Empat Manfaat Sujud Dalam Shalat Bagi Wanita


Ibadah sholat merupakan simbol totalitas ketundukan seorang hamba kepada Khalik-Nya yang di ekspresikan dengan ketundukkan seluruh dimensi diri (hati, akal dan raga). Allah SWT berfirman dalam surat Al-Ankabut ayat 45 yang artinya :
“ ....dirikanlah sholat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar”

Empat Manfaat Sujud Dalam Shalat Bagi Wanita

Tahukah kamu, Bahwa sholat ibarat integrasi dari tiga dimensi fakultas kecerdasan manusia yaitu kecerdaan rasional (IQ), kecerdasan intuitif (EQ), dan kecerdasan kinestetis.  Gerakan-gerakan sholat sangat bermanfaat khususnya untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Salah satu gerakan sholat yang sangat bermanfaat adalah gerakan sujud.

Empat Manfaat Posisi Sujud bagi Wanita yaitu :
  • Posisi sujud dapat meningkatkan oksigen untuk beredar ke arah kepala. Hal ini secara otomatis meningkatkan oksigen untuk beredar di dalam otak sehingga memperlancar metabolisme aerob dalam otak. Pasokan yang meningkat akibat sujud juga dapat memberikan penambahan tekanan pada pembuluh darah. Hal ini akan melatih dinding pembuluh darah di kepala lebih adaptif menghadapi tekanan sehingga relatif menjadi lebih kuat apabila menghadapi suatu trauma.
  • Posisi sujud juga menjamin pasokan aliran kembali ke arah kranial (khususnya darah di pembuluh vena) dan mempermudah pengembalian darah menuju jantung sehingga pengisian darah dari bilik kiri bertambah. Kondisi ini membuat kekuatan konstraksi dan curah jantung meningkat sehingga dapat mencegah terjadinya stroke.
  • Posisi sujud juga mengalirkan getah bening dari tungkai perut dan dada ke leher, karena perubahan posisi lebih tinggi serta meletakkan tangan sejajar dengan bahu atau telinga, memompa getah bening ketiak ke leher. Dr. Tawfiq Elwan, profesor pada Fakultas Kedokteran Alexandria, Mesir, melakukan penelitian tentang gerakan shalat yang berpengaruh terhadap pencegahan terjadinya varises (pelebaran abnormal pembuluh darah vena di kaki). Dengan pengukuran teliti, Dr. Tawfiq menemukan penurunan tekanan setengah kalinya ketika sujud. Semua itu berakibat menurunkan resiko terjadinya varises pada pembuluh darah vena tungkai bawah
  • Posisi sujud juga berguna untuk ibu hamil yaitu untuk merekonstruksi posisi janin dalam rahim. Ibu-ibu hamil yang memiliki kelainan presentasi janin pada usia 7 sampai 8 bulan kehamilan, biasanya masih dapat direposisi dengan modifikasi sujud rutin setiap hari.
MasyaaAllah, sungguh luar biasa manfaat sujud didalam sholat bagi manusia terutama baga para wanita. Rasulullah S.A.W beratus-ratus abad yang lalu menyuruh umatnya untuk memperbanyak doa didalam sujud. Rasulullah S.A.W bersabda yang artinya : “ Sesungguhnya aku dilarang untuk membaca al-Qur’an dalam keadaan ruku’ atau sujud. Adapun ruku’ maka agungkanlah Allah, sedangkan ketika sujud bersungguh-sungguh dalam berdo’a, agar layak dikabulkan untuk kalian” (HR. Muslim No.479)

Dan sujud juga merupakan keadaan dimana seorang hamba dekat dengan pencipta-Nya. Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “ Sedekat-dekat hamba dengan Rabbnya adalah ketika ia sujud, maka perbanyaklah berdo’a (ketika sujud)” (HR. Muslim no 482)

Dikutip dari :
Rahasia Kesehatan Rasulullah-Meneladani Gaya Hidup Sehat Nabi Muhammad SAW Karya dr. Ade Hashman, Sp.An. (2012)

0 Komentar untuk "Empat Manfaat Sujud Dalam Shalat Bagi Wanita"

Back To Top