersikap durhaka. Sikap anak yang durhaka bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Salah satunya sikap orang tuanya.

Ketahui Sikap Orangtua yang Menyebabkan Anak Durhaka

Oleh sebab itu, sikap orangtua yang menyebabkan anak durhaka menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan. Anak yang durhaka bisa jadi memang disebabkan karena pendidikan yang salah dari lingkungan keluarganya dan yang mengambil andil besar dalam hal ini adalah bagaimana cara orangtua mendidik anak-anak mereka. Lalu mengapa sikap orangtua menyebabkan anak durhaka? Berikut penjelasannya.

Ternyata Sikap Orangtua yang Menyebabkan Anak Durhaka, Bagaimana Bisa?

Tentunya setiap orangtua menginginkan memiliki anak yang berbakti kepada orangtua dan juga sholeh serta sholehah. Harus disadari bahwa orangtualah yang memiliki pengaruh besar kepada sikap anak-anak mereka, karena itu tabiat yang buruk pada anak bisa jadi disebabkan oleh didikan orangtua yang salah. 

Sebagai contoh, salah satu sikap yang dapat menjadikan anak durhaka adalah sikap orangtua yang tidak adil terhadap anak dan hal ini harus dihindari, mengapa? Karena sikap pilih kasih dari orangtua terhadap anak bisa menyebabkan si anak merasa dengki, iri hati, benci, dan permusuhan diantara anak-anak sendiri. Jika hal tersebut terus dilakukan atau berlarut-larut, maka nanti ke depannya akan mengakibatkan pemutusan hubungan keluarga dan anak menjadi durhaka.

Mengenai sikap yang adil dan tidak pilih kasih terhadap anak-anak, padahal juga sudah diingatkan oleh Rasululah SAW dalam HR. Muslim kitab al-Hibah 13 dimana Rasulullah mengingatkan umatnya untuk takut terhadap Allah SAW serta berbuat adil terhadap anak-anak. Bahkan betapa pentingnya sikap adil orangtua kepada anak-anak hingga Rasulullah sendiri sampai mengulangi perkataannya tersebut sampai tiga kali agar tentu kita semakin paham dan mengerti. 

Beliau bersabda yang ditulis di dalam Hadits sampai mengucap tiga kali agar kita harus adil terhadap anak. Imam Nawawi juga mendukung perkataan Rasulullah dengan mengatakan bahwa anak-anak sudah selayaknya mendapatkan pemberian yang sama dan tidak boleh dilebihkan serta disamakan (pemberian) baik untuk anak laki-laki maupun anak perempuan.

Kisah orang tua yang pilih kasih ini bisa juga dilihat akibatnya dari cerita Yusuf dan saudara-saudaranya. Yusuf yang lebih dicintai oleh orangtuanya yakni ayahnya dibandingkan saudara-saudaranya sendiri, menyebabkan saudara-saudara Yusuf bersepakat dan bersekongkol untuk mencelakakan Yusuf sehingga menjadi anak yang jahat dan durhaka. Oleh karena itu, sebagai orang tua sebaiknya kita bersikap selalu adil dan tidak pilih kasih terhadap salah satu anak.

Bagaimana Sikap Orangtua yang Benar Agar Anak Tidak Durhaka?

Kasih sayang dan kelemah lembutan orangtua terhadap anak adalah kunci agar anak tidak menjadi durhaka di masa mendatang. Dan hal ini pun merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam mendidik anak yang juga diajarkan oleh Allah SWT terhadap Rasulullah saat mendidik umatnya. Dalam suatu riwayat, Rasulullah juga bersabda bahwa kelembutan merupakan sebuah hiasan bagi segala sesuatu.

Sebagai tambahan, sebaiknya orangtua juga jangan mudah bersikap kasar dan keras terhadap anak-anak mereka. Hal ini telah diingatkan oleh seorang pakar sosiologi kenamaan dan juga yang merupakan seorang ulama, yaitu Ibnu Khaldun. 

Beliau mengingatkan bahwa dalam pendidikan, sikap yang kasar dan keras bisa menghasilkan manusia-manusia munafik, memiliki kepribadian rapuh, serta berbohong. Sebaliknya, jika anak tumbuh di lingkungan yang penuh cinta, saling pengertian, memiliki kepercayaan yang kuat, maka anak akan jarang sekali bersikap khianat atau menjadi anak yang durhaka terhadap orang tua.

Nah, itulah sebabnya mengapa sikap orangtua yang menyebabkan anak durhaka sebaiknya dihindari. Dalam mendidik berikanlah kasih sayang maupun cinta kasih, dan paling penting adalah berlakulah adil terhadap anak-anak.

0 Komentar untuk "Ketahui Sikap Orangtua yang Menyebabkan Anak Durhaka"

Back To Top