Sepuluh Makanan Khas Ini Hanya Ada di Indonesia


Indonesia tidak hanya memiliki kekayaan alam yang berlimpah, dengan keberagaman suku bangsa, adat dan bahasa. Termasuk dengan kulinernya, Indonesia memang rajanya. Dari Sabang sampai Merauke memiliki makanan khasnya masing-masing dengan cita rasa yang lezat tentunya. 

Nah buat kamu yang sedang merantau ke negeri orang, pastinya pernah merasakan yang namanya `homesick`. Mungkin rindu dengan keluarga yang ada di rumah, suasana dan lingkungan, dan bahkan masakan Indonesia. Meskipun kini telah banyak rumah makan yang menjual makanan Indonesia, namun tetap saja cita rasa yang dihasilkan sedikit berbeda. Namun tahukah kamu bila beberapa makanan ini hanya ada di Indonesia ? Penasaran? Yuk langsung saja kita simak artikel berikut.

1. Bakso
Bakso

Bakso merupakan salah satu menu yang akan menggoyang lidah ketika mencicipinya. Walaupun di negara-negara lain juga ada yang menyediakan menu bakso yang terkenal dengan sebutan meatball, namun cara penyajiannya tentu saja berbeda-beda. Nah, bakso yang hanya ada di Indonesia adalah bakso Malang dan bakso bakar. Siapa sih yang tidak kenal dengan bakso Malang? Bakso Malang ini disajikan dengan kuah kaldu panas yang ditambahkan mie atau bihun, pangsit, dan gorengan, serta sayur yang juga disediakan beragam macamnya, mulai dari kol, sawi, atau selada. Selain bakso Malang, juga ada bakso  bakar yang merupakan salah satu makanan khas kota Malang. Dan kini telah menjamur ke seluruh pelosok Indonesia. Bakso bakar ini diolah dengan cara dibakar di atas arang dan disiram bumbu spesial.

2. Soto
Soto

Soto merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang disajikan dengan kuah panas dan diisi dengan daging ayam ataupun sapi, sayuran dan berbagai macam bumbu. Uniknya, soto di Indonesia memiliki beragam jenis sesuai dengan daerahnya masing-masing. Misalnya saja ada soto Kudus khas kota Kudus, soto Bandung, soto Betawi, soto Madura, soto Padang dan lainnya. Salah satu menu andalan adalah soto Betawi khas Jakarta. Tidak seperti soto kebanyakan. Soto betawi memiliki kuah kental berwarna putih kekuningan karena menggunakan santan. Soal daging yang dipakai, soto betawi bisa disajikan dengan menggunakan daging sapi, kambing ataupun ayam. Soto Betawi pun akan diracik dengan daun bawang dan bawang goreng serta disajikan dengan kerupuk emping yang tak boleh dilewatkan. 

3. Rendang
Rendang

Rendang adalah makanan berbahan dasar daging yang diolah dengan aneka rempah seperti ketumbar, kunyit dan aneka bumbu dapur lainnya. Rendang merupakan makanan khas Padang yang kaya rasa dan sangat legit. Rasanya yang lezat bercampur dengan kuah pekat yang menempel. Daging lembut dan meninggalkan rasa lezat di lidah ketika disantap dengan nasi hangat.

4. Pempek
Pempek

Pempek adalah menu khas dari Palembang. Berbahan dasar ikan yang diolah dengan tepung. Ada yang disebut kapal selam, lenjer, dan lainnya. Biasanya pempek ini disantap dengan kuah encer yang terbuat dari saus cuka dan gula. Selain itu, ada tambahan mie dan acar di dalamnya. Saat disantap, lidah kita akan dimanjakan karena ada rasa gurih, manis, asam dan asin sekaligus didalamnya.

5. Gudeg
Gudeg

Salah satu menu khas Indonesia yang tidak boleh dilewatkan adalah gudeg khas Jogja. Merupakan perpaduan sayur nangka muda yang dimasak dengan gula merah  dan santan. Gudeg disajikan dengan pelengkap berupa aneka lauk seperti ayam goreng, telur rebus tempe goreng, hingga kerupuk kulit sapi. Bercita rasa khas Jogja, yaitu cenderung manis dan legit. Gudeg akan terasa lengkap bila disantap bersama nasi hangat.

6. Gorengan
Gorengan

Berbicara soal gorengan, hampir di seluruh wilayah di Indonesia mempunyai gorengan khas sendiri. Ada yang berbahan tempe disebut mendoan atau tempe menjes khas Purwokerto. Lalu ada juga pisang molen khas Bandung, heci atau bakwan sayur, ketela goreng, pisang goreng, cireng dan lain sebagainya. Cara menikmatinya pun beragam. Ada yang menggunakan sambal merah, cabai hijau, cabai rawit/cengek atau sambal petis atau sambal rujak.

7. Opor Ayam
Opor Ayam

Opor ayam merupakan makanan berbahan dasar ayam, kentang, telur dan kuah bersantan. Opor biasanya disajikan dengan ketupat saat bulan Ramadhan. Kuahnya kental dengan taburan bawang merah goreng, dengan sentuhan rasa ketumbar, kunyit dan santan yang khas dan bikin kangen. Menu ini memang tiada duanya dan pasti jadi kangen saat sedang merantau di negeri orang.

8. Rawon
Rawon

Rawon adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Rawon mengandalkan 2 buah bahan utama, yaitu kluwek/keluwak/kluak dan daging sapi. Kluwek/keluwak/kluak inilah yang akan menyebabkan warna kuah rawon menjadi hitam pekat. Ditambah dengan bumbu lain seperti bawang merah, ketumbar, daun bawang, dan sereh. Maka rawon akan terasa sangat nikmat jika disantap bersama dengan nasi hangat.

9. Nasi Goreng
Nasi Goreng

Menu yang satu ini mungkin ada di beberapa negara lainnya. Bila nasi goreng adalah menu yang umumnya ada di restoran, maka di Indonesia nasi goreng ini juga menjadi salah satu menu penyelamat bagi anak-anak kos-an. Tentunya bagi yang pernah merasakan menjadi anak kos-an pasti teringat masa dimana ada abang-abang penjual nasi goreng menjajakan nasi gorengnya dengan mendorong gerobak. Tidak lupa membawa kentongan, ada yang memukul-mukul wajan, dan ada pula yang berteriak-teriak “nasi goreng….” Selain itu, bumbu nasi goreng yang ada di Indonesia mempunyai cita rasa yang khas, berbeda dengan negara lainnya. 

10. Gado-gado
Gado-Gado

Gado-gado berisi campuran potongan sayuran seperti, wortel, selada, kentang, jagung, bayam, mentimun, tomat dan taoge ini disebut Javanese Salad (Salad Jawa) oleh orang luar negeri. Hal ini mungkin karena isinya yang terdiri dari berbagai macam jenis sayuran. Tetapi bukan hanya sayuran, gado-gado juga bisa dicampur dengan potongan lontong, tahu dan tempe. Bila salad versi barat disertai dengan bumbu mayonaise, maka gado-gado khas Jakarta ini disiram dengan bumbu kacang serta disajikan dengan kerupuk. 

Demikian ulasan mengenai sepuluh makanan yang cuma ada di Indonesia ini. Meskipun kini telah banyak negara lainnya yang mencoba membuatnya, tentunya tidak akan sama dengan yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu kita harus menjaga dan melestarikan kekayaan Indonesia termasuk dibidang kulinernya. Dan juga sebagai daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke indonesia tentunya. Semoga bermanfaat.



0 Komentar untuk "Sepuluh Makanan Khas Ini Hanya Ada di Indonesia"

Back To Top