Fakta Ilmiah, Air Kencing Unta adalah Obat


Unta merupakan hewan gurun pasir yang istimewa. Selain mampu bertahan hidup dalam cuaca ekstrim, ternyata air susu dan air kencing unta dapat dijadikan obat untuk beberapa penyakit. Belakangan ini beberapa peneliti dari Arab tengah gencar melakukan penelitian mengenai kandungan yang terdapat di dalam air susu dan air kencing unta.

Fakta Ilmiah, Air Kencing Unta adalah Obat

Salah satunya adalah Dr. Faten Abdel-Rahman Khorshid, seorang ilmuwan yang juga staf dari King Abdul Aziz University (KAAU) dan merupakan Presiden Tissues Culture Unit di Pusat Penelitian Medis King Fahd. Beliau melakukan penelitian lebih dari tujuh tahun dan menemukan bahwa partikel nano yang terdapat di dalam air kencing unta dapat melawan sel kanker dengan sangat baik. 

Penelitian ini diawali dengan melakukan eksperimen menggunakan air kencing unta, seekor tikus yang disuntikkan sel kanker leukimia, dan seorang pasien yang memiliki sel kanker di organ paru-parunya, serta air kencing unta. Dr. Khorshid menyebutkan bahwa penelitiannya ini dilakukan karena terinspirasi saran pengobatan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW yang menyebutkan bahwa air susu dan air kencing unta dapat menyembuhkan penyakit. “Pengobatan ini bukan sebuah penemuan baru, melaikan diambil dari warisan peninggalan Nabi kita, Muhammad SAW” kata Dr. Khorshid.

Diceritakan oleh Anas bin Malik bahwa, “beberapa orang dari ‘Ukl atau ‘Urainah datang ke madinah, namun mereka tidak bisa bertahan dengan iklim di Madinah hingga mereka jatuh sakit. Beliau (Rasulullah SAW) lalu memerintahkan mereka untuk mendatangi unta dan meminum air susu dan air kencing unta itu. Maka mereka pun berangkat menuju kandang unta, ketika mereka telah sembuh, mereka kemudian membunuh pengembala unta Nabi Muhammad SAW dan membawa unta-untanya. Hingga kemudian berita itu sampai kepada Nabi Muhammad SAW menjelang siang. Maka beliau mengutus rombongan untuk mengikuti jejak mereka, ketika matahari tinggi, utusan beliau datang bersama mereka. Beliau memerintahkan agar mereka diberi hukuman, maka tangan dan kakinya di potong, mata mereka di congkel, lalu mereka dibuang pada pasir yang panas. Mereka meminta minum namun tidak diberi”. (HR. Bukhari, Muslim)

Dari Ibnu Abbas dijelaskan, bahwa Rasulullah SAW bersabda :
“Sesungguhnya di dalam air susu dan air kencing unta bisa mengobati sakit perut mereka (rusak pencernaannya)”. (HR. Ahmad, Thabrani dan Thohawi)

Selanjutnya Dr. Khorshid mengatakan bahwa ia bukanlah seorang dokter, tetapi seorang ilmuwan yang tugasnya meliputi persiapan dan percobaan terhadap obat-obatan di laboratorium serta mengawasi pembuatan, percobaan dan pemberian obat kepada pasien. Beliau mengatakan bahwa “ Kami telah mengkaji dan meneliti (air kencing unta) selama tujuh tahun. Selama itu kami telah menguji-cobakan efektivitas air kencing unta untuk melawan sel kanker sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh International Cancer Institute”. Menurut hasil penelitiannya yang telah diterbitkan, uji klinis yang dilakukan timnya terhadap pasien kanker menunjukkan bahwa obat yang diberikan tidak memberikan efek samping yang berbahaya. Pada kasus seorang relawan yang mengidap kanker paru-paru, obat yang diberikan mampu memperkecil ukuran tumor hingga mencapai setengahnya hanya dalam jangka waktu satu bulan. 

Dari hasil penelitian yang dilakukan Dr. Khorshid ditemukan bahwa air susu dan air kencing unta dapat menyembuhkan beberapa penyakit kanker, seperti kanker paru-paru, kanker darah, kanker perut, kanker payudara, kanker usus besar dan tumor otak. Selain itu dapat juga menyembuhkan penyakir vitiligo yaitu kekurangan zat warna pada sejumlah tempat di kulit, eksim dan psosiaris yaitu penyakit autoimune yang mempengaruhi kulit dan persendian. Penilitan ini juga mendapatkan medali emas atas inovasinya yang diberikan oleh Kerajaan pada tahun 2008, dan hasil kajian Dr. Khorshid telah mendapatkan persetujuan formal dari Komite Etika Penelitian Ilmiah di KAAU.

Selain Dr. Khorshid, penelitian mengenai air susu dan air kencing unta juga dilakukan oleh Dr. Abdulrahman Al-Qassas, seorang peneliti dari Universitas Ummul Qura, Mekkah. Dari penelitian yang dilakukannya didapatkan bahwa air susu dan air kencing unta dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti hepatitis, diabetes dan penyakit kulit. “Hasil penelitian mutakhir telah membuktikan bahwa air susu dan air kencing unta dapat menyembuhkan sejumlah penyakit”, ucapnya. 

Al-Qassas juga menyebutkan bahwa pengobatan tergantung dari kondisi pasien, “Ada pasien yang hanya memerlukan air kencing unta, dan ada pasien yang cukup dengan susu unta saja. Sebagian pasien lagi perlu mendapatkan pengobatan dengan mencampurkan keduanya”.

0 Komentar untuk "Fakta Ilmiah, Air Kencing Unta adalah Obat"

Back To Top