Cara Gampang Usir Bau Mulut Dengan Teh


Teh merupakan salah satu jenis minuman yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Saat ini teh memilki banyak varian rasa. Namun teh bukan hanya bermanfaat sebagai pelepas dahaga, akan tetapi ternyata teh juga mampu mencegah timbulnya gigi berlubang, memperkuat email, dan mengontrol bakteri dalam mulut. Sehingga teh dapat menyingkirkan masalah bau mulut atau halitosis. 

Cara Gampang Usir Bau Mulut Dengan Teh

Hampir semua jenis teh berperan besar terhadap kebugaran dan kesehatan bagi penikmatnya. Misalnya teh hitam, teh merah, dsb. Para ahli yang meneliti daun teh sepakat bahwa, teh mengandung senyawa yang bermanfaat seperti polifenol, theofilin, flavonoid, tanin, vitamin C dan E.  Dan teh juga mengandung sejumlah mineral seperti Zn, Se, Mo, Ge, dan Mg. Oleh sebab itu ada yang menjadikan teh sebagai minuman kesehatan.Penelitian oleh seorang ilmuwan di Singapura selama empat tahun telah menambah daftar panjang mengenai manfaat teh. 

Ng Tze Pin, Profesor dari Departemen Obat untuk Kesehatan Jiwa Universitas Nasional Singapura, mengatakan bahwa, teh itu harganya murah, tidak beracun, dan dapat dikonsumsi masyarakat luas. “Selain bagus untuk tubuh, teh juga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang, memperkuat email, dan mengontrol bakteri di dalam mulut,” katanya.

Ng Tze Pin juga mengatakan bahwa, “Kadar flour dan polifenol yang cukup tinggi pada teh, merupakan unsur yang penting bagi kesehatan karena mampu mencegah plak dan melindungi mulut dari bakteri jahat. Apabila sedang bepergian dan tidak sempat untuk menyikat gigi, sebaiknya berkumur dengan teh tawar hangat. Jika terdapat selaput atau lendir putih pada mulut bayi ketika bangun tidur, maka bersihkanlah dengan kapas yang telah dicelupkan pada teh, sehingga mulut akan terasa lebih segar,” jelasnya.

Salah satu gangguan pada mulut yang mengganggu adalah bau mulut atau halitosis. Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkannya. Mulai pengobatan tradisional yang menggunakan berbagai ramuan herbal hingga berkonsultasi dengan dokter.

Sebuah kabar gembira dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti dari Lembaga Perlindungan Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan di Belanda, Dr Sirving Okeli, mengungkapkan bahwa teh memiliki zat yang mampu menghilangkan halitosis, menemukan bahwa di dalam teh, terdapat zat yang bernama polyphonol yang dapat menghambat perkembangan bakteri penyebab napas berbau tidak sedap. 

“Secangkir teh dengan kekentalan normal, cukup mampu membunuh bakteri di lidah. Selain dapat menghambat pertumbuhan pathogen dari dalam mulut, teh juga bermanfaat bagi kesehatan mulut manusia dengan menekan komponen penyebab napas tak sedap yang dihasilkan bakteri pathogen,” kata Dr Sirving OKeli.

Sirving menyarankan agar para penderita halitosis sebaiknya tidak mengonsumsi teh yang dicampur susu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Karena, susu bermanfaat untuk menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. “Akan lebih baik meminum teh tanpa campuran gula. Meminum teh tawar lebih baik bagi mereka yang mengalami halitosis,” ungkapnya lagi.

Sirving menyarankan agar minum teh dengan takaran yang tepat dan pas untuk mendapatkan manfaat optimal. Teh harus diseduh dengan kekentalan yang cukup, yaitu satu bungkus teh celup untuk satu cangkir. “Jika kadar teh terlalu sedikit, maka akan mengakibatkan  tubuh juga akan sedikit,” sebutnya lagi.

Tercatat bahwa hampir 90% penyebab bau mulut adalah bakteri penghasil sulfur yang tinggal di bagian belakang mulut. Kebanyakan bau mulut berkaitan dengan kebersihan mulut yang tak terjaga, misalnya gigi berlubang, infeksi gusi, dan mulut kering. Air ludah yang kental juga dapat menyebabkan bau mulut. Penyebab lainnya adalah dehidrasi, stres, pemakaian obat kumur beralkohol, usia lanjut atau obat-obat tertentu. Oleh sebab itu sebagian orang menjadikan tanaman obat sebagai pengganti obat kimia.

Hal lain yang menyebabkan bau mulut misalnya, diabetes, sinusitis, gangguan hati dan juga  ginjal. “Jika problem bau mulut ini muncul tiba-tiba dan memburuk dalam waktu singkat, atau dibarengi dengan demam atau batuk, segera periksa ke dokter,”ucapnya. 

Jadi konsumsilah teh secara normal dan jangan berlebihan agar dapat mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu pastikanlah selalu kesehatan mulut terjaga agar terhindar dari bau mulut yang mengganggu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita bersama.

1 Komentar untuk "Cara Gampang Usir Bau Mulut Dengan Teh"

Baru tau saya kalau bau mulut dapat dihilangkan dengan teh

Back To Top